• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Siapa Saja Pemain Dalam 10 Transfer Terbesar Sepanjang Masa Di Klub Barcelona?

DragonAvatar border
TS
Dragon
Siapa Saja Pemain Dalam 10 Transfer Terbesar Sepanjang Masa Di Klub Barcelona?
Dari dahulu, Barcelona dikenal sebagai klub yang berhasil menelurkan bintang-bintang besar dari akademi sepakbola mereka. Akademi sepakbola La Masia telah menghasilkan pemain terkenal seperti Lionel Messi, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Sergio Busquets dan sebagainya, sehingga dianggap sebagai sekolah sepakbola yang sukses. Kesuksesan tersebut membuat klub untung besar karena mereka tak perlu membayar uang tambahan untuk transfer pemain. Barca hanya perlu membayar uang kontrak serta gaji pemain, tanpa mengeluarkan uang untuk transfer pemain bernilai besar maupun komisi untuk agen pemain.


Namun hal ini tak berarti Barcelona tak perlu membeli pemain dari klub lain. Contoh terbaru adalah pemain muda Frenkie de Jong yang dibeli dari Ajax Amsterdam dengan nilai transfer €75 juta. Pembelian tersebut membuktikan bahwa Barca tidak segan untuk merogoh kantungnya demi mendapatkan pemain yang diinginkan. Jika pemain hasil akademi La Masia dianggap kurang baik, mereka akan mencari dari klub lain.


Frenkie de Jong (sportskeeda.com)


Barcelona bukanlah klub miskin, dari laporan Deloitte Football Money League 2019, mereka berada di urutan kedua di bawah Real Madrid dan di atas Manchester United. Data itu diambil dari pendapatan klub musim 2017-18 yang dikumpulkan oleh perusahaan jasa bidang keuangan Deloitte. Hal ini berarti Barca bisa dengan mudah mengeluarkan dana besar untuk membeli pemain. Tapi Barcelona juga bukan klub kaya yang sering jor-joran membeli pemain dengan transfer mahal seperti PSG, Real Madrid, Manchester City serta Chelsea. Hal ini terjadi karena Barca lebih cermat dalam memilih pemain dibanding klub yang memiliki pemilik asing yang kaya raya..

Deloitte Football Money League 2019 (deloitte.com)


Artikel ini akan menerangkan siapa saja 10 pemain yang masuk ke dalam transfer terbesar dalam sejarah di klub Barcelona, yang dirangkum oleh jurnalis Scott Newman di website sportskeeda.com :


#10 Marc Overmars - €40 juta

Marc Overmars (sportskeeda.com)


Sayap asal Belanda ini dibeli oleh Barcelona dengan nilai yang sangat tinggi pada masanya yaitu €40 juta di bulan Juli tahun 2000. Transfer ini membuat Marc Overmars menjadi pemain Belanda paling mahal sepanjang masa saat itu. Berbarengan dengan Overmars, Barca juga memboyong pemain Prancis Emmanuel Petit dari klub yang sama yaitu Arsenal.

Kedatangan Overmars di Nou Camp terjadi di puncak kejayaannya, setelah dia memenangkan gelar ganda juara EPL serta FA Cup musim 1997/98 bersama Arsenal. Dia juga telah mencetak 41 gol selama 3 musim membela The Gunners, sehingga nilai transfer besar ini dianggap sesuai dengan kualitasnya.

Sayangnya permainan Overmars di Barca tidak sesuai harga karena dia hanya mempersembahkan 19 gol selama 4 musim. Hal ini terjadi karena berbagai faktor seperti cedera, pergantian taktik dan manajemen yang membuatnya tidak konsisten. Walau dia merupakan pemain yang masih dihargai, Overmars tak pernah mendapat tropi selama bermain di Barcelona.

#9 Paulinho - €40 juta

Paulinho (sportskeeda.com)


Fans Tottenham Hotspur merinding setelah mendengar berita bahwa Barcelona membayar klub asal Chinese League, Guangzhou Evergrande, sebesar €40 juta untuk merekrut Paulinho. Alasannya karena Paulinho dianggap pemain yang gagal selama bermain di Spurs, dan harga £17 juta yang dibayar saat membelinya dari Corinthians dianggap sia-sia. Akibatnya Paulinho dijual setelah hanya bermain 2 musim di EPL.

Setelah bermain 3 musim di China, Paulinho dianggap layak bermain untuk tim sebesar Barcelona. Di klub Catalan tersebut, dia bermain sebanyak 49 kali dan menyumbang 9 gol, dan bisa dianggap sukses. Anehnya, dia kembali ke klub Guangzhou Evergrande dengan status dipinjam, dan akhirnya dibeli lagi secara resmi dengan harga €42 juta. Artinya pemain Brasil ini hanya bermain satu musim saja di Barcelona.

