Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sandiuntotAvatar border
TS
sandiuntot
Sandiaga Soroti Kritik JK, Tim Jokowi Bilang Begini
Cawapres nomor urut 01, Sandiaga Uno menyoroti kritik Wapres Jusuf Kalla (JK) terhadap pembangunan jalur kereta Trans Sulawesi. Hal itu membuat Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin turut bicara.

Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Abdul Kadir Karding, mengatakan apa yang disampaikan JK adalah bukan memberi kritik, melainkan masukan terhadap pembangunan tersebut.

"Pak JK menyampaikan tentang pandangan beliau itu, kasih masukan di depan para konsultan (Inkindo)," ujarnya di Jakarta, Jumat (25/1/2019).

"Semisal apakah kalau rel kereta dibangun di atas (melayang) lebih murah apa lebih mahal? Terutama di daerah yang lahannya masih luas," lanjutnya.

Soal pembangunan kereta Trans Sulawesi, JK menilai pembangunan jalurnya tak perlu sepanjang dari selatan hingga utara. JK menyebut infrastruktur harus dibangun seefisien mungkin.

Sandiaga pun mengomentari pernyataan JK. Ia menyoroti soal pemerintahan Jokowi yang saling kritik. Namun TKN Jokowi-Ma'ruf tak setuju pernyataan JK disebut sebagai kritik, melainkan masukan.

Baca Juga:
Lewat Kritik LRT, Bisa Saja JK Main Dua Kaki
Erick Thohir Sebut Rakyat Tak Mau Dipimpin Pembohong, Sindir Siapa?

"Jadi maksudnya biar teman konsultan tidak mengikuti saja rencana yang ada. Tapi memberi masukan bahwa proyek tertentu bisa lebih murah dan efektif," kata Karding.

Ia mengingatkan, dari proyek yang sedang dibangun di era pemerintahan Jokowi-JK, ada beberapa yang sudah dicanangkan sejak era pemerintah sebelumnya. Untuk itu, JK disebut Karding meminta para konsultan bisa memberikan masukan yang efisien dan mengikuti perkembangan yang ada.

"Beberapa program itu sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya, kereta Trans Sulawesi sebagai contoh," imbuhnya.

Sementara Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menilai, kritikan Wapres Jusuf Kalla (JK) terkait proyek Light Rapid Transit (LRT) sebagai bentuk dorongan supaya menteri yang berkaitan bekerja baik.

"Itu maksudnya baik. Namanya Pak JK mendorong terus menterinya bekerja baik," kata Hasto di Hotel Sahid, Jakarta Pusat, Rabu (23/1).

Sekretaris Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf itu menilai, kritikan JK adalah wajar. Kritikan tersebut menurut Hasto, menunjukkan bahwa demokrasi dan tata pemerintahan berjalan baik

"Kalau toh mengkritik ya boleh presiden, wapres, mengkritik kepada menterinya bebas, itulah demokrasi, tata pemerintahan yang baik toh menteri membantu presiden dan presiden dibantu wakil presiden kalau kritik boleh," ucapnya.

sumur
https://www.wartaekonomi.co.id/read2...ng-begini.html

Sudahlah pak tua, jangan hipokrit gitu.. alat beratmu Bekaka mondar mandir tuh di proyek LRT

Kurang data dan fakta nih JK

Quote:


JK Kritik Kereta Trans Sulawesi Angkut Barang Apa, Ini Daftarnya

Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengkritik pembangunan jalur kereta Trans Sulawesi yang menyambungkan daerah-daerah penting di Sulawesi. Menurutnya pembangunan jalur kereta yang membentang dari Selatan ke Utara itu kurang efisien.

"Sama juga membikin kereta api di Sulawesi sampai ke Manado. Barang apa mau diangkut dari Utara ke Selatan, Selatan ke Utara? Nggak ada," kata JK saat menjadi pembicara dalam acara Indonesia Development & Business Summit 'New Construction Opportunity 2019' di Hotel Kempinski, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Baca juga: Tak Efisien, JK Kritik Pembangunan LRT Palembang

Menjawab pertanyaan tersebut, Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Timur Nur Setiawan menerangkan, ada sejumlah komoditas yang bisa diangkut jika kereta tersebut sudah beroperasi.

"Kalau komoditasnya bisa macam-macam. Kalau di Makassar semen, terus pertanian," katanya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (23/1/2019).

Paling tidak saat ini ada dua industri semen yang siap dilayani Kereta Trans Sulawesi, yaitu PT Semen Tonasa dan Semen Bosowa.

Baca juga: Dikritik JK, Ini Manfaat Kereta Trans Sulawesi

"Kan kita melayani industri semen Tonasa dan Bosowa. Tahap pertama akan dikirim lewat Pelabuhan Garongkong di Kabupaten Barru juga," sebutnya.

Disamping itu, transportasi berbasis rel ini bisa digunakan untuk mengangkut hasil pertanian.

"Kita kemarin bicara sama Bupati, ini ada potensi misalnya pertanian. Nah pusat pusat logistik pertaniannya di mana supaya bisa diangkut," jelasnya.

Selain untuk industri dan hasil pertanian, kereta ini juga bisa digunakan untuk mengangkut kebutuhan sehari-hari.

"Logistik wilayah juga penting barang sehari hari," tambahnya.

Baca juga: Dikritik JK, Kereta Trans Sulawesi Sudah Terbangun 45 Km

https://finance.detik.com/infrastruktur/d-4397048/jk-kritik-kereta-trans-sulawesi-angkut-barang-apa-ini-daftarnya
Diubah oleh sandiuntot 27-01-2019 07:25
0
2.1K
4
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.9KThread41.6KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.