ikardusAvatar border
TS
ikardus
'Fiksi Adalah' Trending di Google Setelah Kontroversi Rocky Gerung, Apa Maksudnya?
TRIBUNNEWS.COM - Fiksi adalah .....? Defisini apa itu fiksi ramai dicari di mesin pencari (search engine) Google setelah heboh kontroversi Rocky Gerung sebut kitab suci adalah fiksi sehingga berujung pelaporan ke polisi atas tuduhan penistaan agama.

Pantauan TribunStyle.com, kata kunci 'fiksi adalah ..." muncul di tending topic Google Jumat malam hingga Sabtu pagi 2 Februari 2019.
Banyak orang penasaran, apa sebenarnya definisi dari fiksi?
Selain definisi apa itu fiksi, Google diramaikan juga dengan pencarian definisi apa itu fiktif?

Dua kata dengan ejaan dan bunyi mirip tersebut sama-sama ramai dicari di Google, setelah Rocky Gerung menyebut mereka yang menuduh dirinya menista agama itu tidak bisa membedakan antara fiksi dan fiktif.

"Intinya adalah mencari klarifikasi tentang istilah fiksi, itu intinya. Berulang kali saya terangkan karena berulang kali ditanyakan apa makna fiksi. Rupanya si pelapor itu gagal paham beda antara fiksi dan fiktif," kata Rocky setelah diperiksa di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat 1 Februari 2019.


kata kunci fiksi ramai dicari di Google (Google Trending)

Pantauan TribunStyle.com, search engine Google sendiri menyediakan definisi fiksi sebagai berikut :

Fiksi adalah cerita atau latar yang berasal dari imajinasi—dengan kata lain, tidak secara ketat berdasarkan sejarah atau fakta. ... Kebenaran dalam karya fiksi tidak harus sejalan dengan kebenaran yang berlaku di dunia nyata, misalnya kebenaran dari segi hukum, moral, agama, logika, dan sebagainya.


Sementara begini definisi fiksi menurut Wikipedia Indonesia

Fiksi bisa dieskpresikan dalam beragam format, termasuk tulisan, pertunjukan langsung, film, acara televisi, animasi, permainan video, dan permainan peran, walaupun istilah ini awalnya dan lebih sering digunakan untuk bentuk sastranaratif, termasuk novel, novella, cerita pendek, dan sandiwara.

Fiksi biasanya digunakan dalam arti paling sempit untuk segala "narasi sastra".
Karya fiksi merupakan hasil dari imajinasi kreatif, jadi kecocokannya dengan dunia nyata biasanya diasumsikan oleh audiensnya.

Kebenaran dalam karya fiksi tidak harus sejalan dengan kebenaran yang berlaku di dunia nyata, misalnya kebenaran dari segi hukum, moral, agama, logika, dan sebagainya.

Sesuatu yang tidak mungkin terjadi di dunia nyata bisa saja terjadi di dunia fiksi.


Dengan demikian, fiksi umumnya tidak diharapkan untuk hanya menampilkan tokoh yang merupakan orang nyata atau deskripsi yang akurat secara faktual.
Alih-alih, konteks fiksi, yang tidak persis berpatokan pada dunia nyata, secara umum dipahami sebagai sesuatu yang lebih terbuka terhadap interpretasi.

Tokoh dan peristiwa di dalam dunia fiksi mungkin berlatar di dalam konteks mereka sendiri yang sepenuhnya terpisah dari dunia nyata: suatu semesta fiksiyang mandiri.

Fiksi merupakan lawan kata untuk nonfiksi, yang tokoh-tokohnya memegang tanggung jawab untuk hanya menampilkan fakta sejarah dan faktual; akan tetapi, perbedaan antara fiksi dan nonfiksi bisa menjadi tidak jelas, misalnya dalam sastra pascamodern.
(TribunStyle.com/ *)

sumber http://www.tribunnews.com/nasional/2...-apa-maksudnya
tien212700
tien212700 memberi reputasi
1
3.1K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.8KThread40.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.