Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Sista, Jangan Makan Sambil Main Handphone Kalau Mau Turunkan Berat Badan

romeorabunAvatar border
TS
romeorabun
Sista, Jangan Makan Sambil Main Handphone Kalau Mau Turunkan Berat Badan
emoticon-Ultahemoticon-Ultahemoticon-Ultah


Gimana ngeliat judul Thread ini? Langsung tersentil? Harusnya sih gitu. Buat kamu para sista atau siapa saja sih sebenarnya yang sedang dalam proses menurunkan berat badan, sebaiknya memang tidak sibuk dengan ponsel selama proses makan dan mengunyah. Lho apa sih hubungannya?

Sista, Jangan Makan Sambil Main Handphone Kalau Mau Turunkan Berat Badan


Studi soal makan dan main ponsel ini diterbitkan dalam jurnal Physiology and Behavior. Studi tersebut membuktikan bahwa orang-orang yang makan sambil main ponsel dan fokus pada layar ponselnya memiliki kecenderungan untuk mengkonsumsi lebih  banyak kalori, daripada mereka yang hanya makan dan fokus untuk menghabiskan makanannya saja.

Bagaimana mereka mendapatkan kesimpulan ini?

Jadi sebuah percobaan dilakukan kepada 62 orang sukarelawan. Rentang usia mereka 18 hingga 28 tahun dan jadi partisipas untuk penelitian buat studi ini. 62 orang itu disuguhkan beragam makanan di atas meja. Ada buah-buahan, ada juga makanan yang nggak masuk golongan "makanan sehat" misalnya makanan mengandung gula berlebihan dan juga soda.

Setelah diteliti, mereka yang makan sambil asyik main handphone rata-rata mengkonsumsi 535 kalori lebih banyak kalau dibandingkan dengan mereka yang hanya fokus pada makanannya saja. Selain itu, makanan yang dikonsumsi oleh para pengguna handphone memiliki  kandungan lemak 10% lebih banyak.

Sista, Jangan Makan Sambil Main Handphone Kalau Mau Turunkan Berat Badan


Marcio Gilberto Zangeronimo, peneliti dari Federal University of Lavras, menjelaskan bahwa smartphone dan tablet adalah faktor pengganggu utama buat mereka yang sedang makan. Tidak hanya terjadi pada orang dewasa, lebih-lebih juga anak-anak. Zangeronimo menekankan betapa pentingnya memperhatikan pilihan makanan ketika sedang makan. Karena kalau makan sambil main ponsel, otak akan terganggu dalam proses memahami makanan apa yang sedang dicerna.

Penelitian ini memang mengambil sampel orang-orang Amerika yang tidak bisa makan tanpa melihat ponsel. Karena pada studi lain yang dilakukan Januari 2018, hanya sepertiga masyarakat Amerika yang bisa dan mau makan tanpa ditemani oleh ponsel mereka.

Jadi, buat kamu yang sedang dalam program diet, sebaiknya fokus ke makan dulu ya GanSis! Jangan-jangan sebenarnya selama ini kamu mengalami hal ini juga makanya program dietnya jadi kurang berhasil?

Hehe.

Spoiler for Dilansir dari:


aldysadi
nona212
nona212 dan aldysadi memberi reputasi
6
5.8K
41
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.