mendoan76Avatar border
TS
mendoan76
Haris Azhar Tak Takut Dicap Pro-Prabowo karena Bela Rocky Gerung
Haris Azhar Tak Takut Dicap Pro-Prabowo karena Bela Rocky Gerung*

Hetanews
2019/01/31 12:36

Jakarta, hetanews.com - Advokat pembela hak asasi manusia (HAM), Haris Azhar, tak khawatir dicap pro-Prabowo Subianto-Sandiaga Uno hanya karena dirinya menjadi pengacara Rocky Gerung. Baginya, dituduh berpihak ke salah satu kubu bukanlah pengalaman baru.

"Kalau soal kesan, soal cara pandang orang, atau dituduh, saya sudah kenyang. Empat tahun lalu saya dituduh bela Jokowi karena mengkritisi Prabowo," kata Haris Azhar kepada wartawan, Kamis (31/1/2019).

Haris kini menjadi direktur eksekutif lembaga advokasi dan pendampingan pembelaan HAM bernama Lokataru. Sebelumnya, dia dikenal sebagai koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS). Dia pernah mengkritisi Prabowo dari perspektif pelanggaran HAM pada kesempatan yang lalu, gara-gara itu dia dulu dicap sebagai pendukung Jokowi.

Sekarang, Haris menjadi pengacara Rocky Gerung, sosok yang belakangan sering tampil di acara-acara Prabowo-Sandiaga. Haris tak peduli dengan aktivitas Rocky bersama kubu Prabowo-Sandi.
"Dedikasi saya cuma buat hukum dan HAM, saya tidak peduli yang jadi korban berasal dari kelompok yang mana, saya tidak peduli. Pilihan politik adalah bagian dari HAM juga, kita mesti hormati," kata Haris.

Bahkan dia memandang Rocky bukan sebagai sosok pendukung capres-cawapres tertentu, melainkan sosok yang mampu berpikir rasional. Rocky kritis terhadap siapapun. Untuk saat ini, Jokowi yang menjadi capres petahana juga dikritik Rocky. Kalau saja Jokowi-Ma'ruf menginginkan Rocky tampil di acaranya, maka Rocky dinilainya bakal bersedia.
"Kalau Rocky diundang pihak 01 (Jokowi-Ma'ruf) dia akan datang, tapi Rocky tidak pernah diundang," kata Haris.

+++++

*Bela Rocky Gerung, Haris Azhar Tetap Akan Golput di Pilpres 2019*

REPORTER: BUDIARTI UTAMI PUTRI
EDITOR: TULUS WIJANARKO
KAMIS, 31 JANUARI 2019 15:51 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Direktur Eksekutif Lokataru, lembaga advokasi dan pembelaan hukum dan HAM, Haris Azhar tak khawatir dianggap mendukung pasangan calon presiden-wakil presiden Prabowo Subianto - Sandiaga lantaran menjadi pengacara Rocky Gerung. Haris mengatakan Rocky sebenarnya independen kendati dia kerap dianggap mendukung pasangan calon nomor urut 02 itu.

"Bahwa dia sering diundang 02, ya dia hadir. Nah 01 (kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin) kan enggak pernah mengundang dia," kata Haris kepada Tempo, Kamis, 31 Januari 2019. Haris mengatakan Rocky Gerung adalah seorang edukator dan punya rekam jejak panjang mengisi pelbagai diskusi dan pelatihan.

Haris mengatakan sebenarnya Rocky Gerung lebih banyak tampil tempat dan forum netral lain yang didatangi Rocky ketimbang acara-acara politik. "Dan dia orang yang membongkar cara berpikir, itu memang core kompetennya dia. Jadi dia ke mana-mana rumusnya sama."

Haris mengatakan sudah menjadi risiko jika dia kemudian dianggap mendukung kubu Prabowo lantaran membela Rocky Gerung. Dia menegaskan yang dibela adalah kebebasan berpikir dan berpendapat. Dia menganggap dilaporkannya Rocky karena menyebut kitab suci sebagai fiksi adalah ancaman terhadap kebebasan berpikir dan berpendapat itu.

Haris mengimbuhkan, dalam konteks pemilihan presiden 2019, dia akan tetap tak memilih alias golput seperti yang disuarakannya selama ini. "Saya golput aktif, saya datang ke TPS dan saya akan coblos di luar kotak."

Rocky Gerung dilaporkan ke polisi atas dugaan penistaan agama. Laporan ini berangkat dari pernyataan Rocky di sebuah stasiun televisi swasta yang menyebut kitab suci sebagai fiksi pada April tahun lalu.

BUDIARTI UTAMI PUTRI
https://www.google.co.id/amp/s/nasional.tempo.co/amp/1170861/bela-rocky-gerung-haris-azhar-tetap-akan-golput-di-pilpres-2019
++++

Hem gimn koment agan2
Akankah om rocky masuk bui setelah om dhani?...
Jdi inget apa kate om rocky kmarin malem...Too Many Cooks Spoil The Broth
Diubah oleh mendoan76 31-01-2019 11:50
tien212700
tien212700 memberi reputasi
6
7.4K
67
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.