Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

politickntricksAvatar border
TS
politickntricks
Hoaks Prabowo Sebut Harga Beras dan Daging di RI Termahal di Dunia
Calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto menyebut harga beras, daging dan daging ayam di Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

Ia pun berjanji untuk memperbaiki kondisi tersebut dengan segera.

“Beras di Indonesia jadi salah satu tertinggi di dunia, demikian daging juga tertinggi di dunia. Daging ayam tertinggi di dunia. Salah satu yang tertinggi di dunia. Perjuangan kami adalah untuk kita perbaiki keadaan ini dengan segera,” kata Prabowo di Blora, Jawa Tengah.

Terkait itu anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) pasangan calon presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Inas Nasrullah Zubir membeberkan bukti-bukti mengenai harga beras Indonesia yang disebut Prabowo paling mahal di dunia.

“Harga beras premium di Indonesia termasuk yang terendah di Asia, antara Rp 12.500-12.800/kg. Pemerintah mematok harga beras eceran tertinggi berdasarkan Permendag No. 57/2017 tentang Harga Eceran Tertinggi Beras, mulai Rp 12.800 s/d Rp 13.600,” ucapnya.

Inas kemudian membandingkan harga beras di Indonesia dengan harga beras di sejumlah negara berdasarkan basis data global, Numbeo. Malaysia USD 1 atau Rp 13.300/kg, Thailand USD 1,15 atau Rp 16.428/kg, Singapura USD 2,06 atau Rp 29.428/kg.

Kemudian Filipina, harga rata-rata sama dengan di Indonesia, Rp 12.700/kg, Vietnam harga beras termurah di Asia Tenggara yaitu USD 0,74 atau Rp 10.571/kg, Jepang jadi negara dengan harga beras paling mahal di Asia, USD 3,83 atau Rp 54.714/kg.

Korea Selatan peringkat kedua termahal di Asia. Mencapai USD 3,79 atau Rp 54.412/kg dan Taiwan peringkat ketiga termahal di Asia USD 3,29 atau Rp 47.000/kg.

Inas juga menyebut harga daging sapi dan ayam di Indonesia masih lebih murah dibanding di Singapura, Jepang, Korea dan Taiwan. Prabowo kata dia telah membohongi rakyat.

“Hoaks itu menghina akal sehat, selain itu juga menghina kecerdasan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Artinya harga beras dan daging di Indonesia menjadi salah satu tertinggi di dunia adalah hoaks dan membuktikan bahwa Prabowo-Sandiaga memang menggunakan propaganda ala Rusia. Sebab pernyataan Prabowo tentang mahalnya harga daging dan beras tidak disertai data ataupun hasil riset.

Disisi lain Prabowo teriak dan kritik harga beras mahal namun sebagian besar SDA di RI sejak era Orba dikuasai Prabowo dan trah Soeharto tanpa memperdulikan kehidupan petani sehingga akan sulit harga beras turun jika petani ditekan.

https://bataraonline.com/hoaks-prabowo-sebut-harga-beras-dan-daging-di-ri-termahal-di-dunia/
0
1.5K
13
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
672.1KThread41.8KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.