Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

HBS2307Avatar border
TS
HBS2307
Minyak Komando


Berdasarkan pengalaman saya mendaki gunung atau ketika menjadi panitia Diklat Pecinta Alam, ada hal sepele dan mendasar yang sering dilupakan ketika akan melakukan kegiatan tersebut. Hal ini berkaitan dengan salah satu bagian tubuh kita yaitu kaki yang sangat vital untuk dijaga keamanannya agar perjalanan kita tidak ada kendala. Apabila kaki seorang pendaki mengalami gangguan, niscaya perjalanan pendakian tersebut akan sangat menyakitkan. Bukankah kita mendaki bertujuan ingin mencari kepuasan atas keindahan alam? Kalau kaki sakit, bagaimana kita bisa menikmati keindahan itu? emoticon-Big Grin





Untuk melindungi kaki, sepatu tracking adalah komponen wajib yang musti harus dipakai. Penggunaan sendal sangat tidak disarankan karena rawan tertusuk ranting pohon atau duri. Belum lagi lintah dan pacet mengintai saat pendakian dilakukan di musim penghujan. Juga pada musim penghujan disarankan untuk segera mungkin melepas sepatu dan kaus kaki yang basah ketika ada kesempatan. Berdasarkan pengalaman saya dan beberapa teman pendaki, ketika terlalu lama memakai sepatu saat dalam keadaan basah dapat menyebabkan kutu air. Yang lebih ekstrim lagi akibat malas melepas sepatu dan kaus kaki (bahkan ketika tidur pun tetap dipakai), kaus kaki menempel dan tidak bisa dilepas dari alas kaki. Sepele memang, tetapi efek yang ditimbulkan sangat menyakitkan.





Penggunaan sepatu memang efektif untuk melindungi kaki, tetapi ada hal yang harus diketahui untuk memaksimalkan penggunaan sepatu tersebut. Oleh karena itu saya menyarankan kepada sobat para pendaki sekalian untuk menggunakan minyak komando terlebih dahulu sebelum memakai kaus kaki dan sepatu. Perjalanan tidak ada masalah pada kaki, pendakian pun terasa menyenangkan emoticon-Smilie





Minyak komando pada awalnya digunakan oleh para pasukan militer, kemudian hal ini diadopsi oleh para pecinta alam. Cara pembuatannya pun mudah. Tinggal ambil beberapa siung bawang merah, kemudian dicampur dengan minyak sayur. Penggunaanya dengan cara mengoleskan minyak sayur yang sudah dicampur dengan irisan bawang merah ke seluruh bagian kaki yang akan ditutup oleh sepatu. Fungsinya agar dapat meminimalisir gesekan pada kaki yang mengakibatkan lecet. Penggunaan bawang merah pada minyak komando dapat menghilangkan bau kaki yang tidak sedap karena bawang merah berfungsi untuk mengurangi perkembangbiakan bakteri pada kaki. Selain itu, bawang merah juga menghindarkan kaki dari infeksi.



Penggunaan minyak komando tidak sampai disitu saja. Minyak komando juga dapat digunakan untuk menambah citarasa masakan, terutama pada kegiatan survival. Juga dapat digunakan sebagai pengganti minyak urut ketika kaki keseleo.



Sekian dari saya, mohon maaf apabila ada informasi yang kurang lengkap. Salam lestari. emoticon-Traveller



Sumber gambar : google
Sumber berita : pengalaman pribadi
tata604
nona212
nona212 dan tata604 memberi reputasi
3
4.5K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Outdoor Adventure & Nature Clubs
Outdoor Adventure & Nature ClubsKASKUS Official
2.9KThread4.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.