Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ikardusAvatar border
TS
ikardus
Jan Ethes Disoal BPN, Bawaslu: UU Pemilu Tak Atur soal Kampanye Bawa Anak
Jakarta - Cucu pertama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Jan Ethes, terseret dalam polemik Pilpres 2019. Bawaslu RI menyatakan pelibatan anak dalam kampanye tidak diatur dalam UU Pemilu.

"UU Pemilu tidak mengatur tentang kampanye membawa anak," ujar komisoner Bawaslu RI Fritz Edward Siregar, di Hotel Ashley, Jl KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (28/1/2019).

Baca juga: Cucu Jokowi, Jan Ethes Dilaporkan Hidayat Nur Wahid ke Bawaslu Karena Dianggap Kampanye

Bawaslu tidak mengetahui apakah ada pelanggaran keikutsertaan seorang anak dalam kampanye termasuk melanggar UU Perlindungan Anak. Namun, pihaknya memastikan dalam UU Pemilu tidak ada larangan membawa anak dalam kampanye.

"Jadi saat melihat apakah ini ada pelanggaran Undang-undang Perlindungan Anak ya tanya ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Tapi kalau soal UU Pemilu No 7 tidak ada pengaturan larangan membawa anak dalam kampanye," ucap Fritz.

Baca juga: Jan Ethes Disoal, TKN: Yang Sering Libatkan Anak di Kampanye Itu PKS

Meskipun di sisi lain, jelas Fritz adanya kekhawatiran dampak yang akan muncul ketika membawa anak. Tapi, pihaknya tak bisa melarang karena tidak diatur dalam UU Pemilu.

"Meskipun kami meminta ya kampanye itu kan apalagi di tempat terbuka bisa sakit, kepanasan, tapi tidak ada larangan di UU Pemilu mengenai hal itu," katanya.

Baca juga: Jawab HNW, Tim: Jokowi Tak Pernah Libatkan Jan Ethes untuk Kampanye

Sebelumnya, pro-kontra munculnya Jan Ethes berawal dari pernyataan Ketua Tim Cakra 19, salah satu tim relawan pemenangan Jokowi, Andi Widjajanto. Andi mengatakan Jan Ethes sebagai salah satu 'keunggulan' Jokowi di medsos. Keunggulan itu lantaran pihaknya memiliki strategi jitu untuk memviralkan sang capres, salah satunya interaksi Jokowi dengan cucunya Jan Ethes.

Pernyataan itu kemudian mendapat respons dari Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid. HNW mempertanyakan keterlibatan Jan Ethes di Pilpres 2019. Dia khawatir hal itu akan menjadi legitimasi untuk melibatkan anak-anak dalam kampanye.

Baca juga: Jan Ethes Disoal, PSI: Kubu Prabowo Takut dengan Balita
(eva/jbr)

sumber https://news.detik.com/berita/440385...anye-bawa-anak
Diubah oleh ikardus 28-01-2019 13:07
1
2.8K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.1KThread41KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.