Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jxcAvatar border
TS
jxc
Tasniem Rais Tanya soal Lulusan S3-Ulama 'Munafik', Amien Rais Menjawab
Tasniem Rais Tanya soal Lulusan S3-Ulama 'Munafik', Amien Rais Menjawab




Rina Atriana - detikNews
Tasniem Rais dan Amien Rais saat Amien dipanggil ke Polda Metro Jaya (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Putri Amien Rais, Tasniem Fauzia Rais , bertanya kepada sang ayah kenapa banyak orang munafik yang menjelma menjadi orang-orang berpendidikan dan ustaz atau kiai. Amien Rais lalu menjawab pertanyaan anaknya itu.

"Saya akan bertanya kepada Pak Amien Rais. Di luar sana banyak sekali orang-orang yang S2, S3, banyak juga yang ustaz, ulama, tapi dengan pendidikan mereka, mereka bisa-bisanya seperti tanda kutip munafik. menjual agama," tanya Tasniem dalam kuliah umum Rocky Gerung yang dihadiri Amien Rais di Yogyakarta pada Jumat (22/8/2019) lalu. Rekaman acara itu lalu diunggah oleh ADITV ke YouTube.

"Itu saya nggak habis pikir, tidak bisa lagi dinalar dengan akal sehat. Gimana penjelasan ini?" imbuhnya.

Amien mengawali jawaban atas pertanyaan putrinya dengan mengutip ayat di Alquran. Amien menyebut bahwa orang munafik adalah orang yang tidak pernah beramal dan lupa akan Allah.

"Istilah munafikun tadi memang dari Alquran. Jadi saya harus merujuk kepada Alquran. Alquran mengatakan bahwa sepanjang sejarah selalu ada munafik laki-laki dan perempuan yang jualannya itu adalah 'amal munkar nahi ma'ruf'," tutur Amien.

"Almunafikuna wal munfiqatu badu min baad, ya muruna bil munkar wayan hauna anil ma'ruf, wayabiquna aidiyahum . Mereka tangannya menggenggam, tidak pernah beramal saleh.

Nasullaha fanasyahum mereka lupa Allah, Allah juga lupa sama mereka," imbuhnya.
Menurut Amien, orang munafik sudah pasti zalim. Selain itu, orang munafik tidak pernah menggunakan nalar atau akal sehatnya.

"Kemudian, orang munafik itu ada tiga atau empat. Cirinya, kalau bicara bohong, berjanji ingkar, dikasih amanat khianat, yang keempat hadisnya juga sahih, wa idza qasama qodaro kalau sedang bertanding berlomba menggunakan cara yang keji," ujar Amien.

"Mengapa ada orang pinter , kadang-kadang profesor, kadang-kadang mungkin kiai, mungkin. Kadang-kadang ada orang... dan lain-lain ya. Jadi jawaban saya, nanti kita selesaikan di rumah, lebih jelas ya," imbuhnya yang disambut tawa hadirin.

Amien menegaskan bahwa menjadi orang munafik akan sangat bahaya. Tuhan, menurutnya, pasti akan memasukkan orang-orang munafik ke neraka.

"Bahwa yang penting jangan jadi orang munafik karena bahaya sekali. Allah telah berjanji bahwa pasti akan memasukkan orang munafik perempuan dan laki-laki dan orang kafir ke neraka jahanam. Tolong saudara-saudaraku, di sini tidak ada orang munafik ya. Kalau ada lekas istigfar, kembali ke akal sehat, Ingat hidup sementara. Jangan jual dunia yang fana ini dengan sekeping dolar atau seonggok rupiah," jelasnya.
(rna/imk)

Sumur

Anak...
Diubah oleh jxc 28-02-2019 07:09
0
3.3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.