amnessterzAvatar border
TS
amnessterz
Cara Ane Menanggapi Musim Kampanye



Jujur saja trit ini mungkin hanya sekedar uneg-uneg yang sudah ane rasakan sejak beberapa waktu lalu, tapi sebelum itu, terlebih dahulu ane ucapkan terima kasih pada forum tercinta kita ini, karena telah mewadahi banyak kegiatan yang positif seperti event menulis trit yang sangat bermanfaat. Dan yang makin bikin betah nongkrong dimari daripada di sosmed yang isinya cakar-cakaran mulu.

Terus apa hubungan nya dengan kampanye gan?


Ok, ok, kembali ke pokok bahasan. Kita semua sadar kan, pemilu semakin dekat, nah di kesempatan semacam ini, ane kok merasa semakin banyak orang yang menyalahgunakan internet. Sebut aja kampanye negatif, hate speech, hoax dan yang buruk-buruk lain nya. Heran nya, kok masih banyak saja yang hobi mengkonsumsi tulisan-tulisan buruk seperti ini. Dalam hal ini ane tidak akan mengajak untuk mengkampanyekan salah satu paslon yang mengikuti kontestasi pilpres, karena ane  bukan anggota parpol maupun simpatisan.


Okelah kalo emang berita-berita buruk itu sengaja disebar oleh beberapa pihak yang mungkin berkepentingan, tapi yang ane sangat sedih adalah, teman-teman ane, ada beberapa yang seolah-olah menjadi simpatisan garis keras salah satu paslon. Hobinya hampir tiap hari update status yang mengejek paslon lawan nya. Satu dua kali, ane sempat juga ikut panas, ane tantangin debat mereka tanpa menunjukan kalo ane mendukung satu paslon tertentu. Apa yang terjadi? Ane di cap bayaran salah satu paslon, pendukung fanatik buta, anti rakyat kecil, binatang berlendir dan seburuk-buruk nya apa yang bisa mereka ucapkan.

Spoiler for asli ane ga paham:


Ane sendiri sebagai manusia biasa, yang belum pernah jadi publik figur, jelas dong merasakan marah dan jengkel dengan sebutan-sebutan begitu. Setiap kabar yang mereka siarkan dan kirimkan selalu ane bantah menggunakan data dari sumber yang valid. Tapi bagaimana tanggapan mereka? Tidak ada. Bila satu kabar, berhasil dijatuhkan, maka kabar lain akan segera dinaikan, begitu seterusnya. Muak dan jengkel dalam hati ane merasakan hal-hal seperti ini. It’s ok kalo kita berbeda pilihan, toh yang akan ane pilih besok juga hanya manusia biasa, tidak punya kekuatan dewa yang lebih besar dari lawan nya, jadi tetap saja bakal punya banyak kekurangan. Tapi mbok ya engga begini caranya, jangan terus menyebarkan hasutan ga bermanfaat, kabar bohong, hingga penghinaan kepada fisik pasangan calon.


Spoiler for disaster forecaster:


Hingga suatu hari, beberapa hari lalu kurang lebihnya, setelah lama bergelut dengan begituan diatas, ane akhirnya punya ide yang cukup bikin ketawa sendiri. Awalnya ane masih kadang terpancing masuk ke perdebatan tiada henti ini, karena namanya juga manusia, kadang jengkel dengan berita-berita yang keterlaluan. Sekali dua kali di debat, pasti mereka diam, tapi makin lama, tetap saja muncul lagi muncul lagi. Ane mulai menyadari, apakah dengan membongkar aib paslon lawan kepada pendukung fanastisnya bisa merubah pilihan mereka? Jawabnya ternyata tidak, tidak akan pernah. Jadi gan/sis, ane menyimpulkan bahwa mendebat, menghantam atau menjatuhkan aksi-aksi simpatisan itu tidak ada gunanya, ya sungguh tidak ada gunanya.

Lalu bagaimana jalan keluarnya, selain menahan diri supaya tidak terpancing atau sakit hati dengan berita-berita buruk seperti itu? 


Dari kapan hari itu, ane lihat di update-an status temen udah mulai pasang gambar-gambar dengan komen buruk, wah mulai lagi kampanye negatif kata ane dalam hati (kali ini tidak akan mulai mendebat). Sambil berpikir, gimana cara menghantam mereka seperti biasa, tiba-tiba ane ada ide. Kalo mereka kampanye negatif, kenapa ane ga kampanye positif aja. Ya, sekali lagi, ane tidak akan mengajak mereka untuk mendukung untuk salah satu paslon, karena bagi fanatis sejati, yang seperti itu tidak berguna. Kalo gitu, ane akan mengajak mereka setidaknya untuk melupakan kegiatan ga berguna seperti kampanye negatif seperti itu (mau ane coba belokin). 


Spoiler for FWM bulan Januari 2019:


Akhirnya ane coba juga update status, “cari duit zaman now bahkan bisa tanpa keluar kamar” sambil ane kasih poster event dari kaskus kreator. Apa yang terjadi? Temen ane yang biasa bikin kampanye negatif, ternyata tertarik dengan status tersebut. Dengan senang hati ane jelaskan panjang lebar dan sekalian ane pamerin transferan dari PT Darta Media Indonesia atas hadiah dari menulis trit di salah satu event coc yang pernah ane ikuti sebelumnya. Meskipun cara ini belum berhasil menghentikan mereka, tapi setidaknya teman ane sempat lupa nerusin kampanye negatifnya dan mulai sebentar-sebentar berpikir, apa iya segitu enaknya cuma nulis bisa dapat duit.

Spoiler for ngajak ikut kompetisi boleh kan?:



Ane tidak bermaksud mengejek, tapi yang namanya nyebar tulisan- tulisan negatif  & provokatif itu, apa iya dibayar? Kan engga (kecuali tim kampanye/tukang bikin rusuh profesional). Nah dalam hal ini ane berusaha mencoba mengajak teman ane tersebut untuk menyalurkan kegiatan menulis nya ke tempat yang positif, salah satunya ke kaskus. Ane kasih link event nya, ane kasih tau hadiahnya, dengan harapan kegiatan temen ane di waktu luang yang biasa bikin cerita negatif bisa berubah jadi bikin cerita positif yang bermanfaat. 


Ayo gan-sis, kita lakukan kampanye yang baik, ke arah yang baik, tempat yang baik dan terutama yang ada manfaat positifnya. Kalo kalian jago bikin cerita, bikin cerita yang baik, daftar kaskus kreator, ikuti event coc, selain banyak yang merespon positif, juga ada manfaat buat diri sendiri dan orang lain. Kalo jago olah gambar, ikut juga tuh coc bikin poster, daripada bakat di sia-sia kan untuk mengejek orang, mending buat cari penghasilan. Jauh lebih baik dan berguna daripada kalian buang-buang waktu melamun mikirin keburukan capres lawan. Iya engga.  



Sumber ide   : kegalauan dalam hati
sumber foto : tertera

9
4.6K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.