Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Surat Pembaca
  • [JD.ID] KETERLAMBATAN PENGIRIMAN, JAWABAN CS BERBEDA, PROSES PENGIRIMAN TIDAK JELAS

brainlessnerdAvatar border
TS
brainlessnerd
[JD.ID] KETERLAMBATAN PENGIRIMAN, JAWABAN CS BERBEDA, PROSES PENGIRIMAN TIDAK JELAS
HALO KASKUSER!

Ane BrainlessNERD.

Lama gak nulis di Kaskus, sekalinya muncul malah nulis ginian hadeh.

Dengan adanya thread ini di SF Surat Pembaca, ane memberikan keluhan ane atas pelayanan di JD.ID dan jasa pengirimannya, J-Express.

***

Senin, 4 Februari 2019.Saya melakukan pemesanan 1 unit laptop ASUS  X505ZA-BR701T. Pembayaran dilakukan di ATM hari itu juga.

Selasa, 5 Februari 2019.Pesanan saya batalkan atas keputusan pribadi karena beberapa pertimbangan.

Rabu, 6 Februari 2019 hingga Sabtu, 9 Februari 2019.Saya terus menghubungi Customer Service JD.ID untuk menanyakan status pesanan. Saya bingung karena tertera 'Membatalkan' pada website dan tertera 'LOCKED' pada aplikasi setelah saya melakukan pembatalan.

Spoiler for bukti:


CS (semua yang merespon sejak tanggal 6 hingga 9 Februari) mengatakan kalau pesanan saya tidak dapat dibatalkan karena pesanan sedang dalam proses pengiriman. Pernyataan ini juga sebenarnya sudah tertera di website JD.ID. Saat itu memang pesanan saya sudah sampai di kota tujuan. Karena masih ragu apakah pesanan benar-benar tidak dapat dibatalkan, saya pastikan dengan mengirimkan screenshot pada halaman website JD.ID dan direspon oleh CS.

Spoiler for bukti:


Sejak saya bertanya tentang estimasi waktu, tiap CS memiliki jawaban yang berbeda-beda. Di sini saya cantumkan estimasi waktu terlama yang dikatakan CS, yaitu 7 hari. 4 hari diproses oleh JD.ID dan 3 hari oleh ekspedisi.

Spoiler for bukti:


Saya hanya bisa mengikuti perkataan CS saat itu, walaupun jelas-jelas pada website JD.ID tidak ada dicantumkan tentang tambahan 3 hari untuk bagian ekspedisi (silahkan koreksi saya).

Minggu, 10 Februari 2019.Saya ingin memastikan kembali tentang pesanan yang sudah dijanjikan akan datang hari Senin, 11 Februari 2019. Saat itu saya menghubungi CS via telpon, bukan LiveChat.

Ternyata, pesanan saya dibatalkan. Padahal CS sudah mengatakan kalau pesanan tidak dapat dibatalkan.

Senin, 11 Februari 2019. Saya ke ATM dan mengetahui kalau sejumlah uang yang telah saya gunakan untuk melakukan pembayaran pesanan telah kembali sepenuhnya.

Quote:

Saat itu, saya percaya kalau JD.ID masih menjadi pilihan terbaik saya untuk membeli laptop...

***

Selasa, 12 Februari 2019.Saya melakukan pemesanan 1 unit laptop HP 14-cm0077AU dan 1 unit HP Deskjet 1115 Color Printer. Pembayaran dilakukan di ATM hari itu juga.

Rabu, 13 Februari 2019.Saya melakukan pengecekan di aplikasi JD.ID dan website J-Express. Tertulis di website J-Express kalau pesanan saya sudah sampai di kota tujuan.


Quote:


Iya, kan?

Sayangnya tidak.

Minggu, 17 Februari 2019.Pesanan saya belum datang juga. Padahal sudah melewati estimasi 4 hari untuk ke Jawa Barat. Lagipula, pesanan memang sudah sampai di kota saya. Masalahnya, pesanan belum diantarkan ke alamat yang sudah dicantumkan. Status pesanan juga sama sekali tidak berubah. Saya putuskan untuk menghubungi CS via LiveChat.

Spoiler for bukti:


Kemudian direspon.

Spoiler for bukti:


Kemudian chat saya didiamkan.

Spoiler for bukti:


Apa-apaan?

Chat "Halo halo," saya kirim keesokan harinya untuk menanyakan kembali tentang pesanan.

Senin, 18 Februari 2019.Saya berusaha memastikan kapan pesanan saya dapat diantarkan. Saya berdiskusi dengan CS sampai akhirnya CS mengatakan kalau pesanan akan diantarkan hari Selasa, 19 Februari 2019.

Spoiler for bukti:

Saya hanya bisa mengiyakan.


Selasa, 19 Februari 2019.Saya menghubungi CS via LiveChat dan via telpon. Saat bertanya via LiveChat, CS kembali mengatakan kalau pesanan masih dalam proses pengiriman. Padahal status pemesanan di aplikasi JD.ID dan website J-Express sama sekali tidak berubah.

Spoiler for bukti:

Kalau kata CS via telpon, saya mendapatkan jawaban baru yang tidak pernah saya dengar dari CS-CS sebelumnya. 

Quote:

Di JD.ID, bukannya mendapatkan pelayanan yang baik dan proses yang memuaskan, saya malah mendapatkan jawaban yang berbeda-beda dari setiap CS, estimasi pengiriman yang terus diulur, dan penjelasan tentang proses pengiriman yang tidak jelas.

***

Dengan surat pembaca ini, diharapkan pihak JD.ID dan J-Express dapat mendengarkan keluhan saya dan mempercepat proses pengiriman. Terima kasih.
0
3.2K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.