ujang siletAvatar border
TS
ujang silet
Referendum Kaledonia Baru: Sebesar Apa Peluang Papua?


Pada hari keempat di bulan November 2018, berbondong-bondong warga Kaledonia Baru mendatangi tempat pemungutan suara referendum. Sebagaimana referendum warga Timor Timur sembilan belas tahun lalu, referendum di Kaledonia Baru kali ini juga diselenggarakan guna menanyakan kepada warga "Apa Anda ingin Kaledonia Baru mendapatkan kedaulatan penuh dan merdeka?".

Kaledonia Baru terletak persis di sebelah timur Papua Nugini (PNG). Negara kepulauan ini dikuasai Perancis sejak 1853. Pada 1984, koalisi partai pendukung pemerdekaan Kaledonia Baru yang dipimpin Union Calédonienne menolak usulan Perancis yang menghendaki otonomi Kaledonia Baru dalam mengelola urusan dalam negeri. Mereka ingin Paris melepas kendalinya atas Kaledonia Baru.

Koalisi yang sebagian besar terdiri atas orang-orang Kanak itu lalu membentuk Front de Libération Nationale Kanake et Socialiste (FLNKS). Bersama gerakan pro-kemerdekaan lainnya, FLNKS mendirikan Republik Sosialis Kanak. Jean-Marie Tjibaou didapuk sebagai pemimpinnya.

Hasil referendum November 2018 memang boleh dibilang tak cukup melegakan FLNKS. Sebanyak 56 persen pemilih di referendum menolak Kaledonia Baru merdeka.

Tapi, referendum dipandang sebagai salah satu cara arif menentukan masa depan bangsa yang menuntut kemerdekaan. Bangsa West Papua, koloni Belanda yang kini menjadi provinsi Papua dan Papua Barat Indonesia (wilayah ini selanjutnya disebut "Papua"), termasuk salah satunya. Dan FLNKS mendukung pemerdekaan Papua.


Quote:


Quote:


Quote:


Yakin emang bisa urus diri sendiri?
Hati-hati malah jadi boneka bangsa lain..
emoticon-Malu

REFERENSI
Diubah oleh ujang silet 08-02-2019 04:48
6
9.5K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.6KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.