alexa-tracking
Entertainment
Batal
KATEGORI
link has been copied
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5c42dbe1018e0d6c2a72cef0/5-negara-yang-bubar-dalam-3-dekade-terakhir
Lapor Hansip
19-01-2019 15:12
5 Negara yang Bubar dalam 3 Dekade Terakhir
Past Hot Thread
Menjaga persatuan dan kesatuan merupakan salah satu hal yang mutlak dipertahankan bagi suatu negara. Apalagi bagi negara yang majemuk seperti indonesia. Pasalnya semakin majemuk suatu negara, semakin besar perbedaan yang dapat memancing perselisihan.

Seandainya tidak ada upaya keras untuk memupuk persatuan dan kesatuan, bukan tidak mungkin negara ini bakal mengalami gejolak. Paling parah bisa bubar seperti yang terjadi pada negara-negara berikut ini. Negara-negara tersebut merupakan negara-negara yang telah bubar dalam 3 dekade tarakhir ini.

Uni Soviet

5 Negara yang Bubar dalam 3 Dekade Terakhir

Sumber : Mapsland.com


Dari semua negara yang bubar dalam 3 dekade terakhir, tidak ada yang lebih heboh dari kasus bubarnya Uni Soviet. Pasalnya saat masih berdiri Uni Soviet merupakan salah satu negara adikuasa yang menjadi pesaing terkuat Amerika Serikat.

Ada beberapa hal yang menyebabkan runtuhnya negara adidaya Uni Soviet. Diantaranya adalah karena merosotnya perekonomian dan melemahkan kekuatan komunisme di negara tersebut. Hal tersebut memicu terjadinya pemberontakan dan berujung pada kudeta.

Di tengah berlangsungnya kudeta, Estonia menyatakan kemerdekaannya, disusul Ukraina dan republik lainnya. Tiga bulan pascakudeta, pemimpin dari tiga republik utama Slavia (Rusia, Ukraina dan Belarus) sepakat untuk bertemu dan kemudian membentuk Persemakmuran Negara-negara Merdeka atau CIS. Pada tanggal 26 Desember 1991, Uni Soviet resmi bubar dan Gorbachev yang merupakan presiden saat itu resmi mundur dari kursi presiden.

Republik Federal Sosialis Yugoslavia

5 Negara yang Bubar dalam 3 Dekade Terakhir

Sumber : Themaparchive.com


Kondisi Yugoslavia mulai mengalami goyah setelahnya wafatnya Presiden Josip Broz Tito. Dalam kondisi Yugoslavia yang tidak menentu, muncul sosok Slobodan Milosevic yang berusaha menggantikan posisi Josip Broz Tito. Namun kepemimpinannya tidak sebagus Tito.

Dengan kondisi negara yang semakin memburuk, satu per satu wilayah Yugoslavia mendeklarasikan kemerdekaan. Diawali dengan upaya proklamasi kemerdekaan sepihak yang dilakukan Kroasia dan Slovenia. Kemudian disusul oleh Bosnia Herzegovina dan Makedonia.

Republik Federal Yugoslavia

5 Negara yang Bubar dalam 3 Dekade Terakhir

Sumber : Nationmaster.com



Pasca merdekanya Kroasia, Slovenia, Bosnia Herzegovina dan Makedonia, Negara Yugoslavia masih tetap berdiri dengan nama Republik Federal Yugoslavia. Republik Federal Yugoslavia terdiri dari gabungan antara Negara Serbia dan Montenegro.

Namun Republik Federal Yugoslavia juga akhirnya mengalami perpecahan. Dari referendum yang dilakukan rakyat Montenegro, mayoritas suara menginginkan montenegro pisah dari Serbia. Hasil dari referendum itu disetujui dan Republik Federal Yugoslavia resmi bubar.

Cekoslowakia

5 Negara yang Bubar dalam 3 Dekade Terakhir

Sumber : Idsejarah.net


Cekoslowakia merupakan salah satu negara yang berada di Eropa Tengah. Negara ini mengalami perpecahan secara damai pada 1 Januari 1993. Cekoslowakia pecah menjadi dua negara, yaitu Republik Ceko dan Republik Slowakia.

Jerman Timur

5 Negara yang Bubar dalam 3 Dekade Terakhir

Sumber : Bbc.com


Berbeda dengan negara-negara sebelumnya yang bubar dan kemudian terpecah menjadi beberapa negara, Jerman Timur justru sebaliknya. Negara ini bubar pada tahun 1990 kemudian terintegrasi kembali dengan Jerman Barat. Jadi negara Jerman yang kita kenal sekarang merupakan integrasi antara Jerman Timur dengan Jerman Barat.

Mudah-mudahan negara kita tetap utuh dan tidak pernah bubar seperti negara-negara diatas. Seburuk apapun kondisi Indonesia, jangan sampai muncul keinginan agar negara ini harus bubar.


