• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Ternyata Mo Salah Hapus Twitter Demi Strategi Marketing Iklan DHL

DragonAvatar border
TS
Dragon
Ternyata Mo Salah Hapus Twitter Demi Strategi Marketing Iklan DHL
Penggemar sepakbola Inggris sempat kaget pada tanggal 22 Januari 2019, saat bintang Liverpool asal Mesir, Mohamed Salah, menghapus akun Twitternya. Top skorer sementara EPL tersebut menghapus akun twitter @MoSalah serta Instagramnya dan membuat semua pengikutnya bingung.


Mohamed Salah (mirror.co.uk)


Saat itu Salah membuat sebuah pesan yang sama yaitu "2019 Resolution: Time to get in touch, for real". Artinya adalah : Resolusi 2019, saatnya untuk untuk berhubungan, yang nyata. Banyak orang yang tidak mengerti setelah membaca isi pesan tersebut, dan berbagai teori akhirnya muncul.

Tweet Mohamed Salah (Twitter @MoSalah)


Dari beberapa teori yang muncul, ada yang dianggap masuk akal, contohnya :
  • Salah merasa kesal dengan kritik di media sosial tentang aksinya yang dianggap diving di kotak penalti saat bertanding melawan Crystal Palace. Dengan menghapus akun Twitter, dia tidak perlu menerima segala perhatian negatif yang dapat merusak konsentrasi.
  • Salah dianggap merasa perlu untuk berkonsentrasi kepada permainannya sehingga media sosial yang dianggap mengganggu perlu dihapus. Hal ini sesuai dengan tulisannya "resolusi 2019" yang biasa dilakukan saat seseorang akan berbuat hal yang positif.
  • Penghapusan akun media sosial ini dianggap sebagai protes atas bentrokannya dengan persatuan sepakbola Mesir atas masalah "image right" atau hak citra karena FA Mesir menggunakan fotonya di pesawat dengan sponsor resmi "WE" padahal Salah telah terikat dengan saingannya yaitu Vodafone.

Lawan Crystal Palace (sportbible.com)


Tapi ternyata semua teori diatas tidak ada yang benar. Hal ini terbukti karena akun media sosial Salah muncul kembali pada tanggal 25 Januari 2019, dan bahkan ada satu tweet baru yang mempromosikan iklan DHL. Ternyata penghapusan akun media sosial Salah sebelumnya dilakukan sebagai upaya strategi marketing iklan DHL saja. Dalam foto terbaru di Twitter Salah, dia terlihat sedang tersenyum dan akan membuka paket dari DHL yang baru datang.

Iklan DHL (Twitter @MoSalah)


Hal ini juga didukung oleh beberapa akun Instagram DHL seperti @dhlexpressegypt yang memberi caption "We’ve reached Mo Salah and we can connect you to him!" yang berarti "Kami berhasil menemukan Mo Salah, dan kami dapat menghubungkan anda dengannya".


Iklan Salah di DHL (Instagram @dhlexpressegypt)


Rupanya semua hal ini merupakan skenario pintar dari tim marketing DHL dalam mencari perhatian banyak orang dengan memberi kejutan dihapusnya akun Salah. Setelah perhatian banyak orang didapat, mereka baru mengeluarkan foto iklan terbaru Salah dengan paket DHL nya dan memberi dampak positif bagi pengenalan produk DHL kepada masyarakat luas.

Vodafone Mesir (as.com)


Mohamed Salah adalah salah satu bintang sepakbola terkenal di dunia yang mempunyai nilai marketing sangat tinggi. Dengan predikat pemain terbaik benua Afrika dua tahun berturut-turut, andalan timnas Mesir, pencetak gol terbanyak di EPL musim 2017-18 (dan top skorer sementara musim ini), bermain di klub sebesar Liverpool FC yang punya banyak penggemar di seluruh dunia, pemain Mesir ini merupakan sebuah mesin uang.


Top skorer EPL musim lalu (sportskeeda.com)


Tidak heran jika pemain sekalibernya sangat memperhatikan akun media sosial karena hal ini merupakan alat untuk menghasilkan uang. Jika akun media sosial seorang pemain mempunyai banyak followersatau pengikut, dia akan bisa meraih kontrak dengan nilai lebih tinggi saat mendapatkan endorsement. Salah dikenal sebagai bintang iklan bagi Vodafone Mesir, adidas, Falken Tires serta Uber, dan DHL menjadi satu perusahaan terbaru yang mengontraknya.

Iklan Uber Mesir (imfndclub.com)


Selain Salah, pesepakbola terkenal lainnya juga mengelola media sosialnya dengan profesional agar dapat menjaring banyak pendukung dan menerima berbagai endorsement. Cristiano Ronaldo merupakan pemain sepakbola dengan jumlah followers/pengikut terbanyak yaitu sebanyak 152 juta. Pengikut sebanyak itu merupakan bahan marketing yang sangat bernilai bagi perusahaan-perusahaan besar. Bintang lainnya yang juga mempunyai banyak pengikut antara lain Lionel Messi, Neymar, David Beckham, James Rodriguez, Gareth Bale, Zlatan Ibrahimovic, Ronaldinho, Luis Suarez dan sebagainya.

R

onaldo - Messi (goal.com)


Jadi bagi penggemar Mohamed Salah di media sosial tidak perlu terkejut, anda dapat mengikuti kembali akun Twitter dan Instagramnya. Bagi yang belum pernah menonton iklan Salah, silahkan tonton klip Youtube di bawah ini :


Sumber : Youtube Channel Egypt In English




Sumber : Youtube Channel Vodafone Egypt




Sumber : Youtube Channel adidas Football


Referensi :
  • Mirror.co.uk/sport/football/news/mohamed-salah-returns-social-media-13905949
  • Sportbible.com/football/news-reactions-salah-posts-cryptic-message-before-deleting-his-twitter-account-20190123

5
9K
61
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
23.1KThread11.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.