Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wbshockAvatar border
TS
wbshock
Anies Instruksikan Drainase Vertikal Buat Cegah Banjir, Caranya?
TEMPO.CO, Jakarta -Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pihaknya berencana menganjurkan setiap rumah di Jakarta membangun drainase vertikal.


Program itu, kata Anies, akan melibatkan Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman serta Dinas Perindustrian dan Energi.
Sudah disiapkan (drainase vertikal) dan nanti kami akan lakukan secara masif," ujar Anies di Ciracas, Jakarta Timur, Selasa, 22 Januari 2019.

Anies mengatakan saat ini kontraktor proyek drainase vertikal untuk perumahan sedang dalam proses lelang oleh Dinas PE. Ia mengatakan setelah proses lelang rampung, proyek tersebut akan segera dilaksanakan.

Drainase vertikal atau sumur resapan menjadi program andalan Anies dalam mencegah banjir dan penurunan tanah di Jakarta. Ia mengklaim telah mengujicoba 1.333 sumur resapan di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas PE Ricki Marjohan, ribuan vertikal drainase yang ada di Pondok Labu terdiri dari sumur dangkal dan sumur sedang. Sumur-sumur tersebut, kata dia, memiliki fungsi untuk menghilangkan genangan dan konservasi air

Lebih lanjut, Anies mengatakan dari hasil uji coba tersebut, metode sumur resapan sukses menyerap air tanah dan mencegah genangan di kawasan tersebut. Padahal, kata Anies, kawasan tersebut memiliki kontur tanah yang keras dan sulit menyerap air.

Anies berharap jika metode tersebut diterapkan di kawasan perumahan, permasalahan banjir dan penurunan tanah dapat terselesaikan.

"Dengan drainase vertikal di areal rumah, maka kita bisa mengatakan bahwa saya bukan termasuk yang menyumbang air banjir di Jakarta," ujar Anies.

https://metro.tempo.co/read/1167798/anies-instruksikan-drainase-vertikal-buat-cegah-banjir-caranya/full?view=ok


Ini sebenernya anjuran ato lagi bikin proyek??
0
3.6K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan PolitikKASKUS Official
671KThread40.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.