ikardusAvatar border
TS
ikardus
Rob Allyn dan Sosok Konsultan Asing yang Disindir Jokowi
CNN Indonesia | Senin, 04/02/2019 10:11 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden sekaligus calon presiden nomor urut 01 Joko Widodo tidak terima dengan tudingan antek asing menjelang Pilpres 2019. Jokowi justru mempertanyakan balik siapa yang jadi antek asing sesungguhnya.

Jokowi menyebut pihak-pihak yang selalu menggaungkan antek asing justru menggunakan konsultan politik asing. Namun dia tak merinci siapa pihak dimaksud yang memakai jasa konsultan politik asing.

Jokowi mengungkapkan hal itu di hadapan relawan Sedulur Kayu dan Mebel di Aula De Tjolomadoe, Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (3/2).


"Konsultannya konsultan asing. Terus yang antek asing siapa?" kata Jokowi.

Jokowi menyebut konsultan asing menggunakan strategi propaganda ala Rusia, yakni melakukan dengan menyebarkan kebohongan sebanyak-banyaknya sehingga membuat masyarakat menjadi ragu. Propaganda tersebut, kata Jokowi, yang akan memecah belah rakyat.

Lihat juga: Serangan Balik Jokowi Atas Propaganda Uni Soviet ala Prabowo

Beberapa waktu lalu sebelum Jokowi mengeluarkan 'uneg-uneg' tersebut, viral sebuah video Prabowo menyambut seorang pria warga negara asing (WNA) sesaat sebelum menyampaikan Pidato Kebangsaan di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Rabu (14/1).

Pria WNA dimaksud disebut-sebut sebagai Rob Allyn. Siapa Rob Allyn? Dia disebut-sebut sebagai konsultan politik Donald Trump di pemilu AS pada 2016.

Namun keberadaan Rob Allyn di acara Prabowo itu langsung dibantah Wakil Sekjen Partai Demokrat Rachland Nashidik.

Dia menyebut Prabowo mulanya menyambut kedatangan SBY. Tak lama, datang pria WNA mengenakan pakaian formal dan disalami Prabowo. Kata Rachland, pria itu merupakan perwakilan Kedutaan Besar Rusia untuk Indonesia.

"Namanya Artem Turkin. Perwakilan Kedubes Rusia," tutur Rachland melalui pesan singkat kepada CNNIndonesia.com.

Rachland menampik kedatangan Artem sebagai bentuk dukungan Rusia terhadap Prabowo dalam Pilpres 2019. Menurut dia, kehadiran Artem tidak bisa langsung diasumsikan demikian, karena banyak pula diplomat asing yang diundang selain dari Rusia.

Lihat juga: PDIP Klaim Jadi Saksi Mata Prabowo Didukung Konsultan Asing

Beberapa hari setelah itu, ketika debat capres perdana Pilpres 2019 digelar KPU di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Kamis (17/1), beredar pula foto pria WNA turut hadir menonton langsug.

Rob Allyn Pernah Bekerja untuk Prabowo

Rob Allyn sendiri pernah angkat suara dalam menanggapi tudingan sejumlah pihak pada 16 Juli 2014. Waktu itu, tudingan tak lepas dari kontestasi Pilpres 2014, antara Prabowo Subianto-Hatta Rajasa versus Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Dilansir dari New Mandala, Rob Allyn mengakui menjadi bagian tim pemenangan Prabowo-Hatta pada Pilpres 2014. Khususnya menangani iklan kampanye Prabowo-Hatta di media televisi.

Rob Allyn dalam tulisannya membantah tudingan menjadi dalang di balik bertebarannya isu hoaks, fitnah kepada Jokowi. Misalnya saja Jokowi PKI, Jokowi antek asing, hingga Jokowi beragama kristen dan keturunan China.

Rob Allyn mengaku pengemasan iklan kampanye yang dilakukan dengan terfokus, positif, dan bersih. Hal yang sama dia lakukan untuk kemenangan demokrasi yang dia tangani untuk negara-negara di Asia, Amerika Selatan, dan Karibia.

Lihat juga: Jokowi Sindir Penyewa Konsultan Asing dan 'Propaganda Rusia'

Atas pengakuannya tersebut, Rob Allyn membantah menjadi otak di balik serangan hoaks dan fitnah kepada Jokowi di Pilpres 2014. Dia mengaku bekerja tanpa noda, kecurangan, atau hal-hal negatif lainnya.

"Dalam pekerjaan kami untuk Prabowo, dan presiden, perdana menteri, partai, dan pemimpin dunia di empat benua selama tiga dekade, tidak ada noda, tidak ada kecurangan," kata Rob Allyn. (osc/gil)

sumber https://www.cnnindonesia.com/nasiona...isindir-jokowi
Diubah oleh ikardus 04-02-2019 12:30
2
2.8K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.2KThread40.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.