alexa-tracking
News
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
4.75 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
https://www.kaskus.co.id/thread/5c57b6aab41d30110f470cda/musisi-indonesia-galang-petisi-tolak-ruu-permusikan
Lapor Hansip
04-02-2019 10:51
Musisi Indonesia Galang Petisi Tolak RUU Permusikan
Past Hot Thread
 Musisi Indonesia Galang Petisi Tolak RUU Permusikan


Danilla Riyadi, 28, geram ketika mendengar kabar DPR sedang mempersiapkan Rancangan Undang-Undang Permusikan. Keponakan dari mendiang Dian Pramana Poetra itu mencatat setidaknya ada 19 pasal bermasalah di dalamnya.

Dia pun lantas membuat petisi lewat platform digital di situs Change.org dengan judul #TolakRUUPermusikan.

"RUU Permusikan: Tidak Perlu dan Justru Berpotensi Merepresi Musisi... Saya Danilla Riyadi, perwakilan dari teman-teman Koalisi Nasional Tolak Rancangan Undang-Undang Permusikan, bersama-sama menyusun petisi ini," demikian Danilla membuka petisi tersebut, dikutip Minggu (3/2).

Danilla lalu memaparkan 19 pasal bermasalah dalam draf RUU yang antara lain diusulkan Anang Hermansyah dan tim Komisi X DPR RI tersebut.

Anang adalah seorang musisi senior di belantika media arus utama Indonesia. Kiprah musik politikus PAN tersebut pun mengantar dirinya terkenal sebagai juri dalam kontes menyanyi yang pernah digelar di salah satu stasiun televisi swasta di Indonesia.

Sementara itu Danilla, yang dikenal sebagai musisi independen alias indie, menyatakan ia bersama kawan-kawannya dalam Koalisi Nasional Tolak RUU Permusikan menilai beleid yang tengah disusun itu pun berpotensi tumpang tindih dengan sejumlah undang-undang yang sudah ada.

"Seperti Undang-Undang Hak Cipta, Undang-Undang Serah-Simpan Karya Cetak dan Karya Rekam, dan Undang-Undang ITE. Parahnya, RUU ini bertolak belakang dengan Undang-Undang Pemajuan Kebudayaan, serta bertentangan dengan Pasal 28 UUD 1945 yang menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dalam negara demokrasi. Sungguh Rancangan Undang-Undang yang sangat bermasalah bagi dunia musik Tanah Air," tulis Danilla pada petisi tersebut.

"Kami bersepakat, bahwa tidak ada urgensi apapun bagi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI) dan Pemerintah untuk membahas dan mengesahkan sebuah RUU Permusikan seperti ini," sambungnya.

Hingga ditinjau pada Senin (4/2) pagi, tercatat sudah 13.494 orang yang menandatangani petisi yang dibuat Danilla tersebut di situs Change.org.

Danilla memaparkan pihaknya merangkum setidaknya empat masalah dari RUU Permusikan yakni keberadaan pasal karet, memarjinalisasi musisi independen dan berpihak pada industri besar, memaksakan kehendak dan mendiskriminasi termasuk lewat uji kompetensi dan sertifikasi, dan mengenai informasi umum dan mengatur hal yang tidak seharusnya diatur.
 
"Kesalahan-kesalahan ini menunjukkan kekurangpahaman para penyusun naskah RUU Permusikan tentang keanekaragaman potensi dan tantangan yang ada di dunia musik. Banyaknya pasal yang "mengatur hal-hal yang tidak perlu diatur" tersebut menunjukkan tidak diperlukannya RUU Permusikan," tulisnya dalam petisi tersebut.

 Musisi Indonesia Galang Petisi Tolak RUU Permusikan

Danilla menuliskan RUU Permusikan sendiri saat ini sudah masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas. Hal itu berarti RUU tersebut menjadi salah satu yang akan dibahas untuk segera disahkan.

"Informasi yang didapat saat ini menyebutkan bahwa peringkat RUU Musik sudah naik dari urutan 183 (di tahun 2018), menjadi urutan 48 di tahun 2019," tulis Danilla.

Ternyata, tak hanya lewat petisi. Perjuangan Danilla dkk itu pun dilakukan lewat sosialisasi protes mereka di akun Instagram. Mereka membuat akun Instagram khusus @koalisinasionaltolakruup. Mereka juga memainkan tanda pagar (tagar) #tolakRUUPermusikan dan #kntlruup.

