sandiuntotAvatar border
TS
sandiuntot
Katanya Miskin? Kok Mobil Bisa Terjual 1,15 Juta Unit & Motor 6,38 Juta Tiap Tahun
TEMPO.CO, Jakarta - Penjualan mobil di Cina mengalami penurunan 13 persen pada Desember 2018. Data Asosiasi Produsen Otomotif Cina menyebutkan penjualan terus menurun secara berturut-turut selama enam bulan, membuat penjualan tahunan menjadi 28,1 juta, turun 2,8 persen dari tahun sebelumnya.

Baca: Target Produksi New Daihatsu Xenia Naik 20 Persen dari 2018

Kondisi tersebut berbeda dengan penjualan mobil di Indonesia sepanjang 2018 mencapai 1.151.413 unit, lebih tinggi dibandingkan penjualan 2017 sebanyak 1.079.886 unit, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo.

Grup Astra International melalui merek Toyota, Daihatsu, Isuzu dan Peugeot, mendominasi separuh dari penjualan mobil sepanjang 2018, sebanyak 582.446 unit. Dengan hasil itu, maka grup Astra memiliki market share sebesar 51 persen. Sedangkan produk dari merek non-Astra tercatat sebanyak 568.967 unit.

Toyota dan Daihatsu menjadi tulang punggung dengan penjualan total masing-masing 353.471 unit dan 202.738 unit. Isuzu menyumbang 26.098 unit penjualan mobil, sedangkan Pegueot 139 unit. Dari merek non-Astra, Mitsubishi menjadi salah satu pesaing dengan penjualan 194.331 unit, diikuti Honda sebanyak 162.170 unit serta Suzuki 118.014 unit mobil.

Ketua I Gaikindo, Jongkie Sugiarto, memproyeksikan penjualan mobil di Indonesia bertahan di angka 1,1 juta unit pada 2019. "Kami melihat pertumbuhan ekonomi nasional 5,2 persen, jadi mirip dengan saat ini. Sekarang kami tidak mau bicara yang muluk-muluk karena targetnya juga 1,1 juta unit, atau stagnan," kata Jongkie.

Baca: Mesin Daihatsu Xenia dan Avanza Sama Diklaim Tak Berebut Pasar

Tak hanya mobil, Data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) mencatat penjualan sepeda motor pada 2018 sebanyak 6,38 juta unit. Jumlah penjualan itu naik 8,4 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2017.
Honda masih menjadi penguasa pasar. Yamaha yang meraih penjualan sebanyak 1,45 juta unit memantapkan posisi sebagai posisi kedua pangsa pasar sepeda motor nasional. Yamaha meraih 22,8 persen pangsa pasar pada 2018.

"Selain itu, pabrikan juga terus aktif mengeluarkan produk-produk baru yang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan gaya hidup masyarakat masa kini," kata Public Relation Department PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing Indonesia Antonius Widiantoro kepada Bisnis, Selasa 15 Januari 2019.

Tempo.com]

Coba ditanyakeun ke pakar ekonomi sansan, ramli, didu, danil, gamal, atau pakar disini ada yg bisa jawab?

emoticon-Traveller
Diubah oleh sandiuntot 23-01-2019 05:29
7
4.7K
62
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
670KThread40.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.