Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

  • Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Panen Cabe Pedas, Nanam Pare Pahit, Kenapa Petani Harus Bertahan?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Panen Cabe Pedas, Nanam Pare Pahit, Kenapa Petani Harus Bertahan?


[ HT# 447 ]

Urusan masak memasak memang dominan urusan kaum wanita. Tapi setidaknya kaum pria mengenal apa itu cabai, apa itu pare. Ya, ke dua jenis sayuran ini begitu dikenal di seluruh penjuru dunia, bahkan harga cabai dulu pernah melampaui harga se-kilonya daging! Homina, homina, hominaaa.

Kenapa petani masih saja bertahan dan bersusah payah menanam cabai padahal hasil panennya selalu pedas dan nggak manis, begitu juga panen pare padahal setelah di panen hasilnya selalu pahit, ada yang salah dengan cara berfikir mereka, atau daripada menganggur? Oh tentu tidak Rudolfo!




Cabai dan Par(a)ei



Ada candaan di kantin kantor waktu itu. "Aneh ya, udah tau pedas, kenapa petani masih ngoyo menanamnya!", "Udah tahu rasanya pahit, kenapa di jual juga". Lucunya lagi disaat temen saya bicara gitu mereka benar-benar menikmatinya, hehe.

Ya, tentunya petani memiliki alasan kenapa cabai dan pare masih terus mereka tanam padahal mereka tahu resikonya setelah memanen. Ketika petani lain resah karena hasil panen jeruknya masam, petani cabai dan pare justru tenang dan bahagia karena meski pedas dan pahit panennya tetap melimpah.

Haha, itulah illustrasi bagaimana Tuhan menciptakan segala sesuatu maha adil dan tiada yang sia-sia. Kalau mau di telusuri lebih dalam maka manfaat cabai dan pare memang sangat berguna untuk manusia, tidak percaya?



Kalau tidak percaya nih saya kasih bocoran. Cabai yang kita kenal pedas ternyata membawa banyak manfaat, ada orang makan tanpa sambel akan hambar rasanya, itu baru satu, manfaat bejibun lainnya adalah: cabai ternyata mengandung beberapa nutrisi penting nagi tubuh seperti energi, karbohidrat, gula, serat, lemak, protein, vitamin A, vitamin B6, vitamin C, zat besi, magnesium, kalium (potasium), air, dan capsaicin, bagus untuk kesehatan perut karena membantu melawan diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri, mengurangi rasa sakit atau nyeri setelah operasi, sakit kepala sebelah, psoriasis, sariawan karena kemoterapi atau radiasi, masalah sendi seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthtitis, masalah sistem saraf seperti neuropati diabetik, neuralgia trigeminal (nyeri mendadak dan tajam pada sebelah wajah), dan neuralgia postherpetic (nyeri saraf pada daerah tubuh yang terinfeksi virus cacar api), sebagai antioksidan, memperkuat jaringan paru-paru dan membantu mencegah atau mengobati emfisema (penyakit paru-paru kronis di mana kantung udara kecil di paru-paru rusak akibat merokok), mengurangi risiko terkena kanker usus besar, dapat membantu membakar kalori dan lemak.



Sedangkan manfaat pare jika di konsumsi oleh manusia adalah: Mengandung berbagai vitamin, seperti vitamin A. C, E, B1, B2, B3, B9. Selain itu pare juga mengandung mineral seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan zat besi, serta mengandung antioksidan seperti fenol, dan flavonoid, membantu menurunkan gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kesehatan mata, meredakan asma, mengobati masalah kulit,membantu mengobati HIV dan Herpes, meningkatkan kesehatan tulang dan penyembuhan luka, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

Gimana, luar biasa kan manfaat cabai dan pare. Itulah mengapa para petani hingga sekarang masih bertahan menanam cabai dan pare. Ya, meski rasanya pedas dan pahit tidak seperti sayuran dan buah yang lain ternyata sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Jadi jangan sepelekan petani, cabai dan pare ini ya!


TIPS BAGUS, SAYANG KALAU DI BUANG:

Terlalu banyak mengonsumsi cabai ternyata tidak baik untuk tubuh, karena bisa menyebabkan borok atau luka di usus. Bahkan, baru-baru ini ada kejadian di mana tenggorokan seseorang menjadi berlubang karena kebanyakan makan cabai.

Untuk menghilangkan rasa pedas dengan cepat kamu bisa meminum susu, yogurt (bukan air), buah pisang, memakan mentimun, semangka, atau memakan roti tawar.










Copyright © 2016 - 2018 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS

Sumur: alodokter, hellosehat, opini | Sotoshop : iskrim



Diubah oleh iskrim 04-02-2019 04:07
6
7K
89
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923KThread83.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.