Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Suzuki Intruder 150 FI, Motor Cruiser asal Suzuki yang Ramah Kantong

autom942Avatar border
TS
autom942
Suzuki Intruder 150 FI, Motor Cruiser asal Suzuki yang Ramah Kantong


AGG- Pada gelaran acara India Auto Expo 2018, Suzuki kembali mengeluarkan motor baru mereka pada kelas 150cc. Suzuki Motorcycle India resmi merilis Suzuki Intruder 150 FI sebagai motor cruiser pemula.

Bidikan Suzuki kali ini adalah untuk para pemula yang ingin mencicipi sensasi mengendari sebuah motor kelas cruiser. Menariknya motor gagah tersebut akan menawarkan ragam teknologi canggih. Suzuki Intruder 150 FI mengusung konsep cruiser dengan desain yang terinspirasi dari model M1800R buatan Suzuki.

Perlu diketahui bahwa Suzuki Intruder 150 FI ini mengusung konsep yang begitu sporty dan terkesan garang dengan membawa konsep motor cruiser masa kini. Hal itu tampak dari lekuk bodinya yang didesain sebagaimana motor touring premium.






Beberapa nilai lebih juga terlihat dibawa Suzuki Intruder 150 ini, salah satunya adanya sokongan teknologi yakni Suzuki Advance Fuel Injection teknologi yang mengandalkan 6 sensor guna memberi konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien.


Motor ini terlihat identik dengan varian standar karburator, namun dengan FI badging pada stang penjepit. Performanya juga terbilang mumpuni berkat mesin SOHC 150cc. Mesinnya berpasangan dengan transmisi manual 5 percepatan untuk memaksimalkan akselerasinya menjadi lebih handal.

Berikut adalah spesifikasi dari Suzuki Intruder 150 FI :

SPESIFIKASI SUZUKI INTRUDER 150 FI


MESIN

  • Tipe Mesin : Single Cylinder, 4-Stroke, 2-Valve, SOHC
  • Kapasitas Mesin : 154,9cc
  • Tenaga Maksimum : 14.8PS @ 8000rpm
  • Torsi Maksimum : 14 Nm @ 6000rpm
  • Diameter Langkah : 56mm x 62.9mm
  • Rasio Kompresi : 13.0 : 1
  • Jumlah Silinder : 1 Silinder
  • Sistem Bahan Bakar: Karburator / Fuel Injection
  • Jenis Bahan Bakar : Bensin
  • Starter : Electric Starter
  • Transmisi : 5 Percepatan

DIMENSI

  • Panjang : 2130mm
  • Lebar : 805mm
  • Tinggi : 1095mm
  • Jarak Sumbu Roda : 1405mm
  • Jarak Terendah : 170mm
  • Berat : 149kg (FI) / 148kg (Karburator)
  • Kapasitas Tangki : 11L
  • Tinggi Tempat Duduk : 740mm

RANGKA DAN KAKI-KAKI

  • Rangka : ----
  • Suspensi Depan : Telescopic Fork
  • Suspensi Belakang : Swingarm
  • Rem Depan : DISC
  • Rem Belakang : DISC
  • Ban Depan : 100/80-17 Tubeless
  • Ban Belakang : 140/60-17 Tubeless

Dilihat dari sisi desain fisik pada spesifikasi Suzuki Intruder 150 FI, tampak dengan jelas bahwa model ini memang ditujukan khusus untuk cruiser kelas pemula. Mengusung desain motor cruiser yang identik dengan kata touring dan mahal membuat motor ini terlihat begitu menarik, desainnya yang besar dan gagah dipadukan dengan pilihan warna seolah membangkitkan jiwa motor cruiser.




Jika dilihat dari depan, Suzuki Intruder 150 Fi mengusung headlamp halogen dengan LED Projector yang akan membuat penerangan semakin maksimal. Lampu depan ini dibuat mirip dengan Intruder M1800R yang terlihat premium, stylish, dan dinamis. Lampunya berbentuk piramida terbalik dengan bentuk membulat yang tampak menyatu dengan desain Suzuki Intruder yang bongsor.







Pada bagian samping tampak sebuah emblem premium Intruder Series pada tangki bahan bakarnya yang juga berkapasitas 11 Liter, sehingga mempresentasikan kesan cruiser modern. Pada bagian samping bawah juga mengusung knalpot Sharp Twin Exhaust yang begitu stylish serta mampu memberikan efisiensi gas buangnya. 







