Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Buku
  • Membaca Sambil Tiduran, Bahaya Nggak Sih?

msa0404Avatar border
TS
msa0404
Membaca Sambil Tiduran, Bahaya Nggak Sih?
Saat masih kecil, pasti agan sering banget ya dibawelin sama orangtua soal kebiasaan membaca. Nggak boleh sambil tiduran lah, jangan membaca di tempat yang gelap lah, dan masih banyak lagi. Tapi nasihat-nasihat kayak gitu hanya dianggap angin lalu aja karena agan tidak mendapat penjelasan seratus persen secara ilmiahnya. Bener nggak?

Ternyata membaca sambil tiduran emang nggak baik lho. Meskipun posisi ini nyaman, tapi ternyata kebiasaan ini membawa dampak buruk bagi mata agan. Pastinya kebiasaan ini membuat mata agan cepat lelah.

Jarak ideal mata dengan buku adalah 25-30 cm dari wajah dan dalam sudut 60 derajat ke arah bawah. Saat agan membaca sambil tiduran, jarak ideal tersebut akan sulit untuk dipertahankan. Biasanya jika tangan mulai pegel memegangi buku, secara nggak sadar, jarak mata dengan buku semakin lama akan semakin dekat. Akibatnya, mata pun akan bekerja lebih keras karena kita juga membutuhkan konsentrasi. Nggak heran kalau semakin lama mata menjadi semakin lelah.



Memang sih, membaca sambil tiduran tidak akan membuat mata agan menjadi minus. Tapi mata akan terasa pedih dan cepat berair. Posisi yang paling baik untuk membaca adalah duduk dengan kepala yang tegak. Kalau agan ingin membaca di atas tempat tidur, lebih baik sih posisinya tetap duduk aja. Agar nyaman, ganjal punggung dengan bantal di belakang saat duduk. Selain itu, pastikan cahaya lampu tidak terhalangi buku saat membaca ya gan. Karena mata memerlukan cahaya yang cukup terang untuk mempermudah kita mengenali huruf yang sedang dibaca. Biar matanya nggak bekerja terlalu keras.

Itu kalau kita membaca buku yang wujudnya konvensional ya gan, kalau dalam bentuk ebook yang ada dari HP gimana dong?

Menatap layar smartphone kadang memang membuat kita lupa waktu, apalagi kalau sedang asik membaca sesuatu. Secara nggak sadar pun kita mencari posisi yang nyaman sambil menikmati bacaan kita, misalnya sambil tiduran. Ternyata kebiasaan ini juga membahayakan kesehatan lho.



Sambil tiduran dan membaca sesuatu dari layar HP membuat kita nggak sadar sama waktu. Pas lihat jam tau-tau udah tengah malem aja. Secara nggak sadar, hal ini menyebabkan agan mengalami sulit tidur bahkan insomnia lho. Sering menatap layar HP di malam hari membuat tubuh semakin lelah setelah seharian beraktifitas apalagi mata dipaksa bekerja lebih ekstra dengan membaca sesuatu dari HP sambil tiduran.

Selain itu, berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, keseringan menatap layar HP sambil tiduran bisa meningkatkan risiko Transient Smartphone Blindness, yaitu sindrom yang berpotensi memicu mata nggak bisa melihat dalam beberapa waktu karena penyesuaian cahaya dari mata sebelah kri ke mata sebelah kanan. Hal ini bisa menyebabkan mata jadi minus sebelah gan.

Hobi membaca sih boleh lanjut, tapi jangan sampai mengabaikan kesehatan mata agan ya.
 
 
bestakesiangan.
Indriaandrian
areev
areev dan 26 lainnya memberi reputasi
27
6.7K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Buku
BukuKASKUS Official
7.7KThread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.