• Beranda
  • ...
  • Games
  • Piala Presiden Esports 2019, Kompetisi dari Pemerintah untuk Gamer Indonesia

kaskus.gamesAvatar border
TS
kaskus.games
Piala Presiden Esports 2019, Kompetisi dari Pemerintah untuk Gamer Indonesia


Siapkan dirimu buat Piala Presiden Esports 2019, Gan! Ajang ini merupakan bentuk perhatian pemerintah terhadap gamer dan industri eSport di Indonesia. Gak main-main, kompetisi ini berjalan dari kolaborasi antara Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF), Kementerian Pemuda dan Olahraga (KEMENPORA), Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Komunikasi dan Informatika (KEMENKOMINFO), dan Indonesia Esports Premier League (IESPL). Blibli.com dan BCA juga akan mendukung penyelenggaraan event eSport terbesar di Indonesia yang digelar dari Januari hingga Maret 2019 ini.

Mobile Legends: Bang Bangdipilih sebagai game yang dipertandingkan karena menjadi salah satu MOBA yang banyak dimainkan gamer Indonesia. Akan ada dua level yang dipertandingkan, yaitu regional dan profesional.

Level regional akan dipertandingkan secara online dan offline di delapan kota yaitu Bali, Surabaya, Yogyakarta, Palembang, Bekasi, Makassar, Pontianak, dan Manado. Pada babak kualifikasi online, 512 tim di masing-masing kota dibagi menjadi 2 grup berisikan 256 tim yang akan meloloskan 32 tim dari tiap grup untuk lanjut ke kualifikasi offline. Sistem yang digunakan adalah Single elimination dengan format Best-of-1 kecuali Semifinal dan Grand Final menggunakan format Best-of-3. Masing-masing kota akan meloloskan 1 tim untuk maju ke main event. Tim terbaik dari masing-masing kota kualifikasi akan mengikuti bootcamp dengan pelatih dan manajer ahli IESPL.

Sementara level professional mempertemukan 256 tim Mobile Legends terbaik se-Indonesia yang akan dibagi dalam 2 grup dan dipertandingkan secara online. Di setiap grup akan diambil 2 tim teratas untuk melaju ke babak 2 kualifikasi tim profesional online yang berisikan 12 tim undangan IESPL dan akan memperebutkan 8 tempat menuju grand final. Babak ini menggunakan skema Round Robin dan akan dibagi ke dalam 2 grup dengan skema Best-of-2. Tim pemenang mendapatkan 2 poin, hasil imbang berbagi 1 poin, dan 0 poin untuk tim yang kalah. Tim dengan poin sama akan ditentukan lewat head to head, jumlah K/D/A, dan yang terakhir jumlah pendapatan gold.

8 tim hasil kualifikasi kota dan 8 tim hasil kualifikasi tim profesional akan bertanding di main event Piala Presiden pada 30 - 31 Maret 2019 dengan sistem Single Elimination dan format Best-of-3. Grand Final akan menggunakan skema Best-of-5.


Presiden IESPL Giring Ganesha, Chief Executive Officer Blibli.com Kusumo Martanto, Kepala KSP Moeldoko, Ahmad Abdurrahman (Maungzy) dari AlterEgo esports team, Menteri KEMENKOMINFO Rudiantara, Executive Vice President Corporate Social Responsibility BCA Inge Setiawati, Tobias Justin (JessNoLimit) dari EVOS esports team, Menteri KEMENPORA Imam Nahrawi, Kepala BEKRAF Triawan Munaf pada acara Press Conference Piala Presiden Esports 2019 di Aula Gedung III Kementerian Sekretariat Negara, Senin (28/9).

Ajang ini gak cuma mencari tim eSport terbaik di Indonesia, tapi juga berguna untuk membekali pengetahuan dan pengalaman bagi pesertanya. Piala Presiden Esports 2019 digelar dengan tujuan menciptakan serta mewadahi ekosistem esports Indonesia yang semakin berkembang, juga agar lebih siap berlaga di tingkat dunia. Bahkan, Presiden RI Jokowi juga memberi perhatian terhadap eSport sebagai salah satu peluang yang patut dimanfaatkan oleh insan muda untuk berkembang, berkompetisi dengan kreatif, sportif, dan mampu berkontribusi dalam ekonomi.

“Setelah gelaran Asian Games tahun lalu, Presiden Joko Widodo menaruh perhatian besar pada e-Sports dan melihat akan adanya potensi besar dari industri ini demi kemajuan Indonesia,” kata Kepala Staf Kepresidenan, Dr Moeldoko. Dengan penyelenggaraan acara ini, Presiden berharap Indonesia punya bibit-bibit unggul di bidang eSport.

eSport yang sudah marak di luar negeri kini mulai mempengaruhi generasi millennial di Tanah Air. Konotasi negatif bermain game perlahan luntur karena pada kenyataannya esport membawa pembaharuan bagi kultur anak muda, bahkan telah menjadi pertandingan eksibisi di ajang olahraga lingkup Asia.

Tunggu apalagi Gan, tunjukin kalau tim eSport lo bisa bersaing di tingkat nasional lewat Piala Presiden Esports 2019. Dengan pembekalan dari IESPL dan pengalaman dari ajang ini, gak menutup kemungkinan kalau lo juga bisa berprestasi di ajang eSport internasional. Cek aja jadwal lengkapnya di https://iespl.id/pialapresiden dan jangan sampai kelewatan kualifikasi di kota lo!
5
7K
64
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Games
GamesKASKUS Official
38.9KThread15.4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.