bintanghuAvatar border
TS
bintanghu
10 Peristiwa Besar Bersejarah Yang Terjadi Dalam Waktu Bersamaan


Hy,Gan.

Quote:

Sejarah,ilmu yang telah diajarkan sejak memasuki sekolah dasar,bahkan diluar sekolah pun sering sekali kita mendengar,melihat bahkan mengalami sejarah.Mempelajari sejarah memang seru dan memberi kepuasan tersendiri.Misal,saat kita melihat suatu monumen dan kita tahu apa sejarah dibaliknya,tentu cukup puas,dan saya alami sendiri hal demikian,hehe.

Sejarah juga mengajarkan kita berbagai pelajaran hidup serta pengetahuan.Sejarah juga menuntut kita agar kita terus menjadi lebih baik.


Di dunia ini banyak sekali kejadian-kejadian sejarah yang besar,misal,tanggal 17 agustus 1945,siapa yang tak tahu kejadian besar dibalik tanggal itu.Namun tahukah agan kalau ada peristiwa sejarang yang terjadi dalam waktu yang sama?.Berikut adalah berbagai peristiwa sejarah yang terjadi dalam waktu yang bersamaan.


1. Lukisan Terkenal Van Gogh dan Menara Eiffel

Spoiler for Starry Night dan Eiffel Tower:

Van Gogh,bagi sebagian besar orang dia adalah sosok yang cukup fenomenal dan juga terkenal berkat lukisan-lukisannya yang mengandung nilai seni yang tinggi.Menara eiffel pun demikian,itu adalah bangunan yang cukup familiar bahkan diketahui oleh hampir seluruh penduduk dunia.Dua hal diatas adalah bukti sejarah yang sangat mengagumkan.

Namun tahukah agan bahwa menara Eiffel itu berhasil dikerjakan pada tahun 1889,begitu juga dengan salah satu lukisan terbaik Van Gogh,The Starry Night yang diciptakan dalam waktu yang sama,ya walau beda beberapa bulan sih.Dua peristiwa sejarah ini cukup mengagumkan dan uniknya hal itu tercipta pada waktu yang bersamaan.

2. Penemuan Touchpad Laptop dan Bumi menjadi "Person Of The Year" Menurut Majalah TIME

Spoiler for Touchpad dan Bumi:

Pada tahun 1988,dunia mencatatkan sejarah salah atu penemuan terhebat,George Gerpheide berhasil menemukan touchpad dan  saat ini ada di laptop mas dan mbak gan semua.Penemuan touchpad,dalam waktu singkat berhasil menggantikan pengguanaan trackball dan joystick.

Pada tahun yang sama,majalah TIME menetapkan bumi sebagai Person of The Year.Hal itu bukan tanpa alasan,TIME menetapkan bumi sebagai Person of The Year  karena bumi dalam kondisi berbahaya akibat perang nuklir pada saat itu.

Menarik ya gan,dapat disimpulkan bahwa peristiwa sejarah ini adalah penggunaan teknologi secara tepat (touchpad di laptop) akan mebawa kehebatan sementara penyalahgunaan teknologi (perang Nuklir) akan mendatangkan kehancuran.

3. Tenggelamnya Kapal Titanic dan Penemuan Vitamin
Spoiler for Titanic dan Vitamin:

Di tahun 1912,konsep vitamin pertama kali dikemukakan oleh  Casimir Funk,seorang ahli biokimia Amerika Serikat yang lahir di Polandia.Vitamin sendiri muncul akibat kebutuhan suplai vitamin untuk mencegah berbagai penyakit,dan konsep vitamin baru muncul tahun 1912,sebelumnya tak ada yang namanya "vitamin".
Ditahun yang sama,kapal terbesar di zaman itu,Titanic,mulai melakukan perjalanan mereka untuk pertama dan terakhir kali.Kapal Titanic menabrak bongkahan es pada tahun 1912 pukul 23.40 waktu setempat.
Dua kejadian bersejarah ini terjadi pada tahun yang sama,bersyukur karena vitamin ditemukan dan turut berduka atas apa yang menimpa Titanic serta para penumpangnya,salah satunya adalah kang Jack yang jadi korban.

4. Pembukaan Transportasi Bawah Tanah Di London dan Penghapusan Perbudakan di Amerika Serikat
Spoiler for London Underground dan Perbudakan AS:

Proposal pembangunan London Underground  pertama kali diajukan pada tahun 1830-an,pembangunan ini bertujuan untuk menyediakan transportasi kereta cepat bawah tanah untuk wilayah London dan sekitarnya.Namun pembangunannya baru dimulai pada tahun 1855.Rute pertama selesai pada 10 Januari 1863 dan saat itu perang saudara sedang berkecamuk di Amerika Serikat.
Ditahun yang berdekatan,tepatnya bulan Desember 1865,Amandemen penghapusan perbudakan mulai di adopsi Amerika Serikat,dan tahun itu menandakan akhir dari praktek perbudakan di negeri Paman Sam.