Tercatat per Minggu (3/2) malam, jumlah musisi dan aktivis yang turut dalam koalisi nasional itu mencapai 267 orang. Selain itu, ada pula pendapat dari sejumlah musisi terhadap keberadaan RUU Permusikan. Beberapa di antaranya adalah Cholil Mahmud (Efek Rumah Kaca), Adrian Yunan, Jerinx (Superman is Dead), Rara Sekar, dan Mondo Gascaro.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...ruu-permusikan

 Musisi Indonesia Galang Petisi Tolak RUU Permusikan


Ada 19 Pasal Dianggap Bermasalah di Draf RUU Permusikan


 Musisi Indonesia Galang Petisi Tolak RUU Permusikan


Sebanyak 262 pelaku musik membentuk Koalisi Nasional Tolak RUU Pemusikan. Mereka menolak disahkannya RUU Permusikan karena dianggap dapat mencederai kebebasan berkarya dan tumpang tindih dengan aturan yang sudah ada.



Setidaknya ada 19 pasal yang dianggap bermasalah, pasal tersebut adalah pasal 4, 5, 7, 10, 11, 12, 13, 15, 18, 19, 20, 21, 31, 32, 33, 42, 49, 50, dan 51.

"Mulai dari ketidakjelasan redaksional atau bunyi pasal, ketidakjelasan 'siapa' dan 'apa' yang diatur, hingga persoalan mendasar dan jaminan kebebasan berekspresi dalam bermusik," ujar Rara Sekar dalam keterangan yang diperoleh detikHOT.
 Musisi Indonesia Galang Petisi Tolak RUU Permusikan
Selain itu, Koalisis Nasional RUU Permusikan juga menganggap adanya sejumlah masalah di dalam drafnya, yakni pasal karet, memarjinalisasi musisi independen dan berpihak pada industri besar, memaksakan kehendak dan diskriminasi, serta hanya memuat informasi umum dan mengatur hal yang tidak perlu diatur.

Pembuat RUU Permusikan juga dianggap tidak memayungi kepentingan semua musisi dan tidak paham mengenai keberbedaan dan keberagaman yang ada di industri musik independen.

"Referensi pembuatan RUU ini tidak paham gerakan dan napas kelompok musik bawah tanah," kata Endah Widiastuti dalam keterangan tersebut.

262 pelaku musik tersebut terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang berkecimpung di industri musik, di antaranya Rara Sekar, Puti Chitara, Danilla Riyadi, Cholil Mahmud, Mondo Gascaro, Charita Utami, Reda Gaudiamo, Arian, Bam Mastro, Teddy Adhitya dan lain-lain dari musisi.

Ada pula Tesla Manaf dari komposer, Wendi Putranto, Denny MR, Felix Dass dari penulis, Dimas Ario, Bayu Krisna dari manajer musik, Alvin Yunata dan David Tarigan dari pengarsip musik, hingga Soleh Solihun yang berbicara sebagai pecinta musik. 



10
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 4 dari 9
04-02-2019 16:36
Pantas aja sih dikritik abis2an sama banyak pelaku musik, bener2 membatasi kebebasan berekpresi dalam bermusik. Ditambah dengan point di pasal 32, ada uji kompetensi dalam bermusik? emoticon-Confused
0
Lihat 1 balasan
04-02-2019 16:38


Quote:Original Posted By itkgid
etdah sekarang bermusik aja udah mau ada larangannya.
jadi ingat quote yg selalu muncul di pilem warkop DKI jadul "tertawalah sebelum tertawa dilarang"


Parah emg jaman skrg
0
04-02-2019 16:41
Sertifikasi musisi. Lu di DPR dulu kudu sertifikasi sebelum caleg



emoticon-Ngakak
0
04-02-2019 16:46
Quote:Original Posted By urban21
Ora urus emoticon-Big Grin

Saya ga pernah jejal-jejalan nonton konser.

Mau nikmatin musik juga tinggal lihat di yutub. Pakai LCD 43inch + subwoofer juga dah jedag-jedug.
Kalo mau bawa ke mobil ya tinggal download

emoticon-Big Grin


emoticon-Shakehand2
Untuk musik doang bisa pakai spotify. Buat menikmati musik videonya bisa pakai youtube dengan AndroidTV 43inchi+ spekaer 5.1.
Hiburan paling menghibur adalah nonton film, dengerin, atau nonton musik video bersama keluarga tercinta di rumah tercinta. Masih kurang? Masih ingin pelarian ke tempat ramai, berdesak-desakan? Merasa bosan bersama keluarga? Jika sudah merasakannya, kita perlu wasada.
emoticon-Takut
Diubah oleh maverick4ever
0
04-02-2019 16:51
gw mendukung #TOLAKRUUPERMUSIKAN

