Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Sports
  • Timnas U-22 Pantas Dipuji tapi Jangan Berlebihan, Apalagi Dijatuhkan

akubukankipliAvatar border
TS
akubukankipli
Timnas U-22 Pantas Dipuji tapi Jangan Berlebihan, Apalagi Dijatuhkan

Credit: Kompas

Menjadi juara, dalam hal apapun, tentu harus melewati perjuangan yang tidak mudah. Persiapan yang matang, mental yang kuat, dan tentunya persaingan untuk memperebutkan gelar juara itu sendiri. Itu juga yang dilakukan oleh seluruh skuat Tim Nasional Indonesia U-22.

Beberapa pekan sebelum turnamen Piala AFF U-22 berlangsung, Indra Sjafri selaku pelatih memanggil para pemain untuk mengikuti pemusatan latihan. Setelah itu terpilih 23 nama untuk berangkat ke Kamboja. Mereka bertanding, berjuang, dan akhirnya bisa menjadi juara.

Sebuah gelar yang tentunya patut diapresiasi, mengingat kondisi federasi yang masih carut marut dengan segala masalahnya. Pujian untuk Garuda Muda banyak diberikan, tapi tetap ada beberapa orang yang berharap prestasi tersebu tak terlalu dibesar-besarkan.

Apresiasi paling nyata dilakukan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora). Bonus dengan total Rp 2,1 miliar telah diberikan secara simbolis ketika skuat Timnas Indonesia U-22 mendarat di Jakarta. Seluruh bagian dari Tim Garuda Muda dipastikan dapat bonus tersebut, mulai dari pelatih kepala hingga tim official.


Credit: Tribunnews

Bukan cuma bonus, Kemenpora juga memastikan seluruh skuat Timnas Indonesia U-22 bertemu Presiden RI, Joko Widodo di Istana Negara. Sebelumnya mereka diarak menggunakan bus terbuka dari kawasan Gelora Bung Karno hingga Istana Negara.

Meski hampir semua orang mengapresiasi prestasi Tim Garuda Muda, tetap ada yang berharap jika kemenangan di Piala AFF U-22 ini tidak terlalu dibesar-besarkan. Alasannya beragam, tapi kebanyakan mereka meminta tim ini tak terlalu cepat berpuas diri.

Alasan yang cukup masuk akal, karena dalam hitungan pekan Marinus Wanewar dkk. akan berlaga di level yang sedikit lebih tinggi, yakni Kualifikasi Piala Asia U-23. Meski lawan yang akan dihadapi masih sama-sama negara di kawasan Asia Tenggara (Vietnam, Thailand, dan Brunei).


Credit: Istimewa

Kemudian soal sorotan media. Biasanya pemberitaan kemenangan ini akan bertahan selama beberapa hari. Belum lagi curi-curi kesempatan untuk mendatangkan beberapa pemain untuk menjadi bintang tamu.

Menurut saya, wajar jika Timnas Indonesia U-22 mendapatkan pujian, tapi tetap dengan porsi yang sewajarnya. Jangan buat mereka jemawa. Karena sudah ada tugas yang lebih berat menanti untuk mereka.
3
5.7K
71
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
23.2KThread11.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.