chrisanserafinaAvatar border
TS
chrisanserafina
Dari 8 Planet Besar, Mengapa Hanya Bumi yang Bisa kita Tinggali?

Pernah nggak sih kalian berfikir kenapa kita manusia ini bisa tinggal di bumi? Dari 8 planet yang ada di tata surya mengapa hanya bumi yang bisa kita tinggali? Sebenarnya apa sih yang spesial dari bumi sehingga bisa kita tinggali? Wah banyak juga ya pertanyaannya.



Sebenarnya dahulu kala bumi sama saja dengan planet lain yang tidak memiliki kehidupan. Dilansir dari CNNIndonesia https://www.cnnindonesia.com/teknolo...umi-layak-huniberdasarkan penelitian dari ilmuwan jurnal Science Advances menjelaskan mengapa bumi bisa menjadi layak huni.

Tabrakan dengan benda ruang angkasa

Sebenarnya 4,4 miliar tahun yang lalu bumi sempat bertabrakan dengan objek ruang angkasa yang besarnya sama dengan planet Mars. Sebelum bertabrakan bumi tidak memiliki unsur apapun yang bisa menjadikan kehidupan.

Namun setelah tabrakan itu, bumi mendapatkan unsur-unsur dan elemen penting kehidupan seperti Nitrogen, Karbon, dan Belerang (unsur volatil). Tabrakan bumi dengan objek ruang angkasa itupun membuat bulan bisa membentuk orbitnya.

Menurut Rajdeep Dasgupta seorang ilmuwan mengatakan bahwa asal usul bumi disinyalir adalah dari penggabungan proto-Bumi dengan planet seukuran Mars sehingga bisa menghasilkan tiga unsur kehidupan yaitu nitrogen, karbon, dan belerang. Itu adalah hal yang paling mungkin mengapa bumi bisa menopang kehidupan dan akhirnya bisa kita tinggali.

Sementara itu ilmuwan lain dari Scripps Institution of Oceanography, James Day mengatakan bahwa sekarang sedang dilakukan penelitian untuk memahami bagaimana perilaki unsur volatil ini di Mars. Apakah akan sama dengan yang ada di bumi? Mari kita tunggu saja hasil penelitiannya.
Diubah oleh chrisanserafina 25-01-2019 04:19
8
16.3K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.9KThread82.7KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.