gw bukan musisi hanya sebagai penikmat, kalo RUU ini sah jadi UU gatau lagi gw batasan apa aja kedepannya yang akan di jadikan uu sama DPR. musik aja di batasin coy emoticon-Kagets
0
04-02-2019 16:52
Kalo ini RUU bener2 disahkan, bakalan sepi negara ini, yg ada cuman anggota2 dewan yg cuap-cuap di forum mereka sendiri...
emoticon-Thinking
0
04-02-2019 16:53
Kok makin lawak negeri ini. Pantesan orang-orang Indonesia ramah kata orang asing, lha wong humoris suka ngelawak gini...
0
04-02-2019 16:57
mas anang dan bunda, sosok idola yang selalu di puja2 oleh penikmat musik rating di tivi emoticon-Cape d... (S)
 Musisi Indonesia Galang Petisi Tolak RUU Permusikan
0
04-02-2019 16:57
orjen tunggal sunatan harus pake promotor gitu?
0
Lapor Hansip
04-02-2019 16:58
Balasan post urban21
Quote:Original Posted By urban21


Ini penyanyi nasibnya malah ga jelas banget ya.

Punya suami orang Leste, tinggalnya di Leste, tapi kalo manggung cari recehan musti ke Indonesia.

Orang Leste nya sendiri apa pada ga kuat ya bayar panggung nih penyanyi...???



Emangnya dia mau dibayar pake pisang?
0
04-02-2019 16:59
haha gw mah ngikutin aja udah ..
0
04-02-2019 17:02
Anang mah gak paham tentang skena underground di indonsesia dan prestasi musisi-musisi di scene underground ini wkwkwk
0
04-02-2019 17:02
musisi ga mau diatur sono nyanyi di hutan

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka

udah kayak nastak kan?
-1
04-02-2019 17:04
paling emoticon-Ngakak kalo musisi mesti uji kompetensi...
emoticon-Ngakak

kayk anak SMK aja ada ujikom.....
emoticon-Ngakak
0
04-02-2019 17:13
setuju sih dgn tolak RUU itu, seorang musisi masa dibatasi dlm membuat lagunya, kecuali isi lagunya mengandung rasis #TOLAKRUUPERMUSIKAN
0
04-02-2019 17:15
sekarang apa2 di batesin, bahkan berkarya pun di batesin LOL emoticon-Leh Uga
0
04-02-2019 17:15
hati2 bray skrg ide2nya pada ngawur2 ntar ada UUD gak boleh pake sempakemoticon-Ngakak
0
04-02-2019 17:18
Harus adil, klo ada uji kompetensi untuk musisi...bikin juga uji kompetensi untuk bacaleg

Berani ga kira2?
0
04-02-2019 17:23
Quote:Original Posted By nekoyashikki
gw kagak ngerti kenapa pasal 5 dan 50 ikut di tolak? melarang penggunaan musik provokasi ga ada masalah harusnya, kebebasan berekspresi kan bukan berarti bebas menghina, menginjak orang lain emoticon-Bingung

kalau yg lain ya gw juga ga setuju, memang terlalu represif


Kalo lagu ini, ente setuju ga kalo di berangus? emoticon-Smilie

Ini lagu kan liriknya menghina dan menginjak orang lain? emoticon-Smilie
Quote:Namaku Bento rumah real estate
Mobilku banyak harta berlimpah
Orang memanggilku bos eksekutif
Tokoh papan atas, atas segalanya
(Asyik!)

Wajahku ganteng banyak simpanan
Sekali lirik oke sajalah
Bisnisku menjagal, jagal apa saja
Yang penting aku senang, aku menang
Persetan orang susah karena aku
Yang penting asyik
Sekali lagi
(Asyik!)

Khotbah soal moral omong keadilan
Sarapan pagiku
Aksi tipu-tipu, lobying, dan upeti
Wow, jagonya

Maling kelas teri, bandit kelas coro
Itu kantong sampah
Siapa yang mau berguru datang padaku
Sebut tiga kali namaku
Bento! Bento! Bento!
(Asyik!)

Namaku Bento rumah real estate
Mobilku banyak harta berlimpah
Orang memanggilku bos eksekutif
Tokoh papan atas, atas segalanya
(Asyik!)

Wajahku ganteng banyak simpanan
Sekali lirik oke sajalah
Bisnisku…

Diubah oleh filusufkacang
2
04-02-2019 17:24
pasal 5 sih keliatan bgt mereka anti kritik, pasal 18 bisa menghambat perjalanan musik indie di Indonesia nih
0
Halaman 4 dari 9
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.