GENKBOLAvatar border
TS
GENKBOL
Menengok 15 Tahun Perjalanan Facebook
Tanggal 4 Februari lalu menjadi hari jadi Facebook ke 15 sejak dirilis pada 4 Februari 2004. Kala itu Facebook dibangun oleh Mark Zuckerberg dan teman – temannya di sebuah kamar asrama Harvard University. 


Awalnya facebook cuman diperuntukkan buat mahasiswa Harvard University sebagai alat komunikasi. Saat itu Facebook sangat membantu mahasiswa dalam berkomunikasi di kampus. Banyaknya mahasiswa yang menggunakan media sosial ini membuat facebook meningkatkan fiturnya.

Tahun 2005 Facebook memiliki fitur yang diberi nama The Wall. Fitur ini memberikan layanan kepada pengguna untuk saling mengirim pesan ke The Wall milik mereka. Selain itu Facebook juga menyediakan layanan berbagi foto untuk para penggunanya.

Tahun berikutnya Facebook mulai bisa digunakan oleh semua orang. Di tahun ini pengguna internet seluruh dunia sudah bisa melakukan registrasi dan bergabung di Facebook. Di tahun ini juga Facebook merilis fitur News Feed yang membuat pengguna bisa melihat kabar terbaru teman – teman Facebook mereka.


Hingga tahun 2010, Facebook sudah menghadirkan beberapa fitur menarik di platfrom mereka. Diantaranya, fitur Page, Chat, Like, dan fitur Group yang membuat pengguna bisa bergabung dalam komunitas mereka.

Dua tahun berselang, aplikasi Messenger hadir sebagai tempat berbagi pesan bagi para penggunanya. Pada tahun ini pengguna Facebook sudah mencapai 1 miliar user aktif tiap bulannya. Di tahun ini juga Facebook mengembangkan lini bisnisnya dengan mengakuisisi Instagram.

 Di tahun 2013, Facebook kembali mengakuisisi beberapa perusahaan startup. Diantaranya WhatsApp dan VR Oculus. Selanjutnya di tahun 2015 Facebook mulai merambah dunia live streaming. Facebook merilis fitur Facebook Live.

Gak mau kalah dengan platform medsos lainnya, tahun 2016 Facebook mengahadirkan emoji – emoji menarik untuk para penggunanya dalam berjejaring. Dan menyediakan fitur video yang bernama Watch untuk memudahkan penggunanya menonton video.


Tahun 2018 menjadi tahun yang kurang baik untuk Facebook. Di tahun ini Facebook terlibat kasus penyalahgunaan data yang memiliki kaitan dengan pemilihan presiden Amerika kala itu. Efek dari kasus ini, saham Facebook perlahan mengalami penurunan.

Di tahun ini juga beberapa pentolan Facebook memutuskan untuk keluar dari raksasa digital ini. Yang cukup mengagetkan khalayak adalah keluarnya para pendiri WhatsApp dan Instagram.

Nah, di tahun ini Facebook berencana untuk menggabung Instagram, WhatsApp, dan Messenger untuk bisa saling berkirim pesan antar platform tersebut. Kita tunggu aja seperti apa jadinya pengguna ketiga platform ini bisa saling berkirim pesan.

 


anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
4
1.6K
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.