Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Ini yang Terjadi Kalau Indonesia menjadi Sekutu Amerika Serikat
Ini yang Terjadi Kalau Indonesia menjadi Sekutu Amerika Serikat


Indonesia merupakan salah satu negara yang bersikap netral dalam kancah perpolitikan global. Apalagi seperti yang kita tahu Indonesia merupakan salah satu negara penggagas gerakan non blok. Jadi secara teori Indonesia sama sekali tidak memihak kepada kubu-kubu manapun yang saat ini saling berebut pengaruh dikancah global.

Namun tidak ada salahnya kita sedikit memprediksi kondisi Indonesia andai memihak pada kubu yang menjadi kekuatan utama dunia saat ini, yaitu Amerika Serikat. Tepatnya menjadi sekutu dari Amerika Serikat. Kondisi Indonesia tentu akan jauh berbeda dari saat ini. Berikut adalah sejumlah prediksi tentang kondisi Indonesia andai memilih menjadi sekutu Amerika Serikat.

Indonesia akan lebih maju

Ini yang Terjadi Kalau Indonesia menjadi Sekutu Amerika Serikat

Brainberries.co


Indonesia berpotensi lebih maju dibandingkan sekarang andai memilih menjadi sekutu Amerika Serikat. Pasalnya bila melihat kondisi Indonesia, kemungkinan besar Amerika Serikat akan menjadikan Indonesia sebagai mitra strategis untuk meredam dominasi China di regional Asia.

Bukti nyata dapat kita lihat dari Negara Korea Selatan. Negara tersebut mengalami perkembangan yang pesat berkat sejumlah kerjasama yang dilakukan dengan Amerika Serikat. Tanpa Amerika, kecil kemungkinan Korea Selatan bisa semaju sekarang. Intinya kalau ingin lebih maju, memang harus menjalin aliansi dengan salah satu kekuatan utama dunia. Jarang ada negara yang netral seperti Indonesia bisa maju secara signifikan.

Ideologi Indonesia akan berkiblat pada Amerika

Ini yang Terjadi Kalau Indonesia menjadi Sekutu Amerika Serikat

Medium.com


Kalau Indonesia menjadi sekutu Amerika Serikat, tentu Indonesia akan berkiblat kepada Amerika Serikat dalam banyak hal. Termasuk dalam hal ideologi. Seperti yang kita tahu, Amerika Serikat merupakan negara yang paling gencar menyebarkan ideologi kapitalisme dan liberalisme. Dengan menjadi sekutu dari Amerika Serikat, paham liberalisme dan kapitalisme akan diterapkan dengan semakin gencar di negeri ini.

Sebenarnya saat ini Indonesia sudah cenderung menjadi negara yang kapitalis. Hanya saja dalam beberapa hal pemerintah masih memiliki kontrol yang kuat. Contohnya untuk sejumlah industri strategis yang dikuasai oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Untuk negara yang menerapkan kapitalisme secara penuh, tentunya tidak ada batasan bagi pemilik modal untuk menguasai industri apapun.

Akan ada pangkalan militer Amerika Serikat di indonesia

Ini yang Terjadi Kalau Indonesia menjadi Sekutu Amerika Serikat

Bbc.com


Secara geografis Indonesia merupakan negara yang memiliki posisi yang strategis. Berada diantara Benua Asia dan Australia dan dilalui oleh sejumlah jalur perdagangan internasional. Tentunya Amerika Serikat ingin memanfaatkan semua itu dari Indonesia dengan membangun pangkalan militer seperti yang dilakukan Amerika Serikat terhadap negara-negara sekutunya lainnya.

Indonesia akan belanja alutsista sepenuhnya kepada Amerika Serikat dan negara-negara sekutunya

Ini yang Terjadi Kalau Indonesia menjadi Sekutu Amerika Serikat

Defensenews.com


Kalau untuk saat ini, alutsista (alat utama sistem persenjataan) yang kita miliki dibeli dari berbagai negara. Tidak peduli negara tersebut berasal dari kubu manapun. Contohnya kita belanja alutsista pada negara Amerika Serikat dan Rusia sekaligus. Padahal seperti yang kita tahu kedua negara tersebut cenderung berseberangan dalam kancah politik global.

Hal tersebut tentu tidak akan berlaku bila Indonesia berstatus sebagai sekutu Amerika Serikat. Alutsista yang kita beli sepenuhnya akan berasal dari Amerika Serikat atau negara-negara lainnya yang menjadi sekutu Amerika Serikat.

Itulah sejumlah prediksi kalau Indonesia memilih untuk menjadi sekutu Amerika Serikat. Silahkan komen kalau ada diantara agan-agan yang ingin menambahkan.


Sumber : Hasil pemikiran TS
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
3.5K
50
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
923.4KThread84.4KAnggota
Urutkan
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.