kim.ngaskusAvatar border
TS
kim.ngaskus
TIGA CARA UNTUK MENJADI PENELITI DI INDONESIA
Quote:



Menjadi peneliti?!




Mungkin masih banyak orang yang belum familiar dengan profesi ini. Kesan kaku, serba putih, berambut botak sebelah serta hanya menghabiskan waktu sepanjang hari di dalam laboratorium nampaknya lekat terstigma pada pekerjaan ini. Padahal tidak selamanya seorang peneliti cuma berkutat di lab loh, beberapa peneliti seperti peneliti bidang mamalia malah seringkali mesti menghabiskan berminggu – minggu waktunya di alam liar.


Nyatanya, gambaran konservatif profesi peneliti juga dialami peneliti Indonesia sendiri. Yuli Fitriana peneliti bidang zoologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Semasa kecil, dirinya menganggap pekerjaan seorang peneliti itu membosankan karena identik dengan bekerja di lab berjam – jam. “Ternyata beda,” tuturnya dalam cuplikan film dokumenter The Zoologist: Lembaran Cerita Dalam Ekspedisi; film karya civitas UPT BIT LIPI.


Kini di era keterbukaan informasi, karir sebagai peneliti rupanya semakin diminati. Tidak hanya karena jenjang karir yang jelas namun juga pendapatan yang bisa menjamin masa depan kamu. Plus, kebutuhan peneliti di negeri kita yang jauh dari kata ideal. Data riset & pengembangan Kementerian Riset & Teknologi per Mei 2018, memaparkan baru 1071 peneliti per 1 juta penduduk yang ada di Indonesia. Sangat jauh dari Korea Selatan misalnya; 8 ribu per 1 juta penduduknya.

Cekidot gans!


Spoiler for Gelar Keilmuan:


Spoiler for Ikuti Beragam Lomba Karya Inovasi:

Spoiler for Ikuti Beragam Lomba Karya Inovasi:



Spoiler for Memilih Instansi Penelitian:


Demikianlah trit sederhana ane, semoga bisa menjadi salah satu bahan pencerahan bagi agan yang punya cita - cita menjadi seorang peneliti di masa mendatang. Ane doain semoga beneran terkabul entah jadi peneliti di tanah air atau tanah orang emoticon-Cendol Gan
Hatur nuhun kaskus. Bagi yang punya cita - cita atau bahkan udah kerja jadi peneliti monggo share di sini emoticon-Leh Uga
6
10.9K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Dunia Kerja & Profesi
Dunia Kerja & ProfesiKASKUS Official
37KThread8.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.