Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Health
  • Mengenal Uniknya Teh Biru Beserta Manfaat yang Dimilikinya

mastereddyAvatar border
TS
mastereddy
Mengenal Uniknya Teh Biru Beserta Manfaat yang Dimilikinya
Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan teh hitam, teh hijau, atau bahkan teh merah. Namun, apakah Anda mendengar atau mengetahui tentang teh biru ? 

Teh biru memang belum begitu populer di Indonesia. Namun, minuman ini memiliki aroma bunga yang khas dan memberikan sensasi yang mirip dengan teh hijau. Teh biru diperoleh dari seduhan kembang telang (clitoria ternatea) yang berwarna biru tua. 

Mengenal Uniknya Teh Biru Beserta Manfaat yang Dimilikinya

Secara alami, bunga telang ini tidak memiliki rasa alias tawar, biasanya untuk menambah kenikmatannya, teh biru biasa ditambah lemon dan sereh. Teh biru ini bisa disajikan dalam keadaan dingin atau panas. Namun, campuran dari rasa lemon dan serehnya membuat teh biru ini lebih pas disajikan dalam keadaan dingin.

Selain menarik, teh briu ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi serta khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalam teh biru, diantaranya adalah fenol, delphirridin, triglyceride, alkaloid, flavoured, saponins, sulfurm dan ca-oksalat. Tidak ada kandungan kafein yang biasa terdapat pada daun teh.

Dengan kandungan yang dimilikinya tersebut, maka tak heran jika teh biru ini menyimpan begitu banyak khasiat bagi tubuh. Teh ini disebutkan kaya akan antioksidan. Sejumlah penelitian menemukan bukti bahwa teh ini berkhasiat untuk mencegah glikasi yang bisa menyebabkan penuaan dini, antiinflamasi, mengatasi kelelahan, meningkatkan vitalitas, dan meringankan rasa sakit.

Untuk lebih jelasnya, simak beberapa informasi dibawah ini !

Antioksidan
Kandungan antioksidan yang terkandung dalam teh ini cukup tinggi, sehingga mampu melawan radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu pemicu penuaan dini dan menyebabkan keriput. Ini tentu merupakan cara yang baik bagi detoksifikasi tubuh. Ia juga membantu menurunkan risiko infeksi akibat luka pada diabetes.

Memberikan energi dan tingkatkan aktivitas otak
Kembang telang adalah bunga yang bersifat nootropok atau mampu meningkatkan kemampuan kognitif manusia. Ini jelas bermanfaat bagi kesegaran otak serta aktivitas dan fungsinya. Ini akan menunjang kesehatan organ pemikir itu sehingga tetap aktif.

Menurunkan stres serta meredakan kecemasan dan depresi
Menurut penelitian, teh biru bisa meredakan stres dan menurunkan gejala gangguan kecemasan jika dikonsumsi secara rutin.

Anti diabaetes
Minum teh biru sebelum dan sesudah makan bisa membantu menghambat penyerapan glukosa ke dalam darah. Zat didalamnya juga mampu menyehatkan jantung. Antioksidan yang ada didalam teh juga membantu menurunkan risiko infeksi yang menyebabkan diabetes.

Menurunkan risiko kanker
Manfaat ini didapat dari adanya antioksidan pada kembang telang. Zat tersebut mencegah kerusakan sel dan menyebarnya pemicu kanker.

Menyehatkan kulit dan rambut
Antioksidan juga baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Teh biru kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang menunjang kecantikan.

Kecantikan
Selain antioksidan, kembang telang juga memiliki sifat anti-glikasi yang baik untuk mencegah penuaan kulit. Teh biru juga memiliki kandungan flavonoid yang meningkatkan pertumbuhan kolagen dan mempercepat elastisitas kulit. Ini juga baik untuk rambut karena mengandung anosianin yang meningkatkan aliran darah di kulit kepala sehingga memperkuat polikel rambut.

0
800
11
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
HealthKASKUS Official
24.7KThread10.1KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.