Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

khumediaAvatar border
TS
khumedia
8 Cara Mengubah Ponsel Android Menjadi Dumb phone
Selama beberapa minggu menjelang akhir 2016, saya membeli telepon flip. Saya ingin memutuskan sambungan dan memiliki pilihan untuk meninggalkan internet tanpa dapat diakses oleh keluarga dan teman. Dan saya ingin mengingat bagaimana rasanya tidak tahu sesuatu; itu berarti tidak ada Google atau Wikipedia.
8 Cara Mengubah Ponsel Android Menjadi Dumb phone
Apakah saya mendapatkan apa yang saya inginkan? Tidak terlalu. Dumbphone yang saya gunakan tidak terlalu bagus. Jadi saya sudah kembali menggunakan smartphone. Tetapi sementara saya menambahkan kembali beberapa fitur yang paling menantang untuk dilakukan tanpanya, saya telah menonaktifkan atau menghapus sebagian besar apa yang orang kaitkan dengan smartphone.

Inilah cara Anda dapat mengubah ponsel Android Anda menjadi (kebanyakan) dumbphone.

1. Nonaktifkan Browser
Ponsel cerdas sebenarnya bukan ponsel cerdas tanpa peramban web. Aplikasi ini disematkan ke dock Anda, dan merupakan salah satu waktu tersebur di perangkat Anda. Klik satu situs dan, sebelum Anda mengetahuinya, Anda telah menekan leher Anda menatap layar selama empat puluh menit.

Apakah Anda benar-benar perlu membaca artikel di ponsel Anda? Simpan itu untuk dilakukan di laptop Anda pada waktu yang ditentukan. Jika Anda lebih suka pengalaman membaca saat bepergian, Anda dapat mengaktifkan browser pada saat-saat itu, lalu nonaktifkan lagi ketika Anda selesai.

Langkah ekstra ini memaksa Anda untuk berhenti dan berpikir setiap kali Anda akan jatuh ke lubang kelinci.

2. Tidak Ada Email
Email memiliki cara untuk mengubah lintasan hari kita. Respons dari kolega atau permintaan sederhana dapat membuat Anda di depan komputer Anda bekerja selama dua jam. Ini sepertinya mendesak, tetapi seringkali, mereka bisa menunggu. Kecanduan email kami membuat kami berpikir bahwa mereka tidak bisa.

Saya sudah menghapus aplikasi email dari ponsel saya. Jika saya benar-benar harus mengakses email dalam keadaan darurat, saya dapat mengaktifkan kembali browser dan mengunjungi situs seluler. Upaya itu cukup untuk mencegah saya sering memeriksa email di ponsel saya.

Tidak semua orang memiliki opsi ini. Jika rekan kerja Anda terbiasa dengan ketersediaan konstan Anda, mungkin sudah terlambat untuk menyesuaikan harapan tanpa mengubah pekerjaan. Anda bahkan memiliki fleksibilitas yang lebih rendah di lingkungan di mana semua karyawan diharapkan bersiaga. Tetapi jika Anda seorang siswa atau bekerja untuk diri sendiri, lebih banyak kendali ada di tangan Anda.

3. Hanya Simpan Aplikasi Penting
Tugas apa yang Anda ingin telepon Anda lakukan? Bagi saya, ini adalah daftar pendek: melakukan panggilan, mengirim teks, mengambil foto, dan menavigasi. Semua kecuali satu dari fungsi ini telah lama menjadi standar pada ponsel flip.

Jika Anda membutuhkan kompas atau penghitung waktu, aplikasi ini melengkapi apa yang Anda lakukan di dunia, daripada menarik Anda pergi. Alat utilitarian seperti itu, seperti kalkulator, tidak mengarah pada kecanduan telepon. Ini adalah permainan, jejaring sosial, aplikasi berita, dan layanan streaming video yang harus Anda waspadai.

Sebagai aturan umum, ikuti saran Cal Newport dalam Digital Minimalism dan hapus instalan aplikasi yang menghasilkan uang setiap kali Anda mengetuknya.

4. Matikan Semua Pemberitahuan
Apakah Anda memutuskan bahwa Anda tidak dapat berpisah dengan aplikasi jejaring sosial atau permainan tertentu? Baik. Anda masih dapat mengurangi dengan menonaktifkan notifikasi.

Jangan biarkan pesan langsung pagi di Twitter menyeret Anda ke dalam percakapan dua jam ketika Anda berniat untuk joging. Gim itu tidak perlu memberi tahu Anda bahwa lebih banyak bahan bakar tersedia atau lumbung Anda lengkap. Anda akan mengetahui kapan Anda duduk untuk secara sadar membuka aplikasi itu sendiri.

Ini penting. Pemberitahuan adalah bagian besar dari apa yang membuat kita merasa di luar kendali. Setiap lonceng masuk adalah cara telepon memberi tahu kami kapan harus mengambilnya. Kami patuh lebih sering daripada yang kami inginkan. Dengan mematikan lansiran itu, kami mendekati perangkat dengan persyaratan kami.
Buat pengecualian untuk panggilan dan teks. Ini adalah telepon. Jika Anda ingin memasukkan aplikasi perpesanan lain (seperti WhatsApp dan Facebook Messenger) sebagai teks, itu adalah panggilan Anda. Lingkaran sosial kita semua berkomunikasi dengan cara yang berbeda.

