Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

hurriyahalfikryAvatar border
TS
hurriyahalfikry
Penipuan Jual Paypal di Fb
AWAS PENIPUAN di Facebook...!!!


Hari ini ( 12 November 2018) adalah hari ter * dalam hidup saya melakukan transaksi Online, bagaimana tidak? Saya kena tipu 2 akun berbeda dengan modus yang sama, singkat cerita saya adalah seorang yang membutuhkan paypal untuk transaksi luar negri, seperti biasa saya mencari ke teman teman sekitar untuk dibantu penambahkan dana paypal di akun saya, hanya karena sedang tidak ada sehingga saya mencari ke orang yang lainnya, kebetulan ada 2 akun FB berikut.

1. https://www.facebook.com/andi.mangara.1
2. https://www.facebook.com/gobedddd


yang menuliskan bahwa mereka mempunyai paypal yang ingin dicairkan ke rupiah, saya tidak berpikir mereka penipu karena selama ini (sebagai informasi saya sudah hampir 3 tahun melakukan hal ini ) transaksi selalu aman dan berhasil, sehingga tidak terpikir, untuk mengecek akun terlebih dahulu, mengecek history akun termasuk atau melakukan pengecekan standar untuk melakukan transaksi online ( cek history, profile, foto, minta no hp, klo perlu minta ktp).
Kemudian berlanjut ke obrolan transaksi dan sudah sepakat di angka tertentu, setelah saya transfer, akun fb saya langsung di blokir, sedangkan untuk yang satu lagi, di unfriend.

Berikut Untuk No. Rekening Penipu :

1. BRI - Andi Mangara - 079201012596531
2. Cimb Niaga - Rubi Arya Putra - 1410100170165


Setelah mulai sadar ada indikasi penipuan saya mulai mencari informasi untuk kedua akun tersebut.
Untuk akun Pertama :

1. Andi Mangara
2. Alamat FB : https://www.facebook.com/andi.mangara.1
3. Nama FB : Iksan Isamail


Untuk akun Kedua :
1. Rubi Arya Putra
2. https://www.facebook.com/gobedddd
3. Nama FB : Veurbgs Stings


Setelahnya saya menelepon Call Center BRI dan CIMB Niaga :
Hasil dari menelepon Bank BRI, saya diharuskan mengirimakan email dengan lampirkan.
1. Laporan Keterangan dari kepolisian.
2. Bukti Transfer
3. KTP Asli


Sedangkan untuk hasil dari telpon ke CimbNiaga, saya disuruh konfirmasi ke pihak bank pengiriman, dengan alasan nanti pihak antar bank yang akan menyelesaikan perihal ini, disini saya agak aneh, karena saya pikir saya mengirimkan dana ke rekening bank CimbNiaga tetapi untuk perihal ini harus konfirmasi ke pihak Bank Mandiri.

Ok, saya coba telp ke pihak Bank Mandiri, jawaban dari pihak Bank Mandiri, saya seharusnya lapor ke pihak Penerima Bank karena pihak yang berhak melakukan pemblokiran data adalah pihak Penerima dalam hal ini Bank CimbNiaga.
Agak bingung juga klo di bolak balik seperti ini.

Saya coba untuk membaca dan mencari informasi kembali perihal penipuan transaksi online, memang hal seperti ini sudah terjadi sejak lama, hanya tidak ada tindakan atau penanganan yang membuat orang untuk berpikir 2 kali dalam hal melakukan penipuan transaksi online, jika di ambil kesimpulan, penipu tinggal mencari korban, setelahnya transaksi terjadi, dan kita menjadi korban.

Korban mau lapor ke polisi ? tinggal lapor, setelahnya kirim data ke bank dan kita belum mengetahui laporan kita di proses lebih lanjut atau tidak, saya jadi terpikir untuk membuat jera para pelaku ini secara mandiri.
Informasi untuk yang lainnya agar tidak terjadi kembali hal seperti ini.

1. Lakukan transaksi di marketplace ( Toko, Buka, Sho) atau jika dalam hal ini, lakukan transaksi hanya dengan orang yang anda kenal atau teman dari teman anda, jangan pernah melakukan transaksi dengan orang yang belum anda kenal.
2. Jika terpaksa ingin melakukan transaksi, cek profile dengan detail, dari mulai, nama, alamat, no hp, alamat jika perlu minta dilampirkan untuk KTP dan sesuaikan data ktp dengan data yang sudah di informasikan.
3. Nomor Rekening di usahakan sama dengan data KTP.
4. Jangan ragu untuk meminta semua data tersebut agar tidak terjadi hal – hal yang tidak di inginkan, jika penjual memang benar ingin melakukan transaksi maka menurut saya tidak ada salahnya memberi hal – hal yang menyakinkan pembeli.
5. Jika ada Rekber, silahkan gunakan RekBer ( Rekening Bersama atau rekening penampung sementara, setelah anda melakukan transaksi, dana akan dikirimkan ke penjual).
6. Untuk yang melakukan transaksi dengan rekening CimbNiaga, saya sarankan untuk berhari hati, karena dari pihak bank sendiri tidak membantu anda jika terjadi hal yang tidak di inginkan, terkecuali anda menggunakan rekening tersebut juga.


Mungkin dicukupkan sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga informasi ini dapat di baca oleh beberapa pihak yang bersangkutan terutama pelaku karena jika sampai laporan saya di acc oleh pihak Bank, maka anda seumur hidup tidak dapat membuat rekening atas nama anda, kemudian untuk orang tua dengan nama anak yang tertera pada rekening tersebut, mohon untuk di ingatkan bahwa menipu itu tidak baik, dan semoga semua judul azab di tv nasional menimpa para pelaku penipuan online.

Dan untuk teman Cyber semuanya, mohon untuk dapat dibantu menemukan orang yang bersangkutan, jika berhasil dana yang telah saya kirimkan dapat dibagi 2 untuk saudara/i, ya walaupun dananya tidak terlalu besar.




#bankcimbniaga
#bankbri
#bankmandiri
#callcenter
#lambeturah
#facebook
#kepolisian
#polisiindinesia
#transaksionline
#cimbniaga
#bri


Diubah oleh hurriyahalfikry 12-11-2018 14:37
0
2.6K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Surat Pembaca
Surat PembacaKASKUS Official
13KThread1.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.