Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

human.brainAvatar border
TS
human.brain
JK Minta Maaf Pernah Sebut Biaya LRT Terlalu Mahal


Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menghadiri acara Indonesia Development and Business Summit "New Construction Opportunity 2019" di Grand Ballroom Kempinski, Jakarta Pusat. Dalam acara ini, JK didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Dalam kesempatan itu, JK sempat menyinggung pernyataannya terkait pembangunan LRT di atas jalan tol yang terlalu mahal. JK menyampaikan permintaan maaf terkait pernyataan tersebut. Meski demikian, menurutnya, setiap pihak yang terlibat dalam proyek itu harus memahami seberapa penting pembangunan LRT itu.

"Saya minta maaf beberapa minggu lalu saya menyampaikan kenapa kita membikin LRT di atas jalan tol kenapa semahal itu. Harus memahami bahwa kenapa tetap harus membikin LRT di atas jalan tol, terus kenapa kita membikinnya elevated? Akibatnya jalan tol tidak bisa diperlebar lagi karena ada tiang di sampingnya" ungkapnya di lokasi, Selasa (22/1).

Foto udara pemasangan U Shaped Girder pada proyek pembangunan kereta api ringan (LRT) Jabodebek rute Cawang - Cibubur di simpang susun Pasar Rebo, Jakarta, Kamis (17/1/2019). (Foto: ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Oleh karena itu, JK meminta para insinyur untuk tidak hanya sekadar membangun infrastruktur. Tapi juga harus membangun dengan memikirkan manfaatnya bagi masyarakat.

"Ini juga bagaimana para insinyur kita memahami bukan hanya sekedar membikin sesuatu, tapi manfaat dan studinya harus baik. Memang seperti itu," jelasnya.

JK juga mengkritik rencana proyek kereta api Makassar-Manado. Menurutnya, tidak ada keuntungannya karena masyarakat tidak akan ada yang menggunakan kereta untuk tujuan Makassar-Manado dan sebaliknya.

"Barang apa mau diangkut dari utara ke selatan, selatan ke utara? Enggak ada. Saya minta hanya perpendek saja di Sulawesi untuk keperluan industri, kebutuhan-kebutuhan memperbaiki industri. Kalau brang dan orang tidak akan efisien. Kereta api hanya efisien di Jawa karena penduduk 160 juta," jelasnya.

JK meminta kepada stakeholder untuk mempertimbangkan faktor ekonomis dalam membangun sebuah infrastruktur. Sehingga infrastruktur yang dibangun dapat bermanfaat bagi masyarakat.

"Banyak hal-hal secara ekonomis. Bukan hanya secara teknis, tapi kita harus perbaiki secara ekonomis. Kalau jalan di daerah sangat penting sekali. Ini suatu tanggung jawab kita semua untuk melihat itu sebagai bagian daripada evaluasi kita meningkatkan infrastruktur, tapi juga manfaatnya bagaimana," pungkasnya.

https://m.kumparan.com/@kumparanbisnis/jk-minta-maaf-pernah-sebut-biaya-lrt-terlalu-mahal-1548140058805266580


Opa aja sampe jiper emoticon-Wakaka
2
3.1K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671.2KThread41.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.