Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

nyairaraAvatar border
TS
nyairara
Jokowi Singgung Tanah HGU Prabowo, BPN: Dia Tak Paham Negara


Jakarta - Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) menyinggung soal tanah hak guna usaha (HGU) Prabowo Subianto di beberapa daerah saat debat kedua. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno menilai pertanyaan itu bukti Jokowi tidak memahami tentang negara.

"Jadi kalau pertanyaan Pak Jokowi kepada Pak Prabowo mengatakan Pak Prabowo memiliki tanah sekian hektare itu seperti yang di debat itu, dia sebenarnya nggak paham negara," kata Sekretaris BPN Hanafi Rais saat ditemui di Seknas Prabowo-Sandiaga, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/2/2019).

Hanafi lalu menyinggung soal kesediaan Prabowo jika tanah berstatus HGU itu diambil kembali oleh negara. Dia menegaskan proses Prabowo mendapatkan tanah HGU tersebut sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

"Jadi ya saya kira nothing to lose kalau Pak Prabowo. Kalau mau dikejar kesalahan, di mana kesalahan, justru bukan di Pak Prabowo, karena Pak Prabowo menjalankan itu semua sesuai dengan kaidah hukum yang ada, sesuai prosedur yang legal, jelas," jelasnya.

"Justru pertanyaan itu yang salah karena itu menunjukkan kebodohan, eh bukan kebodohanlah, menonjolkan kekeliruan atau ketidakpahaman seorang Jokowi yang sudah menjadi presiden selama hampir 5 tahun ini soal HGU," imbuh Hanafi.

Menurut Wakil Ketua Dewan Penasihat BPN Prabowo-Sandiaga, Hidayat Nur Wahid (HNW), memang ada pihak yang mencoba memancing emosi Prabowo. Tapi upaya itu kandas seperti yang terlihat dalam debat kedua Pilpres 2019 saat Jokowi menyinggung soal tanah HGU.

"Saya bisa mengerti ketika Pak Prabowo tidak secara spesifik menjawab dan atau terpancing dan menjadi emosional. Karena sangat mungkin ada pihak yang ingin memancing beliau menjadi emosional," ujar HNW.

HNW menilai sikap Prabowo dalam menjawab soal tanah HGU sebagai serangan balasan. Jika Prabowo terpancing emosinya, sebut HNW, persepsi buruk akan timbul.

"Tapi yang jelas itu adalah semacam counter attack juga. Mereka ingin menang dengan membuat Pak Prabowo marah-marah. Tapi Pak Prabowo justru tetap bisa mengapresiasi, tapi sekaligus juga tetap bisa menjawab jawaban yang relatif bisa memuaskan dan meyakinkan banyak pihak bahwa beliau tidak seperti yang dituduhkan," papar Wakil Ketua Majelis Syuro PKS itu.



Sebelumnya, dalam debat kedua, Jokowi menyebut Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur dan Aceh. Ia menegaskan pembagian lahan tersebut tidak dilakukan di era pemerintahannya.

"Saya tahu Pak Prabowo memiliki lahan yang sangat luas di Kalimantan Timur. Sebesar 220 ribu hektare," kata Jokowi dalam debat capres jilid II di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

"Saya hanya ingin menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahan saya," ujarnya menambahkan. (zak/gbr)

emoticon-Cape deeehh emoticon-Cape deeehh

Katanya JK sudah mengakui dia yang kasih izin Prabowo untuk beli cash... Prabowo juga ngaku tanah itu benar ada... Jokowi hanya kasih perumpamaan untuk tanah besar gak dikasih sertifikat dulu...

emoticon-Bingung

Kok kalian jadi pada klojotan begini??? emoticon-Confused
Merasa diserang? , diserang apanya??? Masalahnya dimana sih, sampai bawa-bawa soal ga paham negara???
Diubah oleh nyairara 20-02-2019 03:01
tien212700
tien212700 memberi reputasi
2
3.3K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.