noisscatAvatar border
TS
noisscat
Wakini Ketahuan Berbohong, Ganjar Temukan Nasi Goreng Seusai Mengeluh Tak Punya Beras


Rabu, 30 Januari 2019.

Wakini tersipu malu saat warga Desa Klidang Lor Kabupaten Batang ini ketahuan berbohong.
Tak tanggung-tanggung, kebohongan Wakini tersebut dibongkar langsung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat dirinya berkunjung ke lokasi terdampak banjir di desa tersebut, Rabu (20/1/2019).

Awalnya, di sela berbincang dengan warga setempat, tak sedikit di antara mereka yang mengadu, mengeluh bila belum memperoleh bantuan logistik pemerintah.

"Saya belum makan, Pak. Karena beras tidak ada, jadi tidak bisa masak. Semua barang-barang saya terkena air," tutur Wakini sembari menggendong anaknya, kepada Ganjar.

Ganjar pun spontan menanggapi pernyataan Wakini itu. Dia meminta untuk menunjukkan di mana rumah warga tersebut.

" Pundi daleme, Bu? Tak pengen lihat benar apa enggak tidak ada nasi," ujar Ganjar.

Diminta itu, Wakini pun menunjukkan lokasi dan mengantarkan Ganjar beserta beberapa rombongan, menuju rumahnya. Setibanya di rumah Wakini, ditemani Bupati Batang Wihaji , Ganjar menyasar ke arah dapur.

Di dapur, Ganjar terbengong kaget karena mendapati ada nasi goreng yang masih berada di sebuah wajan.

" Lha niki nopo, Bu? Katanya tidak punya beras, tidak bisa makan, ini sudah ada nasi goreng lho," ucap Ganjar.

Mendapati hal tersebut, seakan menutupi rasa malu karena ketahuan berbohong, Wakini berkilah bila nasi goreng itu adalah masakan milik ibunya.

Karena tetap ngotot dan enggan mengakui kebohongannya, Ganjar pun mencoba menasihati Wakini.

"Tidak boleh bohong ya, Bu. Jika memang tidak punya, kami akan berikan bantuan. Pemerintah pasti akan membantu untuk yang benar-benar membutuhkan," tutur Ganjar.

Dikatakan Ganjar, prinsipnya pemerintah siap membantu masyarakat yang terdampak bencana.
Tetapi apabila ada mereka yang masih bisa bergerak, masih bisa makan, pihaknya akan tetap mengatakan mereka masih mampu, bukan skala prioritas untuk diberi bantuan.

"Ini nilai kejujuran yang harus dipegang siapapun," tutup Ganjar mengakhiri nasihatnya kepada warga yang ketahuan berbohong itu.

http://jateng.tribunnews.com/2019/01...ak-punya-beras



Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menerima berbagai keluhan dari warga korban banjir daat melakukan tinjauan di Desa Karangasem Utara Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Rabu (30/1/2019). Didampingi Bupati Batang Wihaji, Kepala BPBD Jateng Sudaryanto, Ganjar mendengarkan satu persatu keluhan warga.

“Banjirnya dalam pak, kemarin-kemarin tinggi air sampai sedada. Basah semua pak ndak ada yang bisa diselamatkan,” kata Surti, 60, warga setempat.
Meski sekarang kondisinya sudah surut, namun warga masih kesulitan untuk beraktivitas seperti biasanya. Bahkan, Surti meminta bantuan kasur kepada Ganjar.

Pak kasurnya basah semua, ndak bisa tidur pak. Tolong dibantu kasur pak,” ucapnya didukung warga lainnya. Menanggapi hal itu, Ganjar mengatakan jika yang paling utama adalah kebutuhan pokok. Dia ingin memastikan seluruh korban bencana tidak kekurangan bahan pangan hingga tidak bisa makan.

“Kasur ngko sek, nek teles ya dijemur, nek rusak tuku neh. Sing penting saiki kabeh do sehat, iso mangan kabeh. (kasur nanti dulu, kalau basah dijemur, rusak beli lagi, yang penting sekarang semua sehat dan bisa makan semuanya)” ucap Ganjar.

Saat perbincangan itu, tiba-tiba ada seorang perempuan yang nyeletuk kepada Ganjar dan mengaku belum makan. Saat ditanya apakah sudah masak atau belum, perempuan bernama Wakini, 35, itu mengatakan belum masak karena tidak punya beras.

Sing jujur, nduwe beras tenan ora? Ojo ngapusi (yang jujur, punya beras beneran tidak, jangan berbohong),” tanya Ganjar. “Benar pak, berasnya hanyut kena banjir,” jawab Wakini.

Mendengar jawaban itu, Ganjar tak langsung percaya. Untuk memastikan ucapan Wakini benar, dia lantas mengajak Wakini ke rumahnya. Sesampainya di rumah Wakini, Ganjar langsung masuk ke bagian dapur dan mendapati ada nasi goreng yang masih hangat di atas pengorengan.

“Lha ini ada nasi goreng, kok bilang ndak punya nasi untuk dimakan, kok bilang belum makan? Ini kan masih bisa dimakan untuk keluarga. Tolong jujur, jangan mendramatisir saat bencana seperti ini,” pinta Ganjar.

#Tekankan Kejujuran

Pada kesempatan itu, Ganjar meminta betul agar masyarakat dapat bersikap jujur meski dalam kondisi tertimpa bencana. Dengan kejujuran, masyarakat akan tangguh menghadapi bencana dan tidak hanya duduk manis berpangku tangan mengharapkan bantuan datang.

“Setiap (ada) bencana pasti semua butuh bantuan, tapi bantuan jangan sampai dijadikan satu persoalan sehingga semua berteriak saya belum, prinsipnya pemerintah siap. Kalau masih bisa bergerak, masih bisa obah lan mamah, kita harus mengatakan kita mampu,” tegasnya.

Dia juga meminta masyarakat bisa bersama-sama saling bantu dan bergotong-royong. Jika memang masih ada yang bisa dimanfaatkan, jangan mengatakan tidak ada. “Sehingga yang benar-benar tidak punya akan kami bantu. Dengan begitu bantuan-bantuan itu menjadi tepat sasaran,” tukasnya.

Tak hanya dengan tangan kosong, di lokasi tersebu Ganjar juga memberikan sejumlah bantuan seperti mie instan, sarung, selimut dan kebutuhan lainnya. Ganjar juga memberikan uang tunai kepada kepala desa untuk digunakan membeli beras dan dibagi kepada warga yang benar-benar membutuhkan.

http://seputarsemarang.com/korban-ba...reng-di-dapur/



emoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Ugaemoticon-Leh Uga

wakini wayakini walihati wanasi gorengi di wajani
Diubah oleh noisscat 31-01-2019 13:35
tien212700
tien212700 memberi reputasi
19
10.9K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670.7KThread40.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.