powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Charcoal, Si Hitam Yang Bikin Putih


Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Apa yang pertama kali terbersit dalam otak kita saat mendengar kata arang? Bakar - bakar? Sate? Memang sih arang lekat dengan yang namanya acara bakar - bakaran. Di momen tahun baru, arang selalu jadi primadona dan banyak dicari orang karena digunakan sebagai sarana bakar - bakaran jagung, sate, ikan, dan sejenisnya.

Namun selain untuk acara bakar - bakaran, tahukan Gansis kalau ternyata arang juga bisa digunakan sebagai salah satu bahan kecantikan dan bisa bahkan diklaim mampu membuat kulit cerah? Tentunya bukan arang biasa yang di pakai buat bakar - bakaran terus langsung digynakan buat maskeran ya. Arang yang digunakan untuk kecantikan ini adalah arang aktif (activated charcoal).Lalu apa sih yang membedakan antara arang aktif ini dengan arang biasa?

Secara sekilas, tak ada yang berbeda antara arang biasa dengan arang aktif, sama - sama berwarna hitam dan berbahan dasar sama. Secara umum, keduanya terbuat dari kayu bakar ataupun batok kelapa. Bedanya, pada arang biasa proses pembuatannya hanya dengan dibakar biasa saja (dengan suhu berkisar di 100 derajat Celcius), sedang pada arang aktif pembakarannya melalui treatment khusus. Kayu yang akan digunakan sebagai arang aktif diberi tambahan asam lalu dibakar dengan suhu diatas 800 derajat Celcius. Akibat perlakuan tersebut, arang yang dihasilkannya menjadi "aktif" yang dalam hal ini maksudnya memiliki rongga pori - pori yang banyak.

Akibat treatment itu pula, struktur dari arang aktif juga berbeda dengan arang biasa. Jika pada arang biasa, setelah dibakar bentuknya tetap sepertu kayu utuh yang dibakar, pada arang aktif bentuknya menjadi lebih berongga. Secara penelitian, arang aktif atau yang lebih dikenal sebagai charcoal ini banyak mengandung manfaat yang bisa digunakan dalam bidang kecantikan. Oleh karenanya, saat ini produsen produk perawatan tubuh, baik itu kosmetik maupun toiletris berlomba - lomba menelurkan produk yang mengandung charcoal.

Salah satunya produk pembersih wajah. Produk ini diklaim mampu membersihkan dan menyerap kulit minyak berlebih akibat kandungan charcoal didalamnya. Produk deodoran pun tak mau ketinggalan mengeluarkan produk mengandung arang aktif ini. Mereka mengklaim produk ini mampu menyerap keringat berlebih dan menjaga agar ketiak tetap kering.

Tak hanya produk kecantikan, produk toiletris pun juga berlomba - lomba menawarkan manfaat arang aktif ini. Pasta gigi dan sikat gigi misalnya, keduanya mengklaim produknya mengandung black charcoal yang bisa memutihkan gigi jika digunakan secara kontinyu.

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :

Spoiler for :






Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Dok. Pribadi






10
7.3K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.