• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 99% di panggil ke proses INTERVIEW jika di CV agan ada 5 skill ini

obegituAvatar border
TS
obegitu
99% di panggil ke proses INTERVIEW jika di CV agan ada 5 skill ini

sumur gambar

Tiap orang mempunyai cara nya sendiri untuk membuat CV atau ada juga yang CV nya mengikuti template yang bertebaran di internet, apapun bidang studi dan jenis pekerjaan yang akan di lamar pastikan 5 hal ini mesti di ragkum dalam satu CV anda.

Buat yang baru lulus kuliah atau sebelum lulus kuliah yang bisa meluangkan waktu untuk mencoba nyambi kerja, atau juga buat yang sudah bekerja namun ada rencana pindah kerja bisa mengikuti 5 tips yang mesti ada di dalam  CV agar anda dapat di panggil ke proses selanjut nya:

5. Teamwork
Anda kan belum bekerja di tempat yang anda lamar, lalu bagaimana perekrut bisa tahu kalau anda adalah bisa bekerja dalam tim? ya tentu saja itu bisa, salah satu cara nya  misalkan anda bisa cantum kan kalau anda pernah tergabung dalam salah satu atau beberapa organisasi baik itu saat di SMU/SMK atau saat di bangku kuliah, misalkan dalam organisasai Pencipta Alam, OSIS, Musik, Olahraga, Karang taruna atau organisasi-organisasi yang lain, cantum kan juga posisi anda dalam organisasi tersebut beserta tanggung jawab nya serta juga pencapaian terbaik anda selama di organisasi tersebut. Begitu pun jika anda  sudah bekerja silahkan di cantum kan pencapaian dengan rekan kerja satu tim.

Spoiler for Contoh::

 
4. Problem Solving
Kenapa lowongan pekerjaan di buka salah satu nya adalah permintaan dari sisi user yang biasa nya ialah kepala department, maka yang di harapkan adalah calon karyawan yang dapat mengerjakan sesuai bidang dan keahlian yang di butuhkan oleh department tersebut.

Pastikanlah yang anda lamar adalah posisi yang memang cocok atau sesuai dengan bidang studi dan keahlian anda, hal ini biasa nya akan masuk dalam penyaringan awal, misalkan di lowongan untuk posisi IT dan anda sebagai fresh graduate jurusan Ekonomi yang bahkan sebelum nya tidak ada tidak ada pengalaman kerja atau magang sebagai pekerja IT maka besar kemungkinan nya perekrut tidak akan memanggil anda untuk lanjut ke tahap selanjut nya.

Dengan posisi yang di lamar sesuai dengan bidang studi dan keahlian anda apalagi ada sempat pengalaman kerja atau magang dengan posisi atau pekerjaan yang sama maka akan di jadikan pertimbangan untuk di panggil ketahap selanjut nya.

Di CV anda pun dapat di masukan informasi bahwa anda pernah ada pencapaian project atau pekerjaan yang dapat anda selesaikan tepat waktu dan efisien dalam pengerjaan nya, dan karena ide pemecahan masalah yang inovatif dan solusi dari anda benar-benar bisa di terapkan sehingga dapat menyelesaikan permasalahan dan keluhan yang ada. 

3. Planning
Bagaimana anda memunculkan di CV anda jika anda adalaah orang yang mempunyai keterampilan perencanaan dan  pengorganisasian yang bagus dan berorientasi detail tingkat tinggi? yup buat anda yang sudah ada pegalaman bekerja pastilah tidak sulit untuk mencantum kan ini di CV anda, anda cukup cantumkan 1-2 project atau pekerjaan yang pernah anda tangani dari mulai perencanaan nya sama project selesai atau go-live, misalkan anda sebagai Staff HRD yang merekrut calon karyawan, anggaplah saat ini perusahaan sedang tumbuh maka departement sales membutuhkan 10 orang staff baru untuk menunjang pekerjaan di department sales, maka di CV anda bisa cantumkan bahwa pernah merekrut 10 orang dalam waktu 1 bulan dan jelaskan bagaimana anda mendpatkan si calon karyawan, misalkan anda aktif dan inisiatif menelusuri dan merekrut calon karyawan dari jejaring sosial LinkedIn, anda pun sudah memetakan keterampilan apa saja yang di butuhkan oleh seorang Sales, dalam hal ini anda yang merencanakan semua proses perekrutan dan mengorganisasikan dengan Kepala Deparment Sales tentang calon karyawan seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Mengenai hal ini buatlah tulisan di CV sesingkat mungkin namun maksud yang di sampaikan tersampaikan tanpa membuat perekrut tidak mengerti apa yang anda maksud kan.

2. Leadership
Kemampuan Leadership atau kepemimpinan ini pun wajib di tunjukkan, misal tadi di sebuah organisasi OSIS anda sebagai penanggung jawab Seksi Kreasi Seni maka cantumkan lah bagaimana anda dapat memotvasi siswa-siswa yang ada di tim anda untuk mencapai Goal yang di ingin kan, baik dengan cara anda memobilisasi mereka atau jika ada anggota tim yang pemula anda dapat melatih dan mengajarkan bagaimana agar acara pentas Seni nya dapat berjalan sukses dan lancar.

Jika ada sempat ada pengalaman bekerja namun bukan sebagai pemimpin atau bakan bukan pula seorang supervisor tim, ya anggplah pengalaman anda saat masih menjadi Staff, maka anda bisa mencantum kan misalkan anda seorang Staff Procurenment atau bagian pembelian, infokan saja bahwa anda mempunyai Leadership dengan cara mengkoordinir dan mengatur vendor-vendor baik dari perusahaan barang atau pun jasa, sehingga setiap pembelian barang atau jasa sudah sesuai dengan kebutuhan kantor atau permintaan user dan dengan harga yang kompetitif.

1. Communication
Kalau yang satu ini vital sekali, karena jika anda tidak dapat mengkomunikasi kan diri anda dalam sebuah CV maka perekrut tidak dapat melihat di CV anda apakah anda orang yang tepat untuk posisi yang di tawarkan.

Bukan hanya komunikasi menulis yang perlu di perlihatkan, namun keahlian komunikasi verbal dan listening atau mendengarkan tak kalah penting nya, misalkan anda pernah menjadi trainer untuk materi Kompensasi dan benefit untuk setiap karyawan baru, di situ sudah terlihat jika komunikasi verbal dan listening anda bagus, karena training tersebut di lakukan secara berkelanjutan dan selalu akan ada tanya dan jawab dari si calon karyawan baru.


demikian lah lima tips dari versi ane agar CV anda dapat di lanjut ke proses berikut nya atau proses interview, semoga dapat bermanfaat, dan yang sudah pasti lancarkan lah segala sesuatu nya dengan DOA, terutama DOA orang tua dan keluarga agan.




SUMUR : googling dan pengalaman pribadi.
Diubah oleh obegitu 27-01-2019 18:32
16
11.1K
97
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.8KThread82.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.