Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dewaagniAvatar border
TS
dewaagni
Ratusan Penghayat Kepercayaan di Rembang Ingin Ubah Kolom Agama


Ratusan Penghayat Kepercayaan di Rembang Ingin Ubah Kolom Agama
28 Februari 2019, 08: 01: 26 WIB | Editor : Ali Mustofa
Ratusan Penghayat Kepercayaan di Rembang Ingin Ubah Kolom Agama


PILIH MENUNGGU: Dwi Karno, penghayat kepercayaan memilih menunggu alat e-KTP yang mencetak kolom kepercayaan benar-benar siap.  (SAIFUL ANWAR/RADAR KUDUS)
KOTA – Setidaknya ada 500 penghayat kepercayaan di Kota Garam yang menunggu diimplementasikannya perubahan kolom agama di e-KTP. Sebab, sebagai penghayat, mereka tentu juga ingin diakui kepercayaannya sebagai wujud kesetaraan sebagai warga negara.
Kepala Dindukcapil Rembang Daenuri mengungkapkan, saat ini pihaknya memang memfokuskan untuk mencetak target 22.000 lembar e-KTP yang dicanangkan sebelumnya. Meski, sebenarnya sebelumnya pihaknya juga sudah sempat akan mencetak e-KTP khusus dengan kolom kepercayaan.
”Kebetulan alatnya kemarin sempat rusak. Ini diprioritaskan yang 22.000 dulu,” tuturnya Selasa (26/2) kemarin.
Lebih lanjut Daenuri menambahkan, untuk mengubah isi kolom agama menjadi kepercayaan, prosedurnya memang cukup rumit. Selain mengubah isi KK (kartu keluarga), juga ada prosedur lain yang harus ditempuh seperti pernyataan dari pengurus atau dewan keyakinan dengan dibuktikan dua orang saksi.
 
Ketua Presidium Majelis Luhur Kepercayaan Terhadap Tuhan YME Indonesia (MLKI) Dwi Karno mengungkapkan, ada lebih dari 500 penghayat dari delapan kepercayaan di bawah naungannya. Dan, pihaknya memang sudah mendapatkan konfirmasi dari Dukcapil bahwa saat ini belum bisa mengakomodasi perubahan kolom agama.
” Sudah ketemu dengan Pak Daenuri (Kepala Dukcapil Rembang). Dulu juga sudah KTP, ternyata waktu itu belum siap. Banyak yang tertunda. Akhirnya dari para penghayat juga menunggu sampai siap dicetak,” tuturnya kemarin.
Sebenarnya, pihak Dukcapil siap memfasilitasi dengan surat keterangan (suket). Namun pihaknya memilih menunggu sampai alatnya benar-benar siap saja. Dwi Karno pun tak apa-apa dengan kolom agama yang kini masih terisi dengan “Islam”.
Dwi menambahkan, selama ini dirinya dan ratusan penghayat lain memang “terpaksa” mengisi kolom agama sesuai dengan data yang tersedia, yang diakui Pemerintah. Yakni Islam, Kristen, dan agama-agama lain.   
Untuk diketahui, delapan kepercayaan di bawah naungan MLKI berdasarkan data Kesbangpol Rembang yakni Sapto Darmo, Cempaka Putih, Das Sanga, Liman Seto, Pramono Sejati, Warining Seto, dan Palang Putih Nusantara. Di luar delapan itu, masih ada tiga kepercayaan di Rembang, yakni Kejaten, Pangestu dan Wayah Kaki.
(ks/ful/ali/top/JPR)
https://radarkudus.jawapos.com/read/...ah-kolom-agama
 #penghayat kepercayaan #kolom agama#dindukcapil rembang


Ayo segara ganti status agama di ktp agar tidak menjadi pangsa pasar pengembangan ideologi terorisme agama

4
2K
12
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.