#8 David Villa - €40 juta

David Villa (sportskeeda.com)


David Villa adalah striker ternama yang memperoleh nama besar saat memperkuat Valencia dan mencetak 28 gol dalam 45 pertandingan pada musim 2009-10. Total dia menyumbang 129 gol dalam 225 pertandingan selama 5 tahun sehingga dia dibeli oleh Barca dengan harga €40 juta di tahun 2010. Beberapa bulan setelah transfer tersebut, dia menjadi juara Piala Dunia 2010 serta mencetak 5 gol dalam turnamen tersebut.

Saat dia diperkenalkan di Nou Camp, 35 ribu pendukung Barca menyaksikannya saat dia diperkenalkan. Di pertandingan pertamanya, dia mendapat tropi pertama yaitu juara Supercopa de Espana Villa juga mencetak gol di pertandingan debut La Liga serta Liga Champion, dan di akhirnya dia memenangkan kedua kompetisi tersebut bersama Barcelona serta mempersembahkan 23 gol.

Musim berikutnya dia mengalami cedera tulang tibia sehingga jarang dimainkan, tapi pada musim 2012-13, dia kembali bermain cemerlang dan mencetak 16 gol, sebagian besar dilakukan sebagai pemain pengganti. Akhirnya setelah 3 musim bermukim di klub tersebut, Villa pindah ke Atletico Madrid.

#7 Malcom - €41 juta

Malcom (sportskeeda.com)


Salah satu pemain anyar Barcelona yang dibeli musim panas 2018 adalah pemain sayap Malcom yang ditransfer dari Bordeaux dengan harga €41 juta. Dengan usia muda 21 tahun, reputasi Malcom lumayan besar, karena di klub sebelumnya dia telah mencetak 12 gol dan menyumbang 7 assists dalam 35 pertandingan.

Sayangnya pemain Brasil ini belum beradaptasi dengan sempurna di Barcelona, hingga tulisan ini diturunkan, dia hanya bermain 1 kali sebagai starter di La Liga. Untungnya dia masih mempunyai banyak waktu untuk membuktikan nilai besar transfernya karena dia masih muda. Beberapa klub juga tertarik meminangnya seperti Tottenham Hotspur, Arsenal, dan Everton yang berniat untuk membelinya ataupun meminjamnya.


#6 Zlatan Ibrahimovic - €69.5 juta

Zlatan Ibrahimovic (sportskeeda.com)


Salah satu penyerang terbaik di generasinya, Ibra direkrut Barcelona dari Inter Milan pada musim panas tahun 2009 dengan nilai transfer sebesar €69,5 juta. Pemain ini juga ditukar dengan Samuel Eto'o yang pindah ke Inter Milan. Di klub sebelumnya, Ibra mencetak 25 gol serta memimpin Inter menjadi Scudetto di Serie A. Dia juga dianugrahi gelar Pemain Terbaik Tahun Ini serta Pemain Asing Terbaik Tahun Ini di kompetisi tersebut.

Pemain asal Swedia ini diproyeksikan sebagai berlian di komposisi pemain asuhan Pep Guardiola, tapi kenyataan tidak berjalan seperti skenario. Walau dia sukses dengan mencetak total 21 gol dalam 45 pertandingan, mencetak 5 gol dalam 5 pertandingan awal, mempersembahkan gol kemenangan terkenal dalam El Clasico melawan Real Madrid, dan menjadi juara La Liga di musim debutnya, perjalanannya di Barca berakhir dengan pahit.

Ibra terlihat adu mulut dengan Guardiola ketika Barcelona tersisih dari tim lamanya Inter Milan di semifinal Liga Champions. Akhirnya dia dipinjamkan ke AC Milan di musim panas 2010, dan di akhir musim tersebut dijual secara permanen.

#5 Frenkie De Jong - €75 juta

Frenkie De Jong (sportskeeda.com)


Frenkie De Jong merupakan pemain Ajax kesekian yang dibeli oleh Barcelona, mengikuti pendahulunya seperti Johan Cruijff, Johan Neeskens, Richard Witschge, Frank & Ronald De Boer, dan Jasper Cillessen. Dia juga pemain ke 19 yang berasal dari Belanda dan bermain untuk tim ini.

Musim ini, De Jong telah bermain cukup baik di Ajax Amsterdam. Gelandang berusia 21 tahun ini telah menyumbang 3 gol dan 1 assists dalam 17 pertandingan, melakukan sukses passing sebesar 92,3% , dan membukukan rata-rata nilai 7,56 di whoscored.com. Manchester City, PSG serta Barcelona juga harus berjuang untuk memperebutkan tandatangannya sebelum akhirnya dia memutuskan mengikat kontrak dengan Barcelona.

De Jong baru akan mulai bermain di Barca pada awal musim 2019-2020. Bagaimana kiprahnya, belum bisa kita lihat, tapi jika dia sukses, dia akan menjadi pemain penting Barca di tahun-tahun mendatang.

#4 Luis Suarez - €81,7 juta

Luis Suarez (sportskeeda.com)


Penyerang asal Uruguay ini memulai karirnya di Barcelona dengan dinaungi awan kelabu. Setelah direkrut pada bulan Juli 2014, dia baru bisa bermain pada bulan Oktober karena mendapat larangan bermain setelah insiden mengigit Giorgio Chiellini di Piala Dunia 2014. Tapi akhirnya sukses ditorehnya selama 4 setengah musim bermain di Barcelona.

