Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

goahraesaAvatar border
TS
goahraesa
Genjot Normalisasi Sungai

https://www.indopos.co.id/read/2019/...alisasi-sungai
Genjot Normalisasi Sungai

INDOPOS.CO.ID - Banjir dan genangan masih mengancam Jakarta. Pemerintah pun terus menggenjot program penanganan banjir, termasuk tahun ini. Beberapa kendala pembebasan lahan untuk normalisasi Kali Ciliwung sudah disiapkan dalam anggaran APBD DKI 2019 ini.
“Kita sedang cek titik-titik lokasi normalisasi Kali Ciliwung,” ungkap Humas Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC)  Agung kepada INDOPOS, Kamis (21/2/2019).
Sebelumnya, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Teguh Hendrawan mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah mengalokasikan anggaran dari APBD 2019 untuk program normalisasi sebesar Rp 500 miliar. Anggaran tersebut, menurutnya, untuk melanjutkan program normalisasi kali di Jakarta yang tertunda di 2018. “Kita tahun ini juga akan normalisasi Kali Pesanggarahan, Kali Sunter dan Kali Cipinang,” ujarnya.
Lebih jauh Teguh menyebutkan, beberapa kendala program normalisasi pada 2018 karena data kepemilikan warga. Selain itu, karena faktor gugatan dari ahli waris atau kuasa hukum. “Kendalanya karena kelengkapan atas hak kepemilikan,” ungkapnya.
Ia menuturkan, program normalisasi nanti dilakukan oleh BBWSCC. Pembangunan normalisasi dengan menerapkan sheet pile atau penurapan bantaran kali. “Kami juga membangun taman di sekitar bantaran untuk menjaga keasrian bantaran kali. Selain itu, kita bangun ruang terbuka hijau (RTH) pada trase kering,” terangnya.
Teguh menegaskan, target 2019 adalah melanjutkan normalisasi kali pada daerah-daerah yang terdampak banjir dari luapan Kali Ciliwung. Untuk itu, pihaknya terus melakukan proses pembebasan lahan terdampak normalisasi kali.“Kita harus segera selesaikan pembebasan. Target kami 2019 semua program normalisasi kali bisa rampung. Karena, program ini untuk mengatasi banjir di DKI,” katanya.
Ia menyebutkan, target 2019,  di antaranya menyasar wilayah terdampak banjir di Cipinang Melayu, Jakarta Timur, kawasan Kalibata, Gang Arus, dan Kompleks IKPN Jakarta Selatan. (nas)


2
1.6K
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.8KThread41.5KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.