Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Kita dan Kebiasaan-Kebiasaan Di Masyarakat
Menjalani hidup tentunya akan selalu banyak cerita dan pastinya tak dilewati sendiri saja. Hidup kita tentunya dikelilingi oleh banyak orang di sekitar kita entah itu pasangan hidup, keluarga, tetangga dan di masyarakat. Tentunya hidup yang dijalani bersama mereka tentunya membuat hidup yang kita jalani penuh cerita dan tidak terlalu membosankan untuk di jalani bila bersama dengan yang lain dan sudah semestinya kita bersyukur hidup ini tidak sendiri dan memiliki banyak orang di sekitar kita yang peduli dan menyayangi diri kita.
Kita dan Kebiasaan-Kebiasaan Di Masyarakat

Credit : kabarsumbawa.com

Kita hidup senantiasa beriringan dengan orang lain dan bermasyarakat. Tentunya lingkungan sekitar tempat kita tinggal tak jarang ada kegiatan-kegiatan yang di lakukan entah itu acara seperti persiapan PHBN, ronda malam, kerja bakti dan kegiatan gotong royong lainnya di masyarakat yang tentunya membuat lingkungan di masyarakat bisa saling berkaitan satu sama lainnya dan terikat.

Tak jarang banyak adat dan kebiasaan yang ada di masyarakat, setiap daerahnya tentu banyak kebiasaan-kebiasaan di masyarakat yang dilakukan dan setiap tempat tentunya kebiasaan itu tak selalu sama. Saat kita tinggal di kampung halaman dan kebiasaan di perantauan seringkali kita temukan dan tak jarang banyak hal-hal yang baru dan tak jarang di temukan, tak dapat dipungkiri memang entah dimanapun tentunya punya ciri khas dan juga perbedaan kebiasaan yang ada mulai dari gaya hidup, cara berinteraksi, kegiatan di masyarakat dan juga hal-hal lainnya.

Lantas bagaimana dengan sikap kita pada kebiasaan-kebiasaan di masyarakat? Jawabannya tergantung pada situasi dan kondisi, jikalau kebiasaan di masyarakat itu baik maka tak salahnya kita ikut andil bersama mereka dalam menyukseskan setiap kegiatan yang ada di masyarakat. Lalu bagaimana dengan kebiasaan yang buruk? Tentunya kita jangan sampai tenggelam dalam kebiasaan yang buruk dan jika bisa tentunya bisa menghapuskan kebiasaan-kebiasaan buruk di masyarakat meskipun tahapannya seringkali memakan waktu yang tidak sebentar.

Kontra dengan kebiasaan masyarakat dalam hal positif tentunya tidaklah baik, hal ini bisa menimbulkan antipati dari masyarakat itu sendiri. Tak jarang memang karena merasa tidak sreg dengan kebiasaan di masyarakat ujung-ujungnya ada yang mengasingkan diri dari masyarakat. Sikap tersebut tidaklah baik karena bisa merugikan diri kita sendiri. Meskipun kebiasaan di masyarakat kurang sreg di hati namun bukan berarti kita mengasingkan diri akan tetapi cobalah melebur dengan kegiatan-kegiatan atau kebiasaan yang ada di masyarakat.
Kita dan Kebiasaan-Kebiasaan Di Masyarakat

Credit : idntimes.com

Kita hidup bersama yang lain dan tentunya kebiasaan-kebiasaan di masyarakat tidak salahnya kita ikuti selama kebiasaan yang ada tersebut baik dan bernilai positif. Jika kebiasaan tersebut jelek dan tidak baik tentunya kita jauhi namun bukan berarti mengasingkan diri dari masyarakat dan tetap bermasyarakat sebagaimana mestinya. Demikian paparan tulisan ane kali ini dan sampai jumpa di tulisan berikutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
2
3K
107
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.3KThread84KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.