5. Matikan Data dan Wi-Fi
Ponsel kami tidak memerlukan koneksi data untuk mengelola panggilan dan teks. Tetapi mereka membutuhkan akses internet untuk mendapatkan tweet, menunjukkan argumen Facebook kepada kami, mengunduh lampiran pekerjaan, dan menyediakan aliran blog yang tak ada habisnya. Mematikan Wi-Fi dan mematikan data seluler adalah satu-satunya cara termudah untuk menghilangkan gangguan tersebut.

Sebagian besar ponsel Android dilengkapi dengan sakelar notifikasi untuk koneksi ini. Jika Anda tidak ingin menyesuaikannya secara manual, Anda juga dapat menonaktifkan data berdasarkan per-aplikasi. Membuat perubahan ini membantu Anda tetap fokus pada tugas-tugas lain, dan ini dapat memperpanjang usia baterai ponsel Anda
Catatan: Jika, seperti saya, Anda menggunakan aplikasi olahpesan selain SMS dasar, Anda tidak akan dapat sepenuhnya menonaktifkan penggunaan data. Tetapi Anda dapat menonaktifkan data untuk aplikasi lain, atau hanya mengaktifkan data saat Anda benar-benar ingin berbicara.

6. Unduh Musik, Peta, Dll untuk Penggunaan Offline
File lokal tidak memerlukan akses ke web, jadi Anda tidak perlu mengaktifkan kembali Wi-Fi atau LTE setiap kali Anda ingin memutar podcast atau lagu favorit Anda. Ini mengurangi seberapa sering Anda terhubung ke internet, menyelamatkan Anda dari godaan setiap kali.

Anda dapat melakukan hal yang sama dengan navigasi. Google Maps memungkinkan Anda menyimpan bagian dari area untuk penggunaan offline, tetapi itu agak terbatas. Saya sarankan mengunduh alternatif yang memungkinkan Anda menyimpan seluruh negara secara offline, seperti OsmAnd.

7. Instal Peluncur Aplikasi Sederhana
Antarmuka ponsel Anda mendorong Anda untuk menginstal lebih banyak perangkat lunak. Anda mungkin dapat menggesek layar beranda atau membuka laci aplikasi yang dimaksudkan untuk menampilkan 20 aplikasi sekaligus. Dengan tata letak seperti itu, menghapus semua kecuali delapan aplikasi dapat membuat ponsel Anda merasa rusak.

Tata letak alternatif dapat mengatur ulang aplikasi sedemikian rupa sehingga Anda masih merasa seperti Anda menggunakan perangkat berfitur lengkap. Dengan cara ini, sepertinya Anda tidak lagi menahan diri. Persepsi penting. Jika Anda mencari opsi, peluncur yang ditujukan untuk pengguna smartphone yang lebih tua mungkin merupakan tempat yang baik untuk memulai.
8. Singkirkan Google Play
Smartphone datang dengan lebih banyak perangkat lunak built-in daripada ponsel flip. Lihatlah aplikasi default. Kemungkinan Anda sudah memiliki browser, pemutar musik, dan cara untuk membuat catatan. Tangkapan layar di atas menunjukkan apa yang sudah diinstal sebelumnya pada Telepon Esensial, yang hanya menyediakan beberapa aplikasi dibandingkan dengan sebagian besar perangkat Android.

Jika Anda ingin menyederhanakan lingkungan ponsel Anda, jangan menginstal satu aplikasi tambahan dari Play Store. Anda bahkan dapat menghapus Google Play sepenuhnya! Tidak ada cara mudah untuk melakukannya tanpa me-rooting atau memasang ROM khusus, tetapi melakukan upaya akan memperpanjang berapa lama ponsel Android Anda bertahan berkat penghapusan layanan latar belakang Google.
Apakah Anda Kembali ke Dasar?
Tujuan asli membawa telepon di saku kami adalah agar dapat diakses. Kami sejak itu menyesatkan itu berarti selalu terhubung dan selalu aktif. Ini memiliki efek langsung pada kesehatan kita, interaksi sosial kita, dan cara kita menjalani hidup kita.

Telepon adalah alat. Seperti palu atau penggaris, ada tugas-tugas tertentu yang membuat saya senang saya punya satu di sekitar. Tetapi hidup saya tidak berputar di sekitar alat lain, dan itu tidak harus melingkari alat ini juga. Alasan saya ingin membuang ponsel cerdas saya masih berlaku, meskipun saat ini saya tidak melakukannya dengan cara yang saya harapkan.
Polling
Poll ini sudah ditutup. - 2 suara
Pentingkah mengubah Dumb phone untuk anak ?
Ya
100%
Tidak
0%
bebeninfinix313
bebeninfinix313 memberi reputasi
1
937
0
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Android
AndroidKASKUS Official
29.4KThread13.1KAnggota
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.