Jok pada Suzuki Intruder 150 FI dibuat lebih dinamis dengan model terpisah layaknya motor Harley yang akan membuat posisi riding menjadi lebih nyaman. Kemudian untuk bagian belakang telah dilengkapi tali light LED dengan desain horizontal yang kompak dan sporty. 




Selain itu tampilan speedometer yang terlihat sporty dengan petunjuk informasi berkendara yang terbilang komplit dan modern dengan desain panel full digital dengan layar LCD Background merah yang akan membuatnya semakin tampak begitu futuristik. 


Panel tersebut menampilkan indikator kecepatan Km/jam, jarak tempuh, posisi gear, dan indikator bahan bakar. Menariknya, instrumen indikator Suzuki Intruder 150 FI ini akan memperlihatkan indikator RPM sama dengan spesifikasi Hayabusa dan GSX-R1000. Lampu yang tersematkan pada sisi samping kanan dan kiri, seperti indikator lampu netral, mode rpm, indikator ABS, lampu beam serta lampu sein. 




Secara dimensi sendiri Suzuki Intruder 150 memiliki dimensi panjang 2.130mm dengan lebarnya 805mm dan untuk tinggi sendiri mencapai 1.095mm, dengan dimensinya tersebut membuat motor ini memiliki berat 149kg. Sektor dimensi dari motor cruiser ini dibuat secara ideal dengan ground clearance berukuran 170mm dan tinggi tempat duduk 740mm serta jarak sumbu roda adalah sebesar 1.405mm.




Motor ini menawarkan tampilan kuat dan gaya mewah diungkapkan dalam detail bagian-bagiannya. Bagi yang suka touring, tentunya Suzuki Intruder 150 merupakan pilihan paling tepat. Motor ini sangat nyaman dikendarai dan tidak melelahkan saat berkendara dalam waktu lama. Hal ini tidak lepas dari posisi stang kemudi yang dibuat tinggi dan sedikit mundur.


Suzuki Intruder 150 FI juga dibekali dengan kaki-kaki yang kuat dan kokoh, dimana dibagian depan motor ini menggunakan suspensi Teleskopik dan dibagian belakang motor ini menggunakan suspensi Swingarm. 




Kedua jenis suspensi tersebut selain akan memberikan kenyamanan yang lebih juga mampu menopang berat yang cukup besar, mengingat motor jenis cruiser memiliki berat yang lebih besar dibandingkan dengan motor biasa. Kedua suspensi tersebut juga akan memberikan keseimbangan maksimal serta mampu meredam setiap goncangan ketika melalui jalan yang berlubang dan tidak rata. 


Motor cruiser ini juga mengandalkan velg sporty dan gagah dengan ukuran 17 inci. Pada bagian depan, Suzuki akan menggunakan ban Tubeless berukuran 100/80, sementara itu ban belakangnya akan menggunakan tipe ban Radial Tubeless yang berukuran 140/60R. Motor ini tentunya sudah dilengkapi dengan rem yang berteknologi ABS.




Pada sektor ruang pacu motor gagah ini dilengkapi dengan komponen mesin handal. Salah satunya mesin 4 tak dengan silinder tunggal berteknologi SOHC dan berpendingin udara, dengan kapasitas kubikasi sebesar 154,9cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan power yang cukup baik, dimana mampu menghasilkan power hingga 14.8 Ps per 8000rpm dan mampu mencapai torsi maksimum 14 Nm per 6000rpm.


Mesin ini juga sudah menerapkan teknologi Fuel Injection yang dipastikan bakal membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit dan efisien. Juga telah disematkan tekonologi SEP (Suzuki Eco Performance) sebagai penunjang cara berkendara yang lebih optimal.


Harga dari Suzuki Intruder 150 FI ini cukup bersahabat sekali yaitu untuk varian FI (Fuel-Injection) dihargai sekitar Rp.22 juta sedangkan untuk varian Karburator dihargai lebih murah yaitu Rp. 21 juta. Sekedar informasi bahwa untuk varian yang akan muncul di Indonesia adalah varian FI. 


Nah sekian dulu review dari Suzuki Intruder 150 FI, Jangan lupa di SHAREdan di COMMENT.


Spoiler for Test Drive Suzuki Intruder 150 FI:



emoticon-Matabeloemoticon-Motretemoticon-Matabeloemoticon-Motretemoticon-Matabeloemoticon-Motret

2
3.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread15.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.