Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lapar.bangAvatar border
TS
lapar.bang
Mari Menanam Pohon



emoticon-I Love Indonesia WELCOME TO MY THREAD emoticon-I Love Indonesia



Halo para warga kaskuser sekalian, sebagaimana warga kaskuser yang berbudiman jangan lupa untuk

emoticon-Rate 5 Star RATE
emoticon-nulisah KOMEN
emoticon-pencet SHARE
emoticon-Toast CENDOL


SELAMAT MEMBACA
emoticon-Monggo





Selain berguna sebagai sumber oksigen, menanam pohon juga bisa menenangkan pikiran saat melihat ijo-nya warna dedaunan. Tak jarang tempat wisata bertema outdor pun banyak menjamur di negri ini dengan mengusung tema keindahan alam sekitar.

Beberapa hari yang lalu saya mencoba untuk mendokumentasikan semua kegiatan selama melakukan penanaman, acara yang di adakan oleh DLH Kabupaten Pasuruan ini mengusung tema "Jambore Nandur Kabupaten Pasuruan" dan bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan yang tersebar di berbagai wilayah di Kabupaten Pasuruan. Tak ketinggalan juga para komunitas pencinta alam baik dari kalangan siswa, mahasiswa, atau juga warga lokal yang ingin berpartisipasi.

Lalu, setelah terjun kelapangan secara langsung - Apa saja sih yang saya dapat setelah melakukan penanaman ?


1. Pengalaman




Sebenernya, di tempat saya sendiri banyak sekali agenda penanaman, karena kesibukan menjadi mahasiswa semester tua membuat saya jarang sekali untuk terjun langsung kelapangan.

Dari mengikuti acara jambore ini hal pertama yang saya dapat adalah pengalaman dan pengetahuan. Pada awalnya saya tidak tahu persis bagaimana cara menanam pohon yang baik dan benar, dari sini saya sediki-banyak paham cara-cara menanam yang benar, cara memindah bibit, cara memegang bibit, sampai dengan cara merawat bibit itu sendiri.


2. Kepuasan Batin




Dulu, saya juga sempat melakukan penanaman di lereng Gunun Arjuno yang di adakan komunitas kecil-kecilan dengan cara independent. Tidak ada pendampingan, tidak ada ijin, pokoknya semua serba independent, sampai-sampai bibit yang kita beli menggunakan uang pribadi. Bahkan cara menanam waktu itu alakadarnya dan asal nancepkedalam tanah.

Nah, dengan mengikuti kegiatan ini saya jadi tahu sedikit banyak cara melakukan penamaman yang baik itu seperti apa, prosedur dan tahap-tahap penanaman itu sendiri bagaimana. Jika sudah seperti ini kepuasan yang saya dapat akan berlipat ganda, apalagi sekarang gak asal nanam dan nancep.


3. Teman Lintas Organisasi




Dulu nih, dulu banget. Saya pernah mengikuti sebuah organisasi yang pokok kumpul. Kegiatan pun hanya itu-itu saja niat untuk nambah relasi harus stuckkarena hampir tidak pernah mengikuti kegiatan resmi.

Berbeda dengan kegiatan resmi yang rundown acaranya jelas. Memang - kita akan merasa terkekang dan dibatasi, tapi dari kegiatan yang kita ikuti tersebut penyampaian materi dan praktik bisa lebih mendalam, apalagi yang menjadi pihak penyelenggara dan penanggung jawab adalah orang-orang yang memang benar-benar berkecimpung di bidang tersebut. Organisasi yang ikut juga lebih banyak dari berbagai kalangan, syukur-syukur bisa mengenal orang-orang penting dari berbagai daerah.


Lalu, apa manfaat dari melakukan penanaman / menanam ?



1. Mengurangi Dampak Pemanasan Global




Mengingat semakin meratanya perkembangan teknologi di setiap negara membuat pemakaian bahan bakar gas semakin meningkat, nah dari sini polusi yang di keluarkan oleh kendaraan tersebut akan berdampak kepada pengaruh iklim dunia. Selain itu banyaknya rumah bergaya modern dan juga efek dari rumah kaca mempercepat pemanasan global itu sendiri.

Maka dampak positif pertama dari menanam pohon disini berguna untuk mengurangi dampak pemanasan global tersebut, karena sifat pohon yang mampu menyerap emisi karbon itulah yang bisa mengurangi penyebab pemanasan global.


2. Sumber Oksigen




Saya kira semua kaskuser sudah tahu dan sudah mengerti, karena saat bersekolah kita dijelaskan bahwa pohon adalah penghasil oksigen untuk kelangsungan hidup manusia. Sayangnya kesadaran yang kurang menjadi boomerang bagi kita semua. Pemanasan global semakin menjadi-jadi, bahkan oksigen dari laut yang menjadi penyumbang terbesar udara segar di dunia juga terancam dengan banyaknya laut mati tanpa ada kehidupan baik dari tumbuhan laut atau juga hewan laut.



3. Mencegah Banjir dan Longsor




Mungkin dari kaskuser sudah melihat beberapa Hot Thread dengan judul #10yearschallengeterutama perubahan-perubahan hutan dari 2009 menuju ke-2019. Sangat miris, ekosistem alam semakin rusak, hutan-hutan terus di gunduli. Padahal fungsi dari hutan itu sendiri selain menjadi sumber oksigen juga menjadi pencegah bencana banjir atau longsor.

Selain itu menanam pohon juga memberikan cadangan air untuk kelangsungan hidup makhluk hidup. Bisa di bayangkan jika tidak ada pohon, musim panas kita akan kekeringan dan jika musim hujan kita akan kebanjiran, sungguh mengerikan bukan ?



Nah, demikian Thread ini di buat.
Semoga bisa memberikan mafaat bagi para kaskuser akan pentingnya menjaga lingkungan di sekitar kita. Dan Mari Menanam Pohon

Apabila ada kata-kata yang kurang pantas mohon di maafkan.
















BONUS
DOKUMENTASI




















Sumber gambar dan artikel: milik pribadi
Diubah oleh lapar.bang 31-01-2019 14:57
tien212700
tien212700 memberi reputasi
9
3.9K
43
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green LifestyleKASKUS Official
3KThread3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.