exorioAvatar border
TS
exorio
5 Alasan Nyebelin Ojol "Minta" Cancel
Nyambung dari thread yang ini.

Udah beberapa tahun belakangan ane kemana-mana eksklusif naik ojol dan taxol. Emang jadinya enak ga ribet uang parkir, bensin, perawatan, dsb.

Selama ini cukup oke, tapi kadang ada driver yang bener-bener ga professional dan nyebelin terutama masalah cancel, yang ga mau ngomong secara langsung.

Gue tau kalo cancel driver bakal kena penalty, tapi ya alangkah baiknya kalo "bermain" sesuai dengan kesepakatan bersama (perusahaan, driver dan pelanggan).

Seringkali kalo driver berterus terang minta cancel ya ane ga panjang-panjang juga, toh sekarang ada pilihan "driver requested cancel". Pastinya gue cancel dan pilih opsi tersebut sebagai alasan gue mengcancel ordernya.

Nah mungkin karena opsi ini muncul di kedua aplikasi ojol/taxol yang populer, driver belakangan berbelit-belit, muter-muter kayak gasing ga mau ngomong langsung. Ini beberapanya yang gue alamin sendiri.


1. Ga respon




Dichat (dari aplikasi) ga dibaca, ditelpon ga diangkat, di SMS juga ga dibalas, di map juga ga gerak-gerak. Pelanggan disuruh nunggu lama.

Problemnya kalo kita cancel terus ternyata mereka nongol, biasanya mereka marah-marah berlagak kayak korban.

Yang paling parah kalo pilih-pilih penumpang. Pas awal dapet driver, dia konfirmasi "ok". Sampe tempat jemput dia konfirmasi lagi, nanya pake baju apa.

Setelah dijelasin, chat ga dibales, di sms juga ga respon, ditelpon ga diangkat. Padahal di peta driver udah di lokasi. Tapi entah ngumpet dimana.

Ngomong lah kalo ga mau anter emoticon-Blue Guy Bata (L)

Sekali waktu malah pernah ada yang berkelit dia bilang "sangkain di lokasi lain". Padahal plat nomer sama dengan yang diaplikasi dan udah keliatan sama ane. Tambah jengkel kan orang.

Ya gue doain driver begini semoga selanjutnya dapet penumpang bening selalu. Tapi itu mah ngarep kali.


2. Kejauhan




Pas mau pickup cuma ngomong "wah lokasi jauh ya". Padahal di map jelas-jelas deket. Variasi lain misalnya nunggu di McD lokasi A, bilangnya oh saya kira di McD lokasi B. Ya udah mau jemput ato kagak?

Nah kalo tujuan jauh, ya okelah mungkin destinasi pelanggan ga keluar pas waktu ordernya muncul.

Ini yang sering nyebelin banget, udah nunggu lama, pas nongol muter-muter dulu "saya kira ke x". Kalo ditanya "ya udah mau anter ato kagak?". Masih ga mau bilang ya ato engga cuma ngomong "jauh".

Pas kasus ini gue bilang "Ya udah, tapi saya ga mau cancel, situ aja yang cancel". Sementara gue order pake aplikasi lain, dan ini driver lama banget ga cancel-cancel. Ya gue biarin sampe dia cancel sendiri.

Kalo ga mau pickup ya jangan suruh pelanggannya cancel dong 


3. Kepencet




Ah elah ini paling ampas deh.

Masa iya kepencet? Emang baru pake smartphone kemarin?

Variasi lain yang lebih mendetail dan absurd, kena air hujan jadi tombolnya kepencet. Emangnya pelanggan ga pernah pake smartphone, dan layarnya ga pernah kecipratan air? Ga bakalan kepencet kalo ketetesan doang mah.


4. Lagi BAB, ban bocor, ga bawa helm, dst




Lah lagi BAB ngapain terima orderan?

Tau bannya bocor kok terima orderan?

Yang paling nyebelin "ga bawa helm". Yeh lu narik, aplikasi lu aktifin ga bawa helm buat penumpang gimana caranya?



5. Isi bensin




Nah ini yang pake alasan ini buat minta cancel, orang jadi rancu isi bensin beneran ato kagak?

Karena emang beneran ada yang mau isi bensin, terus anter sampe tujuan.

Yang bersikap professional jadi rugi gara-gara driver sotoy begini.



Jadi enaknya gimana?


Gue ga mau sekedar komplen tanpa kasih masukan. Di thread yang satunya udah gue beberkan beberapa.

1. Driver konfirmasi secepatnya, kalo mau pickup.Kan sekarang udah ada fasilitas chat di dalem aplikasinya. Ga ngabisin pulsa kok. Toh pake aplikasi driver ojol juga perlu koneksi internet. Sekedar ngetik "ok" udah cukup. Dan ini seringkali kalo driver yang bener pasti konfirmasi.

2. Komitmen sama pelanggan. Itu yang namanya "profesional". Kalo terima order ya dijalankan. Kalo ga mau anter ya langsung cancel jangan bikin pelanggan nunggu atau di PHPin, atau malah muter-muter kayak gasing kebingungan.

Kena penalty gara-gara cancel? Ya itu resikonya. Memang systemnya begitu. Jangan bebanin ke pelanggan. Mau gimanapun juga income perusahaan ojol ya dari pelanggan, ga bakalan menang kalo ngotot-ngototan sama pelanggan. Apalagi dieskalasi ke perusahaan, kan perusahaan hidup dari pelanggan.

Pelanggan memang ga rugi uang, tapi rugi waktu. Kalo memang kurang sreg sama systemnya, ya komplen ke perusahaan.

3. Diintegrasikan ke dalam system. Ini yang udah ane sebut di thread ane sebelumnya. Dibikin system aja, karena driver ga mungkin ngambil dari jarak lebih dari 10 KM, dan selama ini estimasi waktu pickupnya ga bakal melebihi 10 menit (sejauh pengalaman ane). Kalo driver ga respon atau ga bergerak selama estimasi pickup tersebut, otomatis cancel dari pihak driver.

Lah kalo penumpang ga nongol dalam 10 menit kan order dicancel (Gr*b). Systemnya udah ada, kenapa ga diaplikasikan ke drivernya?





Pesan ane buat driver sih ikuti aturan main yang berlaku. Ga mau pickup ya udah sewajarnya pihak driver yang cancel. Kalopun minta cancel baik-baik ya kita juga biasanya mau kok, ga usah pake cara-cara yang diatas. Norak ah.


Perlu diingat urgency tiap orang beda-beda. Kalo punya itikad baik ya kan bisa sampaikan secara baik-baik.


Nah agan/sista punya pengalaman minta cancel tapi ga mau ngomong langsung? Atau pernah berantem sama ojol? Ane pernah jujur aja. Karena kasus-kasus diatas. Tapi untunglah ga separah kasus-kasus yang pernah jadi viral.


Monggo curhat disiniemoticon-Cendol Gan

15
25.5K
220
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.