• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • [Hanya 7 Menit] | 6 Cara Baru Paling Gampang Menciptakan Lagu Yang Enak Didengar

hangat.musicAvatar border
TS
hangat.music
[Hanya 7 Menit] | 6 Cara Baru Paling Gampang Menciptakan Lagu Yang Enak Didengar

6 Cara Membuat Lagu Paling Mudah Yang Enak Didengar








Halo CS Brader, Setelah Thread Cara Rilis lagu sendiri di Joox [Tutorial] dari Hangat Music berhasil menjadi Hot Thread, Kini Hangat balik lagi nih dengan thread yang mudah-mudahan berkualitas dan manfaat buat para musisi. Isi dari Thread ini berdasarkan dari pengalaman salah satu personel Hangat sendiri, yakni sang Vokalis si Fauzul yang begitu mudahnya membuat lagu.


Karena keresahannya akan banyaknya penyanyi /  musisi bersuara emas di Indonesia yang belum bisa menciptakan lagu sendiri, Maka dari itu Vokalis sekaligus Songwriter dari Hangat ingin membocorkan rahasia dapurnya dengan membagikan Tips yang begitu langka dan bisa dibilang CARA PALING MUDAH yang ia susun untuk menciptakan lagu sendiri untuk saat ini.



Dan berikut ini salah satu dari banyak cara pria berbadan tambun yang pernah menjadi juara 2 di kompetisi menciptakan lagu yang dijurikan Badai (Ex-krispatih), Agus Hardiman Artsonica, Dsb. tersebut dalam menciptakan lagu:



1. Kuasai alat musik pengiring









Cara pertama untuk bisa menciptakan lagu sendiri adalah bisa memainkan alat musik pengiring seperti gitar, keyboard atau piano. Namun karena di awal sudah dijanjikan bahwa cara ini adalah cara yang paling mudah dalam menciptakan lagu, jika anda tidak bisa memainkan alat musik pengiring, cukup anda memiliki teman yang bisa memainkan alat musik pengiring seperti gitar, keyboard atau piano yang memahami running chord atau yang mengetahui chord dari range vokal anda saat anda bernyanyi.



Contoh, bila anda menyanyikan lagu Hangat yang judulnya Teman, karena cord aslinya berawal dari C, namun ketika anda menyanyikan dengan chord aslinya ternyata ketinggian dan tidak nyaman, teman anda bisa menurunkan nadanya ke B atau ke A.  



Bagi anda yang tidak bisa memainkan alat musik pengiring, mungkin anda bingung membaca poin pertama ini. Namun bila anda menanyakan  poin pertama ini kepada teman anda yang menguasai alat music pengiring, yakin deh, mereka pasti paham kok.





2. Referensi Lagu Catchy






Cara selanjutnya adalah memiliki minimal 4 sampai 5 referensi lagu catchy atau lagu yang enak di dengar dan enak untuk anda nyanyikan. Bebas, lagu siapapun! Asalkan menurut anda lagu itu enak didengar dan nyaman sekali ketika anda nyanyikan.


Dari ke-empat lagu itu, penggal lah bagian yang menurut anda paling enak dari masing –masing lagu tersebut. Namun penggalnya jangan banyak – banyak. Contoh salah satu referensi lagu anda adalah Bohemian Rapshody dari Queen, dari bagian “Didn’t mean To Make You Cry”anda hanya ambil bagian nada yang “To Make You Cry” nya saja.




3. Na Na Na Na




Cara ini dinamakan “Na Na Na Na”. Jadi dari ke-4 referensi lagu anda yang sudah anda penggal bagian-bagian nada terenaknya tadi, anda nyanyikan dengan Na Na Na Na.


4. Gabungkan Nada





Saat anda sudahmerubah semua bagian yang anda penggal tadi ke Na Na Na Na, Gabungkan nada-nada dari ke-4 lagu yang telah anda penggal tadi. Carilah running chord yang tepat atau minta bantuan teman anda yang menguasai alat music pengiring untuk mencarikan running chordnya/kuncinya.



5. Ciptakan Variasi






Nah, mungkin dari poin ke 2 sampai 4 anda berfikir “ini mah mengajarkan orang untuk jadi plagiat, bukan menciptakan lagu sendiri”di Poin inilah anda bisa keluar dari persepsi itu, Yakni menciptakan variasi.

Jadi di poin ini anda dituntut untuk menggunakan imajinasi anda sendiri. Poin dari 2 sampai 4 adalah cara untuk anda membentuk pondasi awal lagu yang anda ciptakan. Jika anda sudah membentuk pondasinya, menciptaakan patokan – patokannya, maka langkah untuk memvariasikan lagunya akan menjadi sangat mudah.

Lagipula, langkah di poin 2, 3, 4 itu walaupun anda mengambil nada dari lagu orang di awal, hal tersebut tidak bisa dikategorikan plagiat. Karena yang anda ambil hanya sepenggal, dari lagu yang berbeda, kemudian nadanya digabungkan dan divariasikan.

Kategori lagu plagiat apabila nada / aransemen nya sama dengan lagu yang sudah ada dan popular sebanyak 4 Bar.


6. Menulis Lirik





Inilah langkah terakhir yang perlu anda eksplor lebih dalam, disini anda mau tidak mau anda harus banyak membaca agar kosakata anda bertambah dan lebih variatif dalam menciptakan lirik.

Ribet ya ? harus banyak baca ? TENANG! Hangat sudah janjikan ini adalah cara paling mudah untuk saat ini dalam menciptakan lagu, maka dari itu hangat punya saran lain, yakni,cari aja di google atau atau social media seperti Instagram berupa quote-quote yang bagus yang bisa anda kembangkan menjadi pesan dalam sebuah lagu. Jangan ditiru plek-plekan dari quotenya ya.

Misalnya anda mengambil quote dari Rowan Atkinson


“I love walking in the rain because no one can see me crying”

Anda bisa terjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan variasikan, contohnya menjadi:

“ Saat ini aku sedih dan berharap hujan akan datang, aku ingin berlari ditengahnya agar kau tak bisa melihat air mataku”


Simple kan ? emoticon-Big Grin



Ok, biar lebih jelas betapa simple nya buat lagu dengan 6 cara seperti di atas, Fauzul si Vokalis Hangat sudah membuatnya dalam bentuk video nih, Hanya 7 menit dan gak akan habisin kuota. Selamat menonton ya








Salam Hangat

Diubah oleh hangat.music 25-01-2019 18:29
5
4.4K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.