dendy182Avatar border
TS
dendy182
industry 4.0 : Manusia dikalahkan robot? Yuk Sharing
Selamat siang agan & sista.... emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)emoticon-Kiss (S)

Kali ini ane mau bahas Industry 4.0 Indonesia.

[img]https://cdn-images-1.S E N S O Rmax/624/1*3RH3iJU3pDAkWJ6tlIDNTA.png[/img]

Kira kira udah pada tau belum apa itu industry 4.0? kalo belom tau nih simak penjelasan dibawah ini ya. 

Quote:


Itu dia penjelasan dari indsutry 4.0 secara umumnya ( ane ambil dari wikipedia). Industry 4.0 itu salah satu revolusi industry gan. kenapa bisa dibilang revolusi industry? karena perpindahan yang sangat cepat yang menyangkut tentang kehidupan manusia. 

Dari yang manual ke yang otomatis, dari yang buatan tangan ke buatan mesin. Apakah berpengaruh ke SDM itu sendiri? apakah SDM masih akan digunakan? kalahkan manusia dari robot?

Menurut ane sih dengan industry 4.0 ini akan sangat ngebantu indonesia bener bener. kenapa bisa ngebantu? seperti yang dibilang kementrian perindustrian " Revolusi Industri 4.0 merupakan upaya transfomasi menuju perbaikan dengan mengintegrasikan dunia online dan lini produksi di industri, di mana semua proses produksi berjalan dengan internet sebagai penopang utama,” kata Menperin Airlangga Hartarto di jakarta. (sumber: http://www.kemenperin.go.id/artikel/17503/Industry-4.0-Tingkatkan-Produktivitas,-Tenaga-Kerja,-dan-Pasar). Peran dari industry 4.0 untuk meningkatkan produktivitas, tenaga kerja, dan Pasar. 

Tapi tetap ya gan. apapun yang ada pasti ada pro dan kontra. bener kan?

Nah ada yang bilang kalo industry 4.0 itu cuma permainan industry besar dan akan memangkas SDM indonesia karena semuanya itu udah diganti dengan mesin dan internet. Menurut ane malah nggak terlalu berpengaruh ya gan. Karena apapun technologinya pasti masih membutuhkan operator dan Quality Control. Jadi untuk beberapa oknum bilang era ini akan memangkas SDM banyak menurut ane kurang pas. 

SDM yang sebelumnya masih menggunakan cara konvensional malah bisa beralih ke digital. Kita nggak bisa ngebendung era digital ini lho gan. Mau nggak mau ya kita harus jalanin. SDM pun juga harus mengikuti perkembangan jaman bukan?

Pemerintah Indonesia juga udah gencar mempromosikan Industry 4.0 dan punya program yaitu "Making Indonesia 4.0". Lalu apa aja sih industry yang menjadi fokusnya?

1. Tekstil dan pakaian jadi
2. Kimia
3. Makanan dan minuman
4. Otomotif
5. Elektronika

Nah informasi yang ane dapat mengenai tekstil gan. Indonesia adalah salah satu ekportir tekstil terbesar di asean. Pada tahun 2018 ekspor produk hilir di industri tekstil tercatat tumbuh 8,9% dari tahun 2017. Sehingga pemerintah memfokuskan tekstil kedalam 5 pilar utama industry 4.0 yang diatas. 

Banyak pengusaha pengusaha tekstil yang ingin mengikuti era Industry 4.0 ini. Tetapi masih minim informasi mengenai mesin,ekspor, dan material.

Salah satu yang ane dan yang akan bakalan open itu event tekstil di jakarta namanya Indo Intertex 2019. Exhibition yang lumayan terkenal untuk penggiat tekstil. 

Mungkin segitu dulu pembahasan dari ane karena industri 4.0 ini membuat ane tertarik. 

kalo ada yang salah mohon pencerahannya ya gan (discuss juga boleh melalui kolom komentar). Ane disini hanya mengeluarkan pendapat.

Jangan lupa Click Rate,Share And Comment. 

Ciao Dios emoticon-Blue Guy Cendol (S)emoticon-Blue Guy Cendol (S)emoticon-Blue Guy Cendol (S)
Diubah oleh dendy182 20-02-2019 06:45
0
442
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.