Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

albertliu6Avatar border
TS
albertliu6
Jenis Watercolor Apa yang Kamu Sukai? Yuk Bahas Disini
Apa perbedaan antara watercolor pada pans atau tubes ?
Lebih baik menggunakan yang mana ?

emoticon-Bingung (S) Pertanyaan-pertanyaan di atas sering banget dipertanyakan. Nah daripada bingung-bingung lagi mungkin ane bisa memperjelasnya ke kalian

PANS

Spoiler for 1:

Sumber : wetcanvas.com


biasanya cat air akan dicetak berbentuk kotak kecil dan memilik 2 ukuran yaitu full pan (20x30mm) dan half pan (20x15mm). Biasanya cat air tersebut diletakkan pada kotak logam / plastik.

Warna cat air pada pans bisa menggunakan yang sudah disediakan / membuat warna sendiri dengan mencampurkan warna sesuai yang kita inginkan.

Cara penggunaannyahanya dengan membasahi kuas lalu colek warna pada watercolor pans yg tersedia.
Bisa langsung mencampurkan warna tersebut dengan warna lainnya di pan, tapi perlu berhati-hati agar tidak mengkontaminasi warna lainnya.

Mempertahakan pan watercolormu tetap bersih itu cukup sulit, kecuali kamu selalu membersihkannya sehabis pakai / setelah mengoles warna baru, karna pan bisa kotor / terkontaminasi warna lainnya.

Untuk membersihkan pan bisa menggunakan kain / sponge / semacamnya dengan cara mengusap pan hingga bersih.

TUBE PAINTS

Spoiler for 2:

sumber : featurepics.com


Watercolor pada tube lebih lembut & kental juga lebih mudah mencampurnya dengan air. Tubes memiliki 3 macam ukuran : 5ml, 15ml (umumnya), & 20ml. Tubes bagus digunakan untuk mewarnai area yang luas karna kamu bisa mengeluarkan warnanya sebanyak yang kamu mau.

Tubes lebih mudah dibersihkan, namun jangan lupa untuk selalu melap leher dan kepala tube agar tetap bersih dan mudah dibuka (cat tidak mengering pada bukaan/kepala tubenya). Jika sulit dibuka, pada tube berbahan logam bisa direndam pada air panas 5 - 10 detik untuk melonggarkan kepala tube dan mencairkan watercolor yang mengeras.

Kalau kamu mengeluarkan jumlah cat yg lebih dari yang kamu gunakan (sisa), jangan bersihkan paletmu, karena catnya masih bisa digunakan kembali dengan mengolesnya dengan air lagi.

PANS VS TUBES

Pans lebih simpel untuk digunakan karna warna" sudah tertera pada pan, tidak perlu membuang waktu membuka tube paint dan mengeluarkan warnanya, kamu hanya cukup mengoleskan kuas pada warna. Banyak digunakan pelukis-pelukis untuk sketch di lapangan, memperindah jurnal karna kepadatannya (tidak tumpah-tumpah) dan mudah dibawa kemana saja (portable).

Harga pans juga lebih murah dibandingkan tubes namun berukuran lebih kecil dan hanya sesuai digunakan menggunakan kuas kecil.

Tubes sendiri lebih membebaskanmu untuk menentukan sebanyak apa cat yang akan kamu gunakan, bisa menggunakan berbagai macam ukuran kuas, seberapapun luas area dan ukuran lukisannya.

Pada akhirnya, masing-masing tipe watercolor memiliki kelebihan dan kekurangan dan tergantung pada kesesuaian tiap-tiap orang dalam menggunakannya. Bisa kamu coba sendiri, agar kamu mengetahui kamu lebih cocok dengan tipe yg mana.

Gimana menurut BroSis ?

Have fun~ emoticon-Toast
Diubah oleh babanbe 24-01-2019 11:58
sealgeek
sealgeek memberi reputasi
6
5.5K
41
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
All About Design
All About DesignKASKUS Official
13.8KThread3.3KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.