5. Pembuatan Tabel Periodik dan Perusahaan Dagang "Heinz"
Spoiler for Tabel Periodikdan Merek Dagang Heinz:

Agan,siapa yang tak tahu atau tak pernah melihat tabel periodik yang isinya dalah tampilan unsur-unsur kimia?apa lagi anak lulusan IPA saat SMA,pasti tahu.
Sejarah penciptaan tabel periodik ini cukup lama dan prosesnya sangat kompleks,bahkan sebelum tahun 1869,para ilmuan mulai melakukan penelitian-penelitian untuk mewujudkan tabel periodik ini.Baru pada tahun 1869,seorang ilmuwan bernama Dmitri Mendeleev mengemukakan sekaligus menetapkan bahwa sifat-sifat unsur tergantung pada berat atom-nya, dan itu merupakan perkembangan yang sangat pesat dan menjadi titik lahirnya tabel periodik.
Pada tahun yang sama,seorang pengusaha Henry John Heinz memutuskan untuk menjual saus lobak yang dia buat dari resep ibunda-nya.

6. Marylin Monroe dan Queen Elizabeth
Spoiler for Monroe dan Ratu Elizabeth:

Dua tokoh di atas sangat populer.
Marylin Monroe adalah seleb hollywood yang sangat terkenal di zamannya hingga sekarang,saking populernya presiden Soekarno pun pernah bertemu dengannya.Marylin Monroe lahir pada tahun 1926.
Ditahun yang sama,wanita hebat lahir dan sekarang menjadi ratu Britania raya,Queen Elizabeth II.
Tak hanya dua tokoh hebat di atas yang lahir pada tahun 1926,Hugh Hefner dan Fidel Castro juga lahir ditahun tersebut.Menarik ya gan,agan lahir tahun berapa?mungkin kita sama..hehe.

7. Serfdom Dihapuskan di Kekaisaran Rusia dan Foto Berwarna Pertama Dibuat di Britania Raya
Spoiler for Serfdom dan foto berwarna:

Serfdom adalah praktek perbudakan petani pada masa feodalisme Eropa.
Pada tahun 1861,sebuah peristiwa penting terjadi di kekaisaran Rusia,mereka melakukan reformasi petani dan menghapuskan praktek perbudakan dinegara terbesar di dunia itu.
Di tahun yang sama,Fisikawan Inggris bernama James Clerk Maxwell menciptakan sebuah foto berwarna pertama di dunia.
Hmm,dua peristiwa sejarah yang cukup penting untuk perkembangan dunia,lagi,sejarah pada dasarnya menuntut kita agar lebih berkembang ke arah yang lebih baik.

8. iPhone Pertama dan Buku Ke-7 Harry Potter
Spoiler for iPhone dan Harry Potter:

Buku seri ke-7 Harry Potter yang berjudul Harry Potter and The Deathly Hallows dirilis pada musim panas tahun 2007.Pada tahun yang samaa,iPhone generasi pertama diluncurkan.
Menariknya,dua produk yang diluncurkan pada tahun yang sama juga sama-sama mendapat kritik keras dari konsumen.Buku seri ke-7 Harry Potter menuai kritikan atau lebih tepatnya melakukan kesalahan karena buku ini telah bocor ke publik dan telah diterjemahkan ke 5 bahasa  5 hari sebelum peluncuran resmi dimulai.Sementara iPhone dikritik keras konsumen kaarena iPhone seri pertama yang katanya revolusioner itu tak mendukung konektivitas 3G dan MMS.
Dua produk hebat yang diluncurkan pada tahun yang sama dan sama-sama mendapat skandal.

9. Harriet The Tortoise dan Charles Darwin
Spoiler for Kura-Kura dan Darwin:

Kura-kura terkenal yang berasal dari kepulauan Galapagos lahir sekitar tahun 1830.Kura-kura tersebut diberi nama Harriet,dan Charles Darwin membawanya ke Inggris,namun sayang,si kura-kura Harriet meninggalkan dunia ini pada tahun 2006 karena gagal jantung.
Ya walaupun Darwin dan Harriet telah tiada,setidaknya orang-orang modern bisa melihat langsung peliharaan Darwin (2006).

10. Gillotine Dihapuskan Di Perancis dan Indiana Jones Tayang Perdana di Amerika Serikat
Spoiler for Gillotine dan Indiana Jones:

Buat agan yang Jones,pasti tahu film di atas,eh bercanda hehe.
Gillotine,yang belajar sejarah saat SMP dan SMA pasti tahu,itu adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengeksekusi terpidana mati.Namun pada tahun 1981,skema hukuman mati dengan Gillotine dilarang di Prancis.
Di tahun yang sama para jones,eh.
Di tahun yang sama,Stephen Spielberg mulai menyutradai film Indiana Jones and the Raiders of the Lost Ark .

Demikian beberapa peristiwa sejarah yang terjadi secara bersamaan,hampir semuanya belum pernah saya ketahui sebelumnya.
Kalau agan mengalami peristiwa sejarah seperti diputusin pacar,catatlah,mungkin kejadian itu waktunya sama dengan tetangga agan,hehe.
Sejarah di atas mempertegas bahwa janganlah sesekali engkau melupakan sejarah,karena sejarah itu penting.Seperti kata orang-orang,sejarah mengajarkanmu agar tak jatuh pada lubang yang sama.Sejarah juga menekankan kita agar menjadi lebih baik.
Salam


Sumber Referensi : Ini

18
10.5K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.