Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

StainLordAvatar border
TS
StainLord
5 Planet di Luar Tata Surya yang Aneh dan Mengerikan
WELCOME TO MY THREAD GAN


INTRO




5 Planet di Luar Tata Surya yang Aneh dan Mengerikan


Ilustrasi planet dan bulannya. (Foto: Comfreak via pixabay)





Alam semesta menyimpan berjuta misteri dan keanehan. Meski demikian, masih banyak orang yang sangat suka untuk mencari tahu hal-hal yang berhubungan dengan alam semesta. 




Tidak peduli seberapa keras kita mencoba untuk memahami dan menjelaskan alam semesta yang luas, akan selalu ada misteri di luar sana yang belum terurai. Sebagai salah satu contoh adalah planet-planet yang ada di luar tata surya. Berikut daftar planet di luar tata surya yang aneh dan mengerikan.




1. 55 Cancri E – Planet Berlian 




5 Planet di Luar Tata Surya yang Aneh dan Mengerikan


55 Cancri E. (Foto: boredpanda)




55 Cancri E hanya berjarak sekitar 40 tahun cahaya dari Bumi dan berada dalam rasi Cancer. Planet ini dua kali ukuran Bumi tetapi hampir 8 kali lebih besar dan dua kali lebih padat. 




Bintang induk 55 Cancri E memiliki lebih banyak karbon daripada matahari dan massa planet ini dianggap sebagian besar karbon. Tekanan dan suhu permukaan maksimum planet ini rata-rata adalah 4417 °F (2400 °C) dan diyakini ditutupi oleh berlian. 




55 Cancri E dikatakan memiliki jarak yang dekat dengan bintangnya dan membutuhkan 18 jam untuk menyelesaikan satu orbit penuh.




2. Ogle-2005-Blg-390lb – Planet Lahan Beku




5 Planet di Luar Tata Surya yang Aneh dan Mengerikan


Ogle-2005-Blg-390lb. (Foto: boredpanda)




Planet ini terlalu jauh untuk merasakan sedikit panas yang dihasilkan oleh bintang dan terletak dalam rasi Sagitarius. Ini adalah salah satu planet paling dingin yang diketahui di alam semesta dengan suhu permukaan beku -220 °C (-364 °F). 




Seluruh permukaan planet tertutup oleh lapisan es yang tebal yang dipenuhi oleh gletser, dataran luas dan gunung es raksasa. Hal ini tentu tidak memungkinkan adanya kehidupan karena suhu yang sangat dingin bahkan bisa membekukan. 




Namun, planet ini juga bisa memiliki suhu yang hangat hingga pemanasan pasang surut yang disebabkan oleh tarikan gravitasi bulan.




3. Hat-P-7b – Planet yang Dihujani Rubi dan Safir




5 Planet di Luar Tata Surya yang Aneh dan Mengerikan


HAT-P-7b. (Foto: boredpanda)




HAT-P-7b berjarak sekitar 1.000 tahun cahaya dari Bumi dan terletak dalam rasi Cygnus. Di sisi malam hari planet ini terdapat endapan aluminium oksida (korundum) yang tinggi di bagian atmosfernya. 




Permata korundum dikenal juga sebagai batu rubi dan safir sehingga banyak disebutkan sisi malam planet ini sebagai ‘hujan rubi dan safir’. Planet ini dapat mengalami badai yang hebat sehingga ada kemungkinan bahwa rubi dan safir tersebar di seluruh planet.




4. Hd 189733b – Planet yang Mengalami Hujan Kaca 




5 Planet di Luar Tata Surya yang Aneh dan Mengerikan


Hd 189733b. (Foto: boredpanda)




HD 189773b terletak sekitar 62 tahun cahaya dari Bumi dan memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dari Jupiter. Warna biru yang ada dalam atmosfer planet ini terdiri dari atom dan partikel silikat. 




Planet ini memiliki suhu mencapai lebih dari 900 °C (1652 °F). Kecepatan angin di planet ini dapat mencapai 5.400 mil per jam, atau sekitar 2 kilometer per detik (lebih dari tujuh kali lebih cepat daripada kecepatan suara). 




Planet ini mengerikan karena mengalami hujan kaca bersamaan dengan kecepatan angin yang sangat cepat.




5. Wasp-12b – Planet Pemakan Cahaya 




5 Planet di Luar Tata Surya yang Aneh dan Mengerikan


WASP-12b. (Foto: boredpanda)




WASP-12b adalah salah satu planet luar yang paling gelap. Sisi hari dari planet ini akan menyerap cahaya ke inti planet dibandingkan memantulkannya ke angkasa. Planet yang dua kali ukuran Jupiter ini, memiliki kemampuan unik untuk menjebak setidaknya 94 persen cahaya bintang yang jatuh ke atmosfer. 




Temperatur atmosfer dari planet ini pada siang hari berada pada suhu 4.600 ° F (8.312 ° C), sementara malam hari temperatur suhunya sekitar suhu sekitar 2.200 ° F (3.992 ° C). WASP-12b menyelesaikan orbit sekali sehari.





Quote
Code:
Sekian Terimakasih
Kalo boleh cendolnya gan /:D/


Sumber : kumparan.com
Diubah oleh StainLord 20-02-2019 08:25
4iinch
4iinch memberi reputasi
3
3.2K
9
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Lounge Pictures
Lounge PicturesKASKUS Official
69KThread11.2KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.