Referensi :
https://www.tagar.id/ini-10-negara-y...ah-anda-dengar
https://tirto.id/reformasi-ala-gorba...ni-soviet-dczk
http://www.hariansejarah.id/2017/02/...man-timur.html
https://tirto.id/cekoslowakianbsp198...m-komunis-cucW
https://www.dw.com/id/runtuhnya-yugo...unia/a-5789803
14
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Tampilkan isi Thread
Halaman 7 dari 8
22-01-2019 10:34
wowo bilang kata 2030 indo bubar lo...
ga siap2 apa nabung sapa tau butuh passport ?
0
22-01-2019 10:42
Nais inpoh gan emoticon-2 Jempol
Mudah2n negara Indonesia tercinta ini tetap menjadi NKRI yang utuh
0
22-01-2019 10:59
buar aja biar fokus terhadap pulau 1 dengan pulau lain nya, karena pembangunan di indonesia ini terlalu fokus di barat aja, di timur? terbengkalai emoticon-Big Grin
0
22-01-2019 11:10
bubar kek mau maghrib lagi main bola
0
22-01-2019 11:42
bnyak jg ye
nice sharenya
0
Lapor Hansip
22-01-2019 11:42
Balasan post Vandisk
ANJIRRR emoticon-Ngakak
0
22-01-2019 11:54
Menariknya dulu Jerman Barat dan Jerman Timur pernah bertemu dalam 1 grup piala dunia , waktu itu Jerman Timur menang 1-0..
emoticon-Hammer
0
22-01-2019 12:31
Quote:Original Posted By icecool87
wowo bilang kata 2030 indo bubar lo...
ga siap2 apa nabung sapa tau butuh passport ?

Kalau 2030 bubar, ente sudah mempersiapkan diri jadi warga negara mana gan? emoticon-Big Grin
0
22-01-2019 12:46
Di buku katanya 2030.... piye toh....
0
22-01-2019 12:55
Quote:Original Posted By alvi7272
Di buku katanya 2030.... piye toh....

Buku yang aneh. Biasanya buku itu berisi peristiwa2 yang sudah terjadi emoticon-Big Grin
0
22-01-2019 13:20
Negara Cebong dan Negara Kampret
emoticon-Ngakak
0
22-01-2019 16:42
Quote:Original Posted By anjayysseh
Indonesia kapan menyusul? oh iya tahun 2030 ya emoticon-Ngakak

...kalo 2030 beneran bubar....

...ntar RT.06 RW.02 bikin negara sendiri....emak gw jd presidennya...
emoticon-Ngakak emoticon-Leh Uga
0
22-01-2019 17:11


Quote:Original Posted By Vandisk
indonesia menyusul, 2030











katanya lho..emoticon-Malu


Jangan sampe deh emoticon-Bingung
0
22-01-2019 17:58
Serem kalo liat negara bubar gini..
Semoga Indonesia tetap kokoh dan kuat bahkan makin besar.. (bukan dengan menjajah, tapi krn negara lain rela menggabungkan diri ke Indonesia) .. Entah kapan..
0
22-01-2019 19:02
#21,445
Quote:Original Posted By LionelRoffy
indonesia juga udah terpecah bre. Timor-Timor kan udah lepas


Beda gan. Timor Timur bukan wilayah RI sejak awal. Penggabungannya pada 1976 pun lebih karena faktor politik dan ideologi.
Diubah oleh gilbertagung
0
Lapor Hansip
22-01-2019 19:08
Balasan post gilbertagung
emoticon-2 Jempol
0
23-01-2019 06:26
Sumatra mending misah aja..selama di pimpin org jawa gak ada kemajuan..yg maju cm daerah jawa,culture ny gk berubah ttp seoarang budak..
0
23-01-2019 07:32
Indonesia juga bisa bubar & manusianya bisa punah kalau salah satu capres kalah (katanya). emoticon-Big Grin
0
23-01-2019 09:22
Quote:Original Posted By aris1927
Sumatra mending misah aja..selama di pimpin org jawa gak ada kemajuan..yg maju cm daerah jawa,culture ny gk berubah ttp seoarang budak..

Masa sih gan?
0
26-03-2019 11:44
Quote:Original Posted By tr1dagg3r
Serem kalo liat negara bubar gini..
Semoga Indonesia tetap kokoh dan kuat bahkan makin besar.. (bukan dengan menjajah, tapi krn negara lain rela menggabungkan diri ke Indonesia) .. Entah kapan..

Suatu negara kalau bubar bakal terjatuh dan tak bisa bangkit lagi.
0
Halaman 7 dari 8
icon-hot-thread
Hot Threads
icon-jualbeli
Jual Beli
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia.
All rights reserved.