cats19Avatar border
TS
cats19
Pernah ngelukis pakai benang Gan? Yuk, cari tahu gimana caranya!


Hellaaww Gan dan Sista sekalian, selamat datang di thread ane yang sederhana ini.

Sebenernya sekarang ane tuh lagi pengen banget nih bahas untuk hobby yang satu ini. Berawal dari main instagram dan cek explore, eh ane nemu nih satu akun yang kreatif banget menurut ane. Jadi si akun ini tuh ngebuat feed nya warna – warni dengan lukisan nya. Biasa banget sih kayanya yah Gan, secara kaum milenial yang feed isinya lukisan atau foto – foto ala selebgram juga banyak, haha.

Tapi ini beda loh Gan, lukisan yang ane maksud tuh seni melukis menggunakan benang dan di sulam. Hhhmmmm, awalnya ane penasaran sih ini yah, teknik apa sih ini namanya? Bahan – bahan yang digunakan itu apa aja? Kok bisa yah sekeren itu. Nah, setelah ane telusurin ternyata memang ada Gan teknik untuk melukis melalui sulaman/jahitan dan namanya itu Needlepainting Embroidery. Nah! Pasti Gan dan Sis jarang denger yah mengenai Needlepainting Embroideryitu apa sih. Nih ane bantu jelasin yah GanSis :



instagram @shimunia


Needlepainting Embroidery adalah teknik yang digunakan untuk mengisi area secara realisti untuk "melukis" gambar dengan jarum dan benang. Jahitan yang biasa digunakan dalam menjahit sulaman adalah tusuk panjang dan pendek, meskipun tusuk lain terkadang digunakan untuk mendapatkan tampilan yang realistis pada gambar.Needlepainting dapat mencapai detail artistik yang sangat bagus. Teknik ini kadang-kadang dikombinasikan dengan emas untuk efek yang baik.



instagram @shimunia


Seluruh desain diisi dengan jahitan lurus kecil yang panjang dan pendek atau dengan panjang yang sama yang menghasilkan campuran jahitan di seluruh bagian. Ketika bermacam warna / nuansa benang digunakan, tusukan benang itu saling berbaur menjadi satu sehingga menciptakan gambar seperti tampilan yang hampir realistis.



instagram @shimunia


Jahitan panjang dan pendek adalah jahitan utama yang digunakan dalam lukisan jarum; karena jahitan panjang dan pendek memadukan barisan jahitan isian, dan membuat efek mulus seperti pada lukisan. Warna berbeda dari warna yang sama digunakan untuk efek berbayang.



instagram @shimunia


Nah, udah cukup jelas kan penjelasannya Gan. Jadi intinya NeedlePainting atau lukisan jarum itu seni melukis menggunakan teknik jahit/rajut/sulam yang ditumpuk sehingga membentuk sebuah gambar yang realistis dan berbayang. Buat pengrajin Needlepainting Embroiderysendiri masih sedikit peminatnya Gan, mungkin karena tekniknya susah kali yah. Tapi ada satu pengrajin Needlepainting Embroidery yang cukup terkenal dan karyanya emang keren abiss (btw, beliau ini nih yang akun IG nya ane kepoin) namanya Vera Shimunia atau @shimunia. Berikut ane tampilin nih beberapa karya @shimunia.



instagram @shimunia



instagram @shimunia



instagram @shimunia



instagram @shimunia



instagram @shimunia



instagram @shimunia



instagram @shimunia


Nah gimana Gan? keren banget kan lukisannya. Kalo untuk di Indonesia ane belum nemu nih karya - karya NeedlePainting Embroidery atau bisa disebut Lukisan Sulam, atau sekiranya Gan Sis ada referensi yang asli Indonesia bisa share dimari ya.


emoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toastemoticon-Toast




26
9.6K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.