powerpunkAvatar border
TS
powerpunk
Pengen Disiplin Dengan Nyepetin Jam. Berhasilkah?

Selamat pagi, siang, sore, petang, dan malam kawan - kawan kaskuser semua yang baik hati. Bertemu kembali di thread sederhana ane.
emoticon-Nyepi




Suatu hari, saya pernah nginapditempat saudara. Paginya, karena ada janji ketemu sama orang, pagi - pagi saya sudah bangun. Ketika melihat jam dinding di ruang tamu sudah menunjukkan pukul 6 saya bergegas untuk berangkat karena takut terlambat. Kata saudara saya, "emang mau kemana sih jam segini udah mau ngacir aja?" "Masih jam setengah 6 ini" .

Saya pun menyanggah. Wong jam dinding udah menunjukkam jam 6 lewat kok katanya masih jam setengah 6. Eh, saudara saya malah tertawa. Katanya jam yang diruang tamu memang sengaja dicepetin supaya orang - orang rumah lebih disiplin dan nggak terlambat. What? Apa coba hubungannya antara jam yang dicepetin sama disiplin? Usut punya usut ternyata maksudnya adalah supaya orang - orang dirumah menyangka kalau sudah siang dan supaya mereka segera bergegas.


Saya pun manggut - manggut. Ada benernya juga, pikir saya kala itu. Meski kalau dipikir - pikir lagi, rada aneh juga melatih kedisplinan dengan cara nyepetin jam ini. Bukannya kalau kita sengaja nyepetin jam, kita sendiri juga sudah tahu kalau jamnya dipercepat, sehingga nggak ada pengaruhnya. Misalnya saja kita masuk kerja jam 8, jam yang kita cepetin udah menunjukkan pukul 7.30 dan kita tahu kalau jam tersebut kita cepetin 30 menit, berarti kita tahu kan kalau jam sebenarnya masih jam 7.00?

Apakah kita akan jadi tergopoh - gopoh seolah - olah memang sudah jam 7.30? Ataukah justru kita tetap akan santai karena sudah tahu jam yang sebenarnya masih pukul 7.00? Kalau dari pengalaman keluarga saudara saya sih katanya ada pengaruhnya. Seenggaknya mereka nggak akan berleha - leha karena merasa waktunya sudah mepet. Kalau memang ada pengaruhnya, saya kembali berfikir kenapa nyepetinnya cuman 30 menit, kenapa nggak dicepetin 2 jam misalnya, supaya mereka akan lebih disiplin lagi.


Bangun tidur yang biasanya dilakukan jam 6 pagi, kalau jamnya dicepetin 2 jam, kan bisa jadi bangun jam 4. Jadi meskipun jam sudah menunjukkan pukul 6, waktu yang sebenarnya saat kita bangun itu masih jam 4 subuh. Hehehe.. Demi disiplin kita rela menipu diri kita sendiri. Kalau tujuannya hanya untuk melatih disiplin sih rasanya tidak apa-apa, tapi kalau keterusan? Justru kita yang jadi gila. Menganggap semua jam itu kita cepetin, meskipun kita sedang tidak di rumah sekalipun. Yang ada justru kita malah jadi orang yang suka terlambat. Apakah GanSis juga pernah melakukan hal yang sama?






Disclaimer : Asli tulisan TS
Sumur Gambar : Om Google






5
4.4K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.