Mantan pemain Liverpool ini mencetak gol dalam jumlah yang fantastis, 167 gol dalam 225 pertandingan. Pada masa jayanya di musim 2015-16, dia bahkan mampu menyumbang total 59 gol dalam 53 pertandingan di semua kompetisi. Selama memperkuat Barca, Suarez telah mendapatkan 3 gelar juara La Liga, 4 juara Copa del Rey serta 1 juara Liga Champion.

Dengan usia 32 tahun, banyak yang menganggap masa jaya Suarez sudah dekat, tapi bahkan sekarang dia telah meraih 15 gol dalam 20 pertandingan musim ini. Ini juga termasuk hattrick saat melawan Real Madrid, yang membuatnya menjadi pemain yang mencetak 3 gol di El Clasico setelah Romario Faria pada tahun 1994.

#3 Neymar - €88,2 juta

Neymar (sportskeeda.com)


Transfer superstar Brasil ini dari Santos di tahun 2013, mungkin merupakan salah satu yang paling penuh kontroversi. Semula nilainya hanya €57 juta saja, tapi kemudian Barca harus menambah €40 juta lagi ke orang tua Neymar. Hal ini membawa kekacauan terhadap klub tersebut, hingga mendapat masalah kasus penipuan pajak. Tapi di luar segala masalah di luar lapangan, Neymar bermain bagus.

Di awal musim 2013-14, Neymar menggunakan waktu untuk menyesuaikan diri, dan hanya berhasil mencetak 9 gol dalam 41 pertandingan. Tapi musim berikutnya yaitu 2014-15, Neymar menjadi anggota trio penyerang berbahaya MSN bersama Lionel Messi dan Luis Suarez, dan dia mampu mencetak 39 gol yang membawa Barca juara La Liga, Liga Champions serta Copa de Rey.

Di musim selanjutnya, Neymar menjadi pemenang ketiga Ballon d'Or, dan membawa Barcelona meraih juara ganda musim 2015-16 serta 2016-17. Akhirnya dia dijual ke PSG dengan transfer yang memecahkan rekor dunia sebesar €222 juta, yang berarti Barcelona mendapatkan untung besar.

#2 Ousmane Dembele - €120 juta

Ousmane Dembele (sportskeeda.com)


Dengan berbekal dana besar €222 juta hasil penjualan Neymar ke PSG, hal pertama yang dibuat oleh Barcelona adalah membeli Ousmane Dembele seharga €120 juta dari Borussia Dortmund. Hal ini membuat pemain berusia 20 tahun ini menjadi pemain dengan transfer terbesar kedua sepanjang masa saat itu. Ini merupakan langkah judi besar bagi Barcelona, karena pembelian pemain muda dengan harga semahal itu belum tentu menghasilkan keuntungan.

Musim pertamanya tentu tidak bisa disebut sukses, dia mendapat cedera hamstring di pertandingan debut sehingga harus absen selama 4 bulan. Walau dia kembali bermain dan ikut memenangkan gelar juara La Liga, Dembele hanya dapat memperoleh 4 gol dalam 24 penampilan di musim pertama.

Musim 2018-19 terlihat lebih baik baginya, kini dia telah mencetak 13 gol dalam 27 pertandingan di semua kompetisi. Masih butuh usaha besar untuk memperlihatkan bahwa kualitasnya sesuai harganya, tapi kita tak bisa menganggap remeh pemain ini.

#1 Philippe Coutinho - €135 juta

Philippe Coutinho (sportskeeda.com)


Sebuah transfer yang dilakukan setelah penjualan Neymar, Philippe Coutinho menjadi pemain dengan transfer terbesar sepanjang masa di Barcelona. Mereka membeli pemain Brasil ini dengan harga €135 juta dari Liverpool pada bulan Januari 2018. Coutinho bermain sangat baik selama 6 musim di klub lamanya, dan menjadi Pemain Terbaik Tahun Ini di musim 2014-15 dan 2015-16.

Dia bermain cukup baik di setengah musim pertamanya dengan menyumbang 8 gol dan 5 assists dalam hanya 18 pertandingan. Tapi di musim berikutnya, penampilan Coutinho menurun dan hanya bisa mencetak 4 gol di La Liga dan hanya bermain di 12 pertandingan saja. Sepertinya dia belum mampu keluar dari tekanan besar sebagai pemain termahal, dan belum mampu memperlihatkan kehebatannya seperti yang dilakukan di Liverpool. Walaupun begitu, Coutinho mampu mencetak gol ke gawang Real Madrid saat Barcelona menang besar 5-0.

Dalam pertandingan Copa del Rey leg kedua melawan Sevilla pada tanggal 30 januari 2019, Coutinho berhasil mencetak 2 gol dalam kemenangan 6-1. Mungkin ini merupakan pertanda awal kebangkitannya.

Referensi : sportskeeda.com/football/barcelona-10-most-expensive-signings-ss
2
6K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
SportsKASKUS Official
22.9KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.