kiko_kokiAvatar border
TS
kiko_koki
[Share] Serba Serbi NiMH Rechargeable Battery
Gw tertarik membuat thread ini setelah mengalami berbagai kesalahan yang pernah dilalui, trial and error, dan akhirnya mengumpulkan bermacam-macam informasi tentang baterai NiMH. Ini salah satu jenis baterai yang paling sering gw gunakan saat ini (selain Alkaline dan Lithium-Ion), dan mungkin juga hampir sebagian orang, pehobi foto, fotografer amatir dan professional pun pernah punya, atau minimal pernah menggunakan baterai jenis ini untuk Flash Unit atau device lainnya.

Baterai NiMH punya karakteristik yang unik, tapi kadang bisa jadi rumit, butuh sedikit perhatian lebih dibanding jenis baterai lainnya. Mudah-mudahan informasi yang ada disini bisa berguna buat temen-temen.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Introduction to NiMH Rechargeable Battery
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


NiMH adalah kependekan dari Nickel-Metal Hydride. Singkat, jelas, padat.. hehe emoticon-Peace
Disini, gw sepertinya ga akan membahas tentang asal-usul baterai NiMH, pengembangannya bagaimana, atau hal-hal teknis lainnya yang berhubungan dengan fisika dan kimia. No, I’m not a capable person to share that. emoticon-HammerTapi hanya akan ada informasi umum, yang mungkin perlu diketahui oleh temen-temen semua, baik yang masih awam ataupun yang sudah profesional, semuanya boleh share dan berdiskusi disini.

Kita langsung aja ke pengenalan tentang baterai NiMH yang saat ini banyak beredar di pasaran.
So far ada 2 jenis yang sering kita lihat, yaitu regular NiMH Rechargeable Battery dan NiMH Hybrid.


Regular NiMH Rechargeable Battery



Baterai NiMH adalah pengembangan dari pendahulunya, NiCad (Nickel Cadmium). Seperti halnya NiCad, baterai NiMH konon juga rawan terhadap Memory Effect, meskipun kadarnya tidak sebesar NiCad. Di pasaran, kita bisa menemui banyak baterai rechargeable NiMH berkapasitas antara 2000-2900 mAH. Wow… baterai jenis ini bisa di-charge sampai ratusan kali, namun mempunyai tingkat self-discharge yang cukup tinggi pula, kadang memusingkan.


Hybrid NiMH Rechargeable Battery



Dikembangkan sekitar tahun 2005, baterai jenis ini adalah pengembangan dari Baterai NiMH dari generasi sebelumnya, ada beberapa keuntungan dari penggunaan baterai hybrid ini, yaitu dipasarkan ke konsumen dengan kondisi fully charged (seperti baterai alkaline), jadi kita bisa langsung pakai tanpa harus mem”forming” terlebih dahulu, dan baterai jenis ini bisa menyimpan pengisiannya sampai beberapa bulan, alias Low Self Discharge. Beberapa produsen mengklaim produk mereka dapat bertahan sampai 1 tahun, dan tetap menyimpan 85% isi baterai semenjak dibiarkan full charge. Dan karena mereka dapat menyimpan dalam waktu yang cukup lama, maka baterai ini cocok untuk “low-drain device” seperti remote control, senter, dll. Tetapi mereka juga ideal untuk penggunaan di high-drain electronic device seperti kamera digital dan flash unit.



~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
General Battery Information
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~


Apa arti dari mAH?
mAH adalah kependekan dari milliampere-hour. Ini adalah ukuran kapasitas penyimpanan energi baterai tersebut. Kalau kita berpikir baterai adalah sebuah tangki bensin berukuran kecil, maka mAH mengukur seberapa banyak “bensin” yang dapat ditampung di tangki tersebut. Yang artinya, semakin tinggi rating mAH, makin banyak energi yang dapat disimpan oleh baterai.

Sebenernya, untuk kondisi tertentu analogi diatas masih kurang tepat untuk diterapkan, karena tipe baterai yang berbeda menggunakan metode yang berbeda pula untuk mengukur mAH. Misalnya ketika membandingan antara baterai alkaline dengan NiMH. Tetapi biar bagaimanapun juga, rating mAH merupakan cara tercepat untuk mengetahui dan membandingkan kapasitas penyimpanan energi antar satu baterai dengan baterai lainnya di dalam tipe yang sama.


Apa arti 0.1C, 1.0C, dst?
“C” stands for Capacity, yang mewakili kapasitas baterai, dan angka sebelumnya adalah pecahan (biasanya per sepuluh) dari kapasitas maksimum baterai tersebut. Sebagai contoh, untuk baterai berkapasitas 2000 mAH, 0.1C berarti 0.1 kali 2000 mAH, yaitu sama dengan 200 mAH.


Memilih rate charging & discharging dengan tepat
Pada umumnya, pengisian dengan rate yang rendah dapat menghasilkan performance baterai yang lebih baik tetapi membutuhkan waktu yang lebih lama dalam proses charging-nya. Dan sebaliknya, pengisian yang terlalu cepat menyebabkan baterai tidak terisi penuh seluruhnya, juga mengakibatkan panas karena peningkatan suhu (temperatur) dan berpotensi dapat merusak baterai.

Di salah satu manual book Charger dari pabrikan yang juga memproduksi baterai NiMH, direkomendasikan untuk men-charging baterai dengan rate antara 0.3C - 1.0C (dalam kondisi normal dan dipakai rutin).

Rate untuk discharge disarankan tidak melebihi dari nilai 1.0C




Battery Matching
Di sebagian besar alat yang kita pakai (misalnya flash unit), biasanya dua baterai atau lebih digunakan secara bersama-sama. Ketika baterai digunakan dalam satu grup, performance-nya dibatasi oleh yang terburuk. Atau dengan kata lain, satu baterai dengan performance yang buruk dapat mengurangi waktu penggunaan alat secara signifikan, dan akhirnya mengurangi performance secara keseluruhan. Battery Matching itu sendiri biasanya mengacu pada sebuah grup baterai dengan kapasitas yang seragam.

Dengan kata lain, TIDAK DISARANKANmenggunakan baterai dari jenis dan kapasitas yang berbeda dalam satu grup. Biasakan menggunakannya dalam satu kesatuan, baik dalam proses charging, discharge, maupun dalam penggunaan di alat yang dipakai.


Battery “Forming”
Baterai baru (new) atau baterai yang telah disimpan dalam waktu yang lama dapat menyebabkan terhentinya aktifitas energi di dalamnya. Battery forming adalah suatu siklus charging-discharge-charging yang akan memaksa baterai untuk diisi penuh dengan waktu yang sangat lambat, sekitar 0.1C untuk charging dan 0.5 untuk discharging. (bisa mencapai 45 jam untuk mencapai satu siklus tersebut). Proses ini akan mengaktifkan kembali energi yang terkandung di dalam baterai.



* to be continued emoticon-Ngacir

emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love Kaskus
Polling
0 suara
Baterai NiMH merk apa yang Anda gunakan?
tata604
tata604 memberi reputasi
1
105.9K
288
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Photography
PhotographyKASKUS Official
14.2KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.