cintadineAvatar border
TS
cintadine
Melihat Kembali 10 Serial Kamen Rider Yang Pernah Tayang di TV Indonesia
Masih ingatkah agan dengan kejayaan tokusatsu di Indonesia? Ya, dulu selain anime, serial tokusatsu Jepang juga banyak ditayangkan di tv Indonesia. Namun perlahan memasuki era 2000an penayangan tokusatsu mulai menghilang karena semakin rendahnya peminat. Kalah saing sama anime yang bahkan saat ini anime sudah jarang nongol di TV.

Salah satu jenis tokusatsu yang sempat populer di tv Indonesia adalah Kamen Rider. Diketahui, jenis tokusatsu yang paling sering banyak tayang di Indonesia adalah Super Sentai dan Power Rangers, tapi Kamen Rider pun enggak kalah populer. Untuk mengingatkan kembali inilah beberapa serial Kamen Rider yang pernah tayang di tv Indonesia.

1. Kamen Rider Black (RCTI)

Tidak perlu dijelaskan secara merinci, kaskuser semuanya sudah pasti mengenal Kamen Rider yang satu ini. Kamen Rider Black tayang di RCTI sekitar tahun 1993 dan menjadi Kamen Rider pertama yang tayang di tv Indonesia. Kamen Rider Black atau dengan lokalisasi nama menjadi Ksatria Baja Hitam ini mencetak rating yang sangat tinggi saat ditayangkan di sore hari.

2. Kamen Rider Black RX (RCTI)

Kamen Rider Black di Jepang juga menuai kesuksesan besar dan diteruskan ke seri selanjutnya yaitu Kamen Rider Black RX pada 1988 dan menjadi seri Kamen Rider terakhir di era Showa. Di Indonesia Black RX kembali ditayangkan oleh RCTI pada sekitar 1994. Melanjutkan lanjutan petualangan Kotaro Minami dengan penjahat baru dan perubahan ke versi Kamen Rider yang sudah diupgrade.

3. Kamen Rider Super 1 (RCTI)

Karena kesuksesan seri Kamen Rider yang fenomenal di Indonesia, RCTI ingin menayangkan seri lainnya, tapi Kamen Rider Black RX adalah seri terakhir di era Showa yang diproduksi. Maka RCTI lebih memilih menayangkan seri yang lebih jadul yaitu Kamen Rider Super 1 yang sebenarnya lebih tua dari Black. Sayangnya, penayangannya tidak terlalu sukses dan ratingnya pun tidak sebagus Black dan Black RX. Di Jepangnya sendiri memang Super 1 kurang mendapatkan respon yang positif di era 1980an.

4. Kamen Rider Kuuga (RCTI)

Inilah seri KR pertama di era Heisei, tayang perdana di Jepang pada 2000, Kuuga dianggap menjadi seri Kamen Rider terbaik sepanjang masa dengan kualitas yang dinilai bagus dari segala aspek. Kuuga tayang di RCTI sekitar tahun 2001 dengan lagu opening dialih bahasa menjadi bahasa Indonesia. Joe Odagiri sebagai pemeran Yusuke Godai sering disebut pemeran KR terbaik dan disejajarkan dengan Hiroshi Fujioka (KR Ichigo) dan Tetsuo Kurata (KR Black). Penayangan Kuuga di Indonesia juga cukup sukses walaupun tidak sebooming Ksatria Baja Hitam.

5. Kamen Rider Ryuki (RCTI)

Seri KR yang satu ini memang agak sedikit kontroversial. Alih-alih membasmi monster, justru di seri ini para rider harus saling membunuh satu sama lain. Ceritanya juga sedikit rumit sehingga kurang cocok untuk anak-anak. Ryuki tayang di RCTI pada 2004 setiap pagi hari.

6. Kamen Rider 555 (Indosiar)

Kamen Rider 555 atau yang biasa disebut Faiz adalah seri KR yang ke-4 di era Heisei dengan visual efek yang lebih canggih. Faiz tayang di Indosiar sekitar tahun 2005 pada minggu pagi, bergantian dengan acara kartun pagi lainnya. Oh iya, di tahun yang sama Indosiar juga menayangkan ulang Kamen Rider Black.

7. Kamen Rider Blade (ANTV)


Seri Kamen Rider ini menampilkan empat rider sekaligus, namun tetap Blade yang menjadi tokoh sentral. Di seri ini desain karakter rider masih terlihat normal dan belum aneh seperti rider era neo heisei. Kamen Rider Blade pernah ditayangkan di ANTV pada tahun 2007, jauh sebelum tv tersebut berubah menjadi tv pesbukers seperti sekarang. Sayang, ratingnya pun rendah.

8. Kamen Rider Agito (Indosiar)

Kamen Rider Agito juga pernah tayang di Indosiar sebelum penayangan Faiz. Meskipun tak sebagus Kuuga, tapi Agito punya kesan tersendiri di mata penggemar pada waktu itu.

9. Kamen Rider Den-O (Trans 7)

Kamen Rider yang diperankan oleh Takeru Sato ini memiliki nuansa komedi yang kental. Den-O pernah tayang di Trans 7 sekitar tahun 2010. Keputusan yang patut diapresiasi untuk Trans 7 karena mau menayangkan tokusatsu walaupun mendapatkan rating yang kurang sesuai harapan.

10. Kamen Rider OOO (Indosiar)

Kamen Rider OOO adalah seri KR kedua di era 'Neo Heisei' atau Heisei Phase 2 setelah Kamen Rider W. Di mana di era ini desain karakter para rider mulai aneh-aneh. OOO menjadi seri KR terakhir yang tayang di Indonesia sejauh ini yang pada 2014 yang lalu di Indosiar, sebelum tv ini berubah menjadi tv dangdut dan tv ftv religi.


Segitu dulu gan, kalau agan tahu seri KR lain yang pernah tayang di tv nasional Indonesia, kasih tau ya emoticon-Ngakak

Sumber Referensi:
Quote:
Cahayahalimah
tata604
tata604 dan Cahayahalimah memberi reputasi
12
34K
173
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Anime & Manga Haven
Anime & Manga HavenKASKUS Official
6.5KThread8.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.