Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jonfaisalAvatar border
TS
jonfaisal
BI: Cadangan Devisa Turun karena Bayar Utang Pemerintah
BI: Cadangan Devisa Turun karena Bayar Utang Pemerintah
MARKET - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
 
08 February 2019 08:01

SHARE  



Foto: CNBC Indonesia/Muhammad Luthfi Rahman

Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mengumumkan cadangan devisa di akhir Januari 2019 mencapai US$120,1 miliar, Kamis (7/2/2019). Jumlah tersebut turun sedikit dari posisi di akhir Desember 2018 yang mencapai US$120,7 miliar.

Jika diperhatikan penurunan cadangan devisa RI tidak terjadi baru-baru ini. Di sepanjang tahun 2018, cadangan devisa terus mengalami penurunan mulai Januari yang berada di posisi US$131,98 hingga US$ 114,8 miliar per September.


Baca:
Bayar Utang Pemerintah, Cadangan Devisa Jatuh US$ 600 Juta


Kemudian di Oktober cadangan devisa sempat naik menjadi US$115,2 miliar. Tren ini terjadi hingga Desember sebelum kembali turun.


Dalam pernyataan resminya, Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman menjelaskan bahwa penurunan cadangan devisa terjadi karena digunakan untuk membayar utang luar negeri (ULN) pemerintah

[size={defaultattr}][size={defaultattr}]
"Penurunan cadangan devisa pada Januari 2019 tersebut terutama dipengaruhi oleh pembayaran utang luar negeri pemerintah," demikian isi rilis tentang cadangan devisa dalam laman resmi BI, Kamis.

Meskipun demikian, Agusman menyampaikan bahwa cadangan devisa saat ini masih aman karena setara dengan pembiayaan 6,7 bulan impor atau 6,5 bulan impor dan pembayaran ULN pemerintah, serta berada di atas standar kecukupan internasional tiga bulan impor.



Bank sentral juga yakin cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

"Ke depan, Bank Indonesia memandang cadangan devisa tetap memadai didukung keyakinan terhadap stabilitas dan prospek perekonomian domestik yang tetap baik, serta kinerja ekspor yang tetap positif."[/size][/size]







https://www.cnbcindonesia.com/market...ang-pemerintah

agam69
agam69 memberi reputasi
2
1.7K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.5